Optimalisasi Pendidikan Qur'an Hadits: Membangun Generasi Qur'ani yang Berkarakter

Nofhendri Nofhendri, Fadhlurrahman Fadhlurrahman

Abstract


Pendidikan Qur'an dan Hadits memiliki peran krusial dalam pembentukan karakter generasi Qur'ani, yang memahami dan menjadikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur'an dan Hadits tidak hanya menjadi sumber hukum tetapi juga panduan hidup yang komprehensif, mencakup prinsip-prinsip moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Kejujuran ditegaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 283, tanggung jawab dalam Surah Al-Mulk ayat 2, dan kepedulian sosial dalam Surah Al-Ma'un ayat 1-3. Metode pendidikan efektif, seperti pendekatan kontekstual, penggunaan teknologi, evaluasi dan feedback, serta strategi pembelajaran aktif, sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru berperan sebagai teladan yang menciptakan lingkungan belajar mendukung, sementara keterlibatan keluarga sangat penting dalam mendukung pendidikan agama anak. Tantangan dalam pendidikan Qur'an Hadits termasuk keterbatasan sumber daya, fasilitas pendidikan yang tidak memadai, dan metode pengajaran yang kurang interaktif. Untuk mengoptimalkan pendidikan ini, perlu dilakukan peningkatan kualitas pengajaran, integrasi teknologi, keterlibatan orang tua dan masyarakat, serta peningkatan infrastruktur. Dengan mengatasi tantangan ini, pendidikan Qur'an Hadits diharapkan dapat berjalan lebih efektif, menghasilkan generasi yang cerdas secara agama dan memiliki karakter yang kuat dan mulia.


Keywords


Pendidikan Qur'an Hadits, Pembentukan Karakter, Metode Pendidikan, Peran Guru dan Keluarga, Tantangan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Rofiq Faudy. “Metode Contextual Teaching and Learning Untuk Pengembangan Pembelajaran PAI.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015).

Fadholi, Amak, Nasrodin Nasrodin, and Nila Auliya. “Peran Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah.” MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022).

Ferdinan, Ferdinan. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah Datarang Kabupaten Gowa.” Journal on Education 6, no. 1 (2023).

Firdaus, Ahmad, and Siti Utami Dewi Ningrum. “Penguatan Kepribadian Siswa Smp Berbasis Agama Sebagai Antisipasi Degradasi Moral Di Era Digital.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru 15, no. 1 (2023).

Habibi, M Dani, and Ahmad Ardiyansyah. “Pendampingan Softwer Hadis (Hadis Soft) Dalam Meningkatkan Pembelajaran Santri Di Pondok Pesantren Darul Hidayah.” PEDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2023).

Husain, Andi Musthafa, Djamaluddin Perawironegoro, Syaifulloh Yusuf, and Muhammad Lathief Syaifussalam. “Peta Perkembangan Metode Pengajaran Al-Qur’an Dan Hadist Untuk Anak Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 10, no. 1 (n.d.).

Izzati, Aufi Nadra, Alya Fadhluna ZamZam, and M Inggit Prabowo. “Peran Guru Dalam Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 7, no. 4 (2023).

Lestari, Inda, and Husnel Anwar Matondang. “Harmoni Tauhid Dalam Wadah Islamic Parenting Pada Kasus Kabupaten Karo Sumatera Utara.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 7, no. 2 (2024).

Mardiana, Endang. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Dan Etika Dalam Masyarakat.,” n.d.

Muliawati, Muliawati. “Etika Dakwah Pada Masyarakat Global.” Bina’Al-Ummah 14, no. 1 (2019).

Nur, Taufiq, Makmur Jaya Nur, P Sudirman, Zhilla Salsanabila, and Mustamir Mustamir. “Problematika Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Dahzain Nur: Jurnal Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan 14, no. 1 (2024).

Rahmat, M Pd I. Inovasi Pembelajaran PAI Reorientasi Teori Aplikatif Implementatif. Vol. 1. CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Romlah, Sitti, and Rusdi Rusdi. “Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika.” Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam 8, no. 1 (2023).

Rosi, Fathor. “Urgensi Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2021).

Sarwila, Erlin, Nor Susilawati, Rosalinda Rosalinda, and Chanifudin Chanifudin. “Membangun Kepribadian Unggul Melalui Pendekatan Islam.” Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah 4, no. 3 (2024).

Sholicha, Nikmatus, and Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi. “Eksplorasi Problematika Dan Solusi Pendidikan Islam Di Era Milenial Dalam Tinjauan Ontologi.” Madinah: Jurnal Studi Islam 11, no. 1 (2024).

Syah, Ibrahim. “Madrasah: Pembaharuan Metode Dan Sistem Pendidikan Islam Modern.” SYATTAR 3, no. 2 (2023).

Syahroni, Muhammad Irfan, and Muhammad Toriqularif. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam.” EJurnal Al Musthafa 1, no. 2 (2021).

Syarif, Ridwan Hadi Wijiaya U I N Sultan. “Strategi Pendekatan Sainstifik Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) As Sidiqiyah Kecamatan Siak,” n.d.

Umam, Chotibul. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi Dan Metode Pembelajaran PAI Di Sekolah Umum. CV. Dotplus Publisher, 2020.

Zenaida, Yovi Carina, Dedi Ardiansyah, and Wahyu Widodo. “Membentuk Generasi Pemimpin Masa Depan: Eksplorasi Pendidikan Dan Pengasuhan Anak Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8, no. 2 (2023).

Zulfikar, Mahmud Yusuf, and Syarifah Azzahro. “Penerapan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini Di Rumah Tahfidz Desa Beji.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v3i2.3952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur'an dan Hadits


index by:

    

 

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com