PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR (FLASH CARD) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB

Muh. Haris Zubaidillah, Hasan Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh media kartu bergambar (flash card) terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan tes. Sampel terdiri atas dua unit kelas yaitu kelas eksperimen yang merupakan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan media kartu bergambar (flash card), dan kelas kontrol yaitu kelompok siswa yang tidak diberikan perlakuan menggunakan media kartu bergambar (flash card), kelas kelas eksperimen yaitu IV D dan kelas kontrol yaitu kelas IV B. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, tes, dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis uji-t satu pihak (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang berpengaruhnya media kartu bergambar (flash card) terhadap penguasaan kosakata Bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil uji-t menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,344, yang artinya pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar (flash card) kurang berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab. Walaupun demikian, nilai rata-rata hasil tes penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (77,14 > 72,50) menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Al-Mubarakfury, Syaikh Shafiyurrahman. Al-Misbâh Al-Munir fi Tâhdzib Tâfsir Ibnu Kâtsir. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2012.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Asfiati. Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Hasan, Hasan, Media Musik dan Lagu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Banjarmasin: Dreamedia, 2016.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

Kementerian Agama R.I.. Alqurân dan Terjemahannya. Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2014.

Mudzakir. Studi Ilmu-ilmu Qûrân Terjemahan Mâbâhis fi Ulumil Qurân oleh Mânnâ’ khâlil al-Qattân.. Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2013.

Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana, 2016.

Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press, 2017.

Sesep dan Munawar Mahmud. Metode Cepat Menghafal 1000 ++ Vocabulary & 16 Tenses. Jakarta: PT TransMedia, 2012.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

Wekke, Islam Suardi. Model Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Deepublish, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Mi'yar



Indeksasi

 

      Moraref  ONESEARCH PERPUSNAS

          

  

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact Us : Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 0852-4815-2304
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.