Pengembangan Video Animasi Zepeto Sebagai Media Dakwah Meneladani Sifat “Shiddiq” Rasulullah Saw Untuk Anak SD

Suci Wigalina, Kunti Muyasaroh, Urfi Aurora, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan karakter haruslah ditanamkan sejak dini kepada generasi bangsa agar nilai-nilai tersebut dapat menuntun mereka menjadi warga negara yang baik dan berahklak mulia. Salah satunya yaitu dengan meneladani sifat Shiddiq Rasulullah SAW agar peserta didik senantiasa bisa bersikap terus terang dan menghindari dusta. Demikian kiranya peranan penting penerapan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik di sekolah dasar. Pelaksanaan pendidikan Agama Islam di SD dilaksanakan dengan berbagai cara dan metode. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman, banyak sekali bermuculan teknologi-teknologi pendukung kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperti pemanfaatan video animasi yang bukan hanya sebagai bentuk penyajian materi tetapi bisa juga diisi dengan tausyiah dan ceramah ringan bagi peserta didik SD untuk menguatkan materi pembelajaran yang didapatkan di kelas. Hal ini dikarenakan video animasi lebih memungkinkan untuk bisa dirancang sedemikan rupa seperti menggunakan warna-warna cerah ceria dan animasi yang lucu sehingga menarik perhatian dan minat peserta didik untuk mendengarkan isi dan pesan dari video animasi tersebut.


Keywords


Pendidikan Karakter, Shiddiq, Pendidikan Agama Islam, Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Aeni, AN (2010). Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar , 14

Adminbabel. (2018, Februari 27). Materi dan Tujuan Dakwah. Dipetik April 22, 2022, dari https://babel.kemenag.go.id/id/opini/575/MATERI-DAN-TUJUAN-DAKWAH

Dwinastiti, M. (2013, April 16). Materi Dakwah. Dipetik April 22, 2022, dari https://www.slideshare.net/alunalienz/materi-dakwah

Ellis, E.T. & Levy, Y. (2010). “A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods”. Dalam Proceedings og Informing Science & IT Education Conference (InSITE). Florida: Nova Southeastern University.

Eti Nurhayati, L. F. (2019). Sosiodrama Berbasis Karakter. Cirebon: CV. Confident.

Kristina. (2021, Juni 09). Pengartian Dakwah Menurut Bahasa dan Istilah. Dipetik April 22, 2022, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5599206/pengertian-dakwah-menurut-bahasa-dan-istilah

Krisnan. (2021, Mei 6). 7 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli. Dipetik Maret 20, 2022, dari https://meenta.net/pengertian-metode-penelitian-kualitatif/

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539-546.

Musyirifin, Z. (2020). Implementasi Sifat-Sifat Rasulullah Dalam Konseling Behavioral. AL-IRSYAD, 151-159.

Umar Diharja, H. (2021). The Implementation of Character Education at the Elementary School Level. Jurnal Basicedu, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i5.1111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.