Pengembangan Bahan Ajar Maharah Kalam di Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Kabupaten Mandailing Natal

Syaipuddin Ritonga, Zulpina Zulpina, Isra Hayati Darman

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar maharah kalam pada siswa kelas 1 Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darut Tarbiyah kabupaten Mandailing Natal. Tulisan ini akan mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan bahan ajar maharah kalam, dan sejauh mana efektifitas bahan ajar maharah kalam dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode R & D, yaitu metode penelitian untuk menghasilkan sebuah produk tertentu dan mengujikannya, sedangkan model rancangannya menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain, Develop, Implement, Evaluate) yang dipelopori oleh Reiser dan Molenda. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Materi yang dikembangkan terdiri dari lima tema yaitu sakan, dirasah, nazhafah, riyadhah, dan ansyithah yaumiah. Setiap tema memiliki tiga percakapan (hiwar), setiap hiwar memiliki satu tadribat (minimal). Bahan ajar yang dikembangkan disusun berdasarkan tsaqafah mahalliyah (budaya setempat), dalam hal ini tsaqafah yang digunakan adalah tsaqafah (budaya) pesantren. Berdasarkan hasil angket dari para pakar (ahli), peneliti mendapatkan nilai 85,5 %, ini menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan sangat baik. Sedangkan hasil angket yang disebarkan kepada siswa, diperoleh nilai rata-rata sebesar92,5 %. ini juga menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan mendapat respond an pengaruh yang sangat baik bagi siswa.


Keywords


Pengembangan, Bahan Ajar, Maharah Kalam, Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. “Instrumen Perangkat Pembelajaran.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Al-Ghali, Nasser Abdullah. اسس اعداد الكتب التعليمية لغير الناطقين بالعربية. إفريقيا: الخرطوم : جامعة إفريقيا العالمية - معهد اللغة العربية, 2006.

Basid, Abdul. “تدريس مهارة الكلام في ضوء نظرية الذكاءات المتعددة.” Jurnal Al-Ta’rib 5, no. 2 (2017): 87–115.

Hasyim, Muhamad. “تطوير مادة مهارة الكلام على أساس الثقافة المحلية الإسلامية.” ISLAMIKA 1, no. 1 (2019): 78–96.

Indonesia, Menteri Agama Republik. “Peraturan Menteri Agama Tentang Kurikulum 2013.” Jakarta: MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA, 2013.

Maryati, Ati. “Ta’līm Mahārat Al-Kalām Fī Ma’had Al-Basyariyyah Bandung.” Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2017): 109–24.

Nasional, Kementerian Pendidikan. “Universitas Negeri Malang.” Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Ke Lima, 2010.

Pribadi, Benny A. Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana, 2016.

Sadiyah, Halimatus, and Muhammad Ivan Alfian. “WhatsApp Small Groups Sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam Di Masa Daring.” ARABIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 13, no. 1 (2021): 1–22.

Setiadi, Fadhlan Masykura. “تعليم مهارة الكلام لغير الناطقين بالعربية (نظريا وتطبيقيا).” إحياء العربية 1, no. 2 (2015): 123–37.

Sudjana, Nana. “Media Pengajaran,” 2009.

Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

Ulfa Lubis, Maria. “تطوير مادة تعليم مهارة الكلام على المنهج النحوي بمعهد دار الفلاح الإسلامي باتو جاوى الشرقية.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.