Implementasi Q.S. Al-Maidah Ayat 35 dalam Praktik Tawasul di Pondok Pesantren Ar-Raudhah

Mahda Mahda, Bashori Bashori

Abstract


Tawasul dalam praktiknya kadang tak selaras dengan aturan syari’at agama Islam, sehingga membuat para pelaku tawasul terjatuh ke dalam kesyirikan. Terlepas dari itu, pada dasarnya tawasul merupakan suatu perkara yang diperintahkan oleh Allah swt., kepada setiap hambanya sebagaimana terdapat dalam Q.S. al-Maidah ayat 35. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman para mu’allim di Pondok Pesantren Ar-Raudhah terhadap Q.S. al-Maidah ayat 35 dan bagaimana implementasi dari pemahaman tersebut dalam praktik tawasul di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh yaitu Q.S. al-Maidah ayat 35 menurut para mu’allim di Pondok Pesantren Ar-Raudhah berisi tentang perintah Allah swt., untuk mendekatkan diri kepada-Nya yang disebut dengan tawasul. Sedangkan implementasi dari pemahaman tersebut dalam praktik tawasul di Pondok Pesantren Ar-Raudhah adalah dengan cara membaca syair tawasul sammaniyah yang dilaksanakan setiap satu pekan sekali. Sehingga implementasi tersebut merupakan bentuk tawasul kepada orang shaleh yakni Syeikh Samman. Berdasarkan hal ini, penting kiranya bagi kita untuk mengetahui pengetahuan dasar sebelum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Q.S. al-Maidah: 35, Pemahaman Tawasul, Implementasi Tawasul

Full Text:

PDF

References


Abbas, Sirajuddin. I’itiqad Ahlussunnah Wal Jamaah. Kelantan: Pustaka Aman Press Sdn. Bhd., 1978.

Abu Lauz, Abu Anas Ali bin Husain. Kupas Tuntas Tentang Tawasul, Terj. M. Ash Rasyid dan Fathul Arifin. Jakarta: Darus Sunnah Press, 2006.

Ahmad, Ukasyah Habibu. Duhai Nabi, Jadikan Aku Kekasihmu!. Yogyakarta: Laksana, 2020.

Al-Bukhari, Abi Abdullah Muhammad bin Ismail. Jami’ al-Shahih al-Bukhari. Kairo: al-Matba’ah al-Salafiyyah, 1976).

Al-Hasani, Sayyid Muhamad bin Alwi al-Maliki. Mafahim Yajibu An Tushahhah. Kairo: Dar Jawami’ al-Kalim, T.Th.

Al-Hasani, Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki. Pemahaman yang Harus Diluruskan, Terj. Abdussalam ‘Ammar dan Moh. Hasib Dawam. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 2014.

Al-Marbawi, Muhammad Idris. Qamus Idris al-Marbawi. Bandung: Syirkah al-Ma’arif, T.Th.

Al-Naisaburi, Imam Muslim bin Hajjaj. Shahih Muslim, Terj. Adib Bisri Mustafa, dkk, Tarjamah Shahih Muslim, Jilid 3. Kuala Lumpur: Victory Agencie, 1994.

Al-Nawawi, Abi Zakaria Muhyiddin Yahya. Riyadh Al-Salihin. Surabaya, Indonesia: Dar al-Ilmi, T.Th.

Al-Syeikh, Abdurrahman bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. Tafsir Ibnu Katsir, Jilid 3, Terj. M. Abdul Ghoffar. Bogor: Pustaka Imam al-Syafi’i, 2003.

Al-Thabari, Ibnu Jarir. Tafsir al-Thabarî, Jilid 8. Jakarta: Pustaka Azzam, 2007.

Al-Utsmain, Syeikh Muhammad Nashiruddin al-Albani dan Syeikh Muhammad bin Shalih. Shahih Tawasul Perantara Terkabulnya Do’a, Terj. Fauzan Abadi dan R. Fidayanto. Jakarta: Akbar Media, 2010.

Ansory, Insan Pro Kontra Tawassulan. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2019.

Bakri, Fitri Aulia. “Living Qur’an: Tradisi Ratib Samman dalam Tarekat Naqsabandiyah di Yayasan Syekh Abdul Wahab Rokan Pekanbaru dalam Perspektif Al-Qur’an.” Skripsi, Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2020.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Kementrian Agama RI. Al-Kaffah: Al-Qur’an dan Terjemah. Bekasi: PT Sukses Mandiri, 2012.

Mohamad, Ahmad Sonhadji. Tafsir Al-Qur’an di Radio. Kuala Lumpur: Pustaka al-Mizan, 1992.

Mursalin. “Doa dalam Perspektif Al-Qur’an,” Jurnal al-Ulum, Vol. 11, No. 1, Juni 2011.

Muslih, Muhammad Hanif. Kesahihan Dalil Tawassul Menurut Petunjuk Al-Qur’an dan al-Haidts. Semarang: PT. Karya Toha Putra, 2011.

Mutholib, Abdul. “Tradisi Tawassul di Pesarean Mbah Reso Bumi dan Nyai Tunjung Sari di Desa Bategede dalam Perspektif Aqidah Islamiyah”, Skripsi, Kudus, IAIN Kudus, 2022.Qutb, Sayyid. Fi Zhilal Al-Qur’an, Terj. As’ad Yasin, Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an: di Bawah Naungan Al-Qur’an, Jilid 3. Jakarta: Gema Insani, 2002.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.

Semiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, T.Th.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 3. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah, 2017.

Zainu, Syeikh Muhammad bin Jamil. Kaifa Nafham al-Tawassul, Terj. Abu Abdirrahman Ahmad, Tawassul Syar’i. Karanganyar: al-Abror Media, 2019.

https://iqra.republika.co.id/berita/s011ou451/bolehkah-berwasilah-dengan-membaca-alquran-agar-hajat-terkabul#:~:text=para%20ulama%20ahlussunah%20wal%20jamaah,termasuk%20bertawasul%20dengan%20bacaan%20alquran. Diakses pada tanggal 7 Desember 2023 jam 23.50 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v3i1.3686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com