PENERAPAN METODE MEMBACA ALQURAN PADA TPA DI KECAMATAN AMUNTAI UTARA (Studi pada metode Iqra dan metode Tilawati)

Muhamad Hamdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode membaca Alquran pada TPA dikecamatan Amuntai Utara dengan permasalahan yang akan diangkat yaitu bagaimana Struktur pembelajaran ( Kurikulum), pendekatan yang dilakukan, langkah-langkah pembelajaran serta seperti apa karakteristik para Ustadz dan Ustdzah pengajar dan seberapa besar efektifitas metode  yang diterapkan. Pendekatan  penelitian ini menggunakan pendekatan mixed Method yakni  metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data), dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahapan proses penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumenter. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif  untuk menjawab bagaimana penerepan metode membaca Alquran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara, sedangkan untuk mengukur Seberapa besar efektifitas metode membaca Alquran pada TPA di kecamatan Amuntai Utara digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan software SPSS untuk melihat rata-rata metode yang diterapkan pada TPA dikecamatan Amuntai Utara.Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode membaca Alquran pada TPA di Kecamatan Amuntai Utara sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca Alquran santri. Hal ini dapat  dilihat dari ;Kurikulum yang  telah diterapkan. pada masing-masing TPA telah memiliki kurikulum yang diterapkan sesuai dengan metode, Pendekatan pembelajaran Alquran di TPA yang menerapkan metode Iqra lebih berorientasi kepada pendekatan individual. Sedangkan TPA yang menerapkan metode tilawati mengkombinasi antara keduanya pendekatan individual dan klasikal, Langkah pembelajaran dari masing-masing metode memiliki langkah pembelajaran yang berbeda,

Efektivitas metode Iqra dibanding dengan metode Tilawati berdasarkan hasil perhitungan statistiknya tidak ada perbedaan yang signifikan,karena  diketahui bahwa nilai T hitung 0,656 sedangkan nilai T tabel 0,449 sehingga dapat diketahui bahwa T hitung = 0,656 > T tabel 0,449 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima yaitu tidak adanya perbedaan yang signifikan antara efektifitas metode Iqra dan metode Tilawati dengan kemampuan membaca Al-Qur’an.

 


Keywords


Metode, Tilawati, Iqra’

Full Text:

PDF

References


Arifin, Hayatun Fardah Rudi. Belajar Al-Qur’an Strategis Siapkan Generasi Qur’ani,http://www.depag.go.id.diakses 11 september 2015

As-Suyuthi, Jam’ul Jawami’ aw al-Jami’ul Kabir, CD: al-Maktabah al-Syâmilah, t.th

Depag RI, Metode-metode Membaca Alquran di Sekolah Umum, Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1997.

Ismail, Imam Abu Abdillahi Muhammad Ibnu. ShahihBukhori, Beirut, Lebanon: Darul Kutub Al Ilmiyah1992.

Mudzakir As. Studi Ilmu-ilmu Qur’an, Jakarta: Penerbit Litera AntarNusa. 2007.

Santoso, Singgih, Menguasai SPSS 21 di era Informasi. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo. 2013.

Syaifullah Mahyudi, Permata Alquran, Jakarta: CV. Rajawali, 1985, Cet. 1.

Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press. 2004

Yamin, Martinis. Profesionalisasi dan Implementasi KBK. Jakarta: Gaung Persada Press. 2006.

Yariah, Pendidikan Al Qur’an di Lingkungan Majelis Ta’lim Desa Kambitin Raya Tanjung Tabalong. Skripsi.Banjarmasin: Perpustakaan STAI Al Jami, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.