Integration of Affective Evaluation in Arabic Language Learning: Theoretical and Conceptual Analysis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, B. (2022). Strategi Belajar Afektif Bahasa Arab. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 12–23.
Afiqah, S., Rafikasha, T. N., Lukita, S. D., Hayati, N., & Setiawati, M. (2025). Inovasi Kurikulum dalam Mewujudkan Kurikulum yang Responsif Terhadap Kebutuhan Sosial di Era Digital. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 10502–10510.
Agustina, W., Netiara, D. R., Luthfia, P., Pratiwi, R., & Mardicko, A. (2024). Tantangan yang Dihadapi Guru dalam PKR: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(11).
Ainissyifa, H., Nasrullah, Y. M., Fatonah, N., Indriani, S. A., Asyifiya, S. N., Julistya, & Rohmah, A. (2024). MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH. Cahaya Smart Nusantara.
Akasahtia, L. T. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab:(Menggelitik Pakem) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, & Menyenangkan. CV. Dotplus Publisher.
Asrofi, A., Hamilaturroyya, H., & Purwoko, P. (2025). ASESMEN PEMBELAJARAN PROFETIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI HOLISTIK UNTUK PENGUATAN NILAI SPIRITUAL DAN KARAKTER PESERTA DIDIK. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 5(2), 9–21.
Busnawir, B., Judijanto, L., Abdullah, G., Abdurahman, A., Lumbu, A., Zamsir, Z., Tumober, R. T., Septikasari, D., Sogalrey, F. A. M., Mahliatussikah, H., & Subhaktiyasa, P. G. (2025). Evaluasi Pembelajaran :: Prinsip, Teknik, & Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Candira, D., Adekamisti, R., Harmi, H., Ifnaldi, I., & Ristianti, D. H. (2025). Evaluasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(6), 5725–5733.
Fernanda, S. A., Fernica, V. O., & Pratama, M. B. (2025). Penerapan Evaluasi Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 334–340.
Hamzah, & Uno. (2001). Pengembangan Instrumen untuk Penelitian. Delima Press.
Hayati, R., Wijayati, I. W., Nugroho, F. A., Fazriansyah, M. F., Nurdini, Wardoyo, T. H., Evenddy, S. S., Fratiwi, N. J., Edi, S., Hadikusumo, R. A., Nurlely, L., Mahardiyanti, T., Ariantara, R. G., Tandirerung, V. A., Darmo, S. Y., Suminar, I., Pitrianti, S., Lisnasari, S. F., & Talindong, A. (2023). Asesmen Pembelajaran: Teori dan Praktik. PT. Sada Kurnia Pustaka.
Hidayat, M. S., Fitra, D., Susetyo, A. M., Amarulloh, R. R., & Ardiansyah, R. (2023). PENGANTAR EVALUASI PENDIDIKAN. CV. Haura Utama.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada.
Ilahude, N. M., Wantu, A., & Lukum, R. (2023). Faktor Penghambat Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Popayato Kabupaten Pohuwato. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2294–2303.
Khumaimah, R. R. (2024). THE APPLICATION OF AFFECTIVE TAXONOMY IN CHARACTER DEVELOPMENT OF STUDENTS. Jurnal of Islamic Elementary Education, 2(2), 44–59.
Lazwardi, D., Kawijaya, J., & Cromico, J. (2025). Transformasi Digital Dalam Manajemen Pendidikan: Meningkatkan Efisiensi Dan Aksesibilitas. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–12.
Maulani, G., Septiani, S., Susilowaty, N., Rusmayani, N. G. A. L., Sukamdi, Evenddy, S. S., Lasri, Nababan, H. S., Setiadi, K., Rahayu, I., Simanungkalit, L. N., Edi, S., Sari, N., Atin, S., Thoif, M., Raju, M. J., Saptadi, N. T. S., Rosalinda, Syafriansyah, M., & Nurlely, L. (2024). Evaluasi Pembelajaran. PT. Sada Kurnia Pustaka.
Meyliasari, A. R. (2024). Penyusunan Instrumen Penilaian Afektif di Sekolah. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 430–441.
Nurjadid, E. F., Ruslan, R., & Nasaruddin, N. (2025). Analisis Implementasi Ideologi Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 1054–1065.
Nurmela, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2025). TANTANGAN PEMBELAJARAN PAI DI PERGURUAN TINGGI UMUM. ABDUSSALAM: JURNAL PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM, 1(1), 33–41.
Putra, R. P. (2024). OBJEK EVALUASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANALISIS TAKSONOMI BLOOM (KOGNITIF, AFEKTIF, PSIKOMOTORIK).". Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18–26.
Rafi, A., Umasih, U., & Abrar, A. (2023). Hubungan motivasi terhadap hasil belajar sejarah siswa di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 554–550.
Ridwan, M. (2023). Membuka Wawasan Keislaman: Kebermaknaan Bahasa Arab Dalam Pemahaman Islam. Jazirah: Jurnal Peradaban Dan Kebudayaan, 4(2), 97–110.
Riyanti, D., Purwantiningsih, A., & Manik, T. S. (2023). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran PPKn Tingkat SMA: Persepsi Dan Implementasi Guru. Jurnal Civic Hukum, 8(2).
Saadi, A. (2025). Pengumpulan Data Yang Efisien pada Penelitian Tindakan Kelas: Teknik, Alat, dan Tantangan. Al-Amin: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 90–108.
Sidhik, N., Hidayah, N., & Ladika, N. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Keteladanan sebagai Upaya Meningkatkan Kepribadian Islami Siswa di MIS GUPPI Pagutan. EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 669–674.
Siyami, F., Wally, O., M, F. A., & S, S. (2024). TEORI DAN PRINSIP EVALUASI PEMBELAJARAN. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(10), 7302–7306.
Solihatin, E., & Mirza, I. (2024). The Influence of Tarbawi Tafsir in the Formation of Noble Morals in Middle Schools. Kasyafa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 104–117.
Soumokil, P., Erningsih, E., Wasil, M., Kamil, A. B., Jumrawati, J., Marzuki, M., Gunawang, G., Ika, Y. E., Wongkar, V. Y., Bere, H. R., & Islam, R. W. H. (2025). Pengantar Ilmu Pendidikan. CV. Gita Lentera.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Wahyuni, D., Antoro, B., & Amalia, M. M. (2025). Teknik Pengembangan Tes Berpikir Kreatif Dalam Pendidikan Menengah. Deepublish.
Yuniati, E. S., & Fathoni, A. (2025). Implementasi Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Pancasila Untuk Memotivasi Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 449–460DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.5170
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Index by:
Publish by:
Program Studi Pendidikan Bahasa ArabSekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an AmuntaiContact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Email: jurnal.almiyar@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.