Peran Pendidikan Agama Islam Untuk Mengembangkan Sikap Multikultural Siswa (Studi Di Mts Al-Muddakir Banjarmasin)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui kiprah Pendidikan Agama Islam pada pengembangan perilaku multikultural anak didik pada Mts Al-Muddakir Banjarmasin. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan deskriptif korelasional dengan dua variabel; yaitu mata pelajaran pendidikan agama Islam dan perilaku multikultural anak didik menggunakan korelasi product-moment Pearson. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh anak didik Mts Al-Muddakir Banjarmasin, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive secara acak sampling sebesar 20% dari populasi. Hasil berdasarkan penelitian ini merupakan pendidikan Islam mempunyai hubungan positif yang signifikan menggunakan pengembangan perilaku multikultural anak didik pada Mts Al-Muddakir Banjarmasin. Hal ini dibuktikan menggunakan tingginya nilai output analisis data yang diperoleh, r observasi (0,659) lebih besar berdasarkan r tabel dalam tingkat 0,05 (0,254) & 0,01 (0,330). Selain itu, output analisis data penelitian ini jua memperlihatkan bahwa pendidikan Islam mempunyai donasi yg tinggi terhadap pengembangan perilaku multikultural anak didik pada MTs Al-Muddakir Banjarmasin. Hal ini dibuktikan menggunakan tingginya nilai output analisis data yang diperoleh, donasi pendidikan kepercayaan Islam terhadap pengembangan perilaku multikultural anak didik pada MTs Al-Muddakir Banjarmasin dalam taraf ke 2 merupakan 43,4%. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini merupakan bila pendidikan Islam diterapkan secara optimal maka perilaku multikultural anak didik akan tercipta pada sekolah menggunakan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anshori, M., & Iswanti, S. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.pdf (p. Books 1-184). p. Books 1-184. Retrieved from ISBN 979-3216-90-5
Apipudin. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Multikulturalisme. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 213–220. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/8156/pdf
Damayanti, A. (2018). Pendidikan Agama Islam. Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan, 2(1705045066), 66–88.
gunawan I. (2019). Kuantitatif Imam Gunawan. 29.
Kodariyah, S. (2019). Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur. 161 hlm. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1436/1/Siti Kodariyah.pdf
Lonthor, A. (2020). Peran Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Kesadaran Hukum Masyarakat Plural. Tahkim, XVI(2), 197–212.
Luth, T., Makmur, S., Hana, M., Hamid, H., Fathoni, K., Rofi’i, A. H., … Hasby, S. (2010). Pendidikan Agama Islam. (March), 238.
Mahardhika, J. D. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6905%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/6905/1/SKRIPSI JODY DWI MAHARDHIKA.pdf
Mahsun, M. (2019). Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 66–83. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1103
Miftakhu, A. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme. Risalah, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550530
muhammad ihwan harahap. (2018). Peran Guru Pai Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/3352/1/MhD. IHWAN HARAP.pdf
Nugroho, M. A. (2016). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural; Sebuah Upaya Membangun Pemahaman Keberagamaan Inklusif pada Umat Muslim. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 31–60. https://doi.org/10.18326/mdr.v8i1.31-60
Rosyada, D. (2014). Pendidikan Multikultural Di Indonesia Sebuah Pandangan Konsepsional. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15408/sd.v1i1.1200
samsul munir. (2017). Politik pendidikan islam berbasis multikultural konsep dan strategi pembelajaran agama islam dalam mewujudkan islam rahmatan li al-’alamin. DIROSAT Journal of Islamic Studies, 2(2), 151–182. https://doi.org/10.28944/dirosat.v2i2.105
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif.
Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785
Suyatno, S. (2013). MULTIKULTURALISME DALAM SISTEM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Addin, 7(1), 81–104.
Ubaidillah, U., & Khumidat, K. (2018). Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SMA Negeri 3 Lumajang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 128. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334
Wiyanto, S. H. (2019). Peran Pendidikan Agama Dan Pendidikan Multikultural Terhadap Terwujudnya Kerukunan Antar Umat Beragama (Studi Kasus: Di SMAK Penabur Cirebon Tahun Ajaran 2018-2019). OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 03(Pendidikan Multicultural), 17p. https://doi.org/Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Multikultura
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1073
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.