Pengembangan Media Articulate Storyline Untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI SD

Alam Gymnastiar, Nadia Nur A’fiani, Nabil Bagir Ramadhan, Ani Nur Aeni

Abstract


Permasalahan yang ada di sekolah menjadi pendorong penelitian kami. Masalah ditemukan melalui observasi dan analisis materi pembelajaran dalam bidang pendidikan. Selama proses pembelajaran didukung oleh sarana dan prasarana pendukung yang memadai, salah satu faktor terpenting dalam menjamin keberhasilan adalah pemanfaatan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti membuat Articuate Storyline, sebuah platform media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membentuk akhlak terpuji siswa kelas VI SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design and Development (D&D) dengan tiga unsur yang utama yaitu desain, pengembangan dan evaluasi. Model pengembangan produk yang kami gunakan dalam penelitian ini mencakup perencanaan, produksi, dan evaluasi (PPE). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara kepada guru dan siswa di Sekolah Dasar. Respon yang diberikan guru memiliki nilai rata-rata 87,5, dengan presentase 87,5%  yang masuk ke dalam kriteria sangat baik. Respon yang diberikan siswa memiliki nilai rata-rata 90, dengan presentase 90%  yang masuk ke dalam kriteria sangat baik.


Keywords


Media Interaktif, Articulate Storyline, Akhlak Terpuji, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Maulana, R. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa Sd. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(2), 102-108.

Ibrahim, N., & Wargahadibrata, R. H. (2016). Pemetaan Fungsi Platforn E-Portofolio Untuk Perkuliahan Di Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendikan Fakultas Llmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Jtp-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 202-214.

Purwanto. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas Viii Smpn 3 Ungaran”. Skripsi. Semarang : Univesitas Negeri Semarang.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.

Lukman, O. (2014). Peran Pamong Satuan Karya Pramuka Wanabakti Dalam Membina Kemandirian Anggota Melalui Penerapan Sistem Among (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ganang, Y. P. (2018). Peran Siaran Kuliah Subuh Radio Republik Indonesia Bandar Lampung Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman Di Perum Bukit Kemiling Permai (Bkp) Blok W Kelurahan Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Indonesia, B. P., & Denpasar, I. (1960). Laporan Tahunan. Library Of Congress Office.

Rohdiani, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1).

Muntu, S. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Di Smk (Doctoral Dissertation, Pascasarjana).

Nuritno, R., & Raharjo, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa. Itej (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 1-10.

Cahyaningrum, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai) Pada Siswa Kelas Vii Di Smp Islam Al Azhar Tulungagung (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.