PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN TABALONG: SEKOLAH ISLAM SEBAGAI GERAKAN SOSIAL

Rabi'ah Rabi'ah

Abstract


Kabupaten Tabalong merupakan daerah berkembang di Provinsi Kalimantan Selatan yang perkembangannya dinilai sangat pesat dibandingkan dengan kabupaten lain. Jumlah penduduk terbanyak kedua (ke-2) setelah HST. Hal ini menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai ruang potensial untuk berbagai bidang, di antaranya perdagangan, industri, bahkan pendidikan. Lebih khusus pendidikan Islam karena Islam merupakan agama mayoritas penduduk Kabupaten Tabalong. Pertumbuhan lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong cukup pesat. Beriringan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang memberikan peluang kepada berbagai gerakan sosial keagamaan untuk memprentasikan keberadaannya. Gerakan sosial keagamaan menentukan corak ideologis pendidikan Islam di suatu wilayah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah Islam sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong meliputi keberadaannya, segmentasi konsumennya, dan organisasi/yayasan pendirinya. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam artikel ini adalah teori gerakan sosial (Social Movement). Keberadaan sekolah Islam tidak terlepas dari gerakan-gerakan sosial keagamaan di Kabupaten Tabalong yang mendapatkan peluang dari pelaksanaan otonomi daerah dan pemerintah daerah yang moderat serta perekonomian daerah yang berkembang.

Keywords


Pendidikan Islam, Sekolah Islam, Gerakan Sosial

Full Text:

PDF

References


Jamhari. “New Trend of Islamic Education in Indonesia.” Studia Islamika 16, no. 2 (August 31, 2009). https://doi.org/10.15408/sdi.v16i2.482.

Azra, Azyumardi. “Reforms in Islamic Education: A Global Perspective Seen from the Indonesian Case.” Dalam Paul Anderson, et. All (Ed), Reforms in Islamic Education,(University of Cambridge, 2011), 2014.

Bruinessen, Martin Van. Contemporary Developments in Indonesian Islam: Explaining the Conservative Turn. New ed. Institute of Southeast Asian Studies, 2013. http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=18628023122209cb46aef3327730148c.

Bryner, Karen. “Piety Projects: Islamic Schools for Indonesia’s Urban Middle Class,” 2013.

Halim, Ilim Abdul. “Gerakan Sosial Keagamaan Nahdlatul Ulama Pada Masa Kebangkitan Nasional.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 2, no. 1 (2017): 35–50. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v2i1.2215.

Hawi, Akmal. “TANTANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (August 30, 2017): 143. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1388.

Hefner, Robert W. Making Modern Muslims: The Politics of Islamic Education in Southeast Asia, 2008. http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=B5FE48F2C034307C3D61ABB3E7DAAA9F.

Muhaimin. Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah / Madrasah). Prenada Media, 2015.

Machmudi, Yon. “The Emergence of New Santri in Indonesia.” Journal of Indonesian Islam 2, no. 1 (2008): 69–102.

Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, 1986.

Syawaludin, Mohammad. Sosiologi Perlawanan Studi Perlawanan Repertoar Petani 1di Rengas Ogan Ilir Sumatera Selatan. Deepublish, 2017.

Tan, Charlene. Islamic Education and Indoctrination: The Case in Indonesia. Routledge, 2012.

TARROW, SIDNEY G. Power in Movement Social Movements and Contentious Politics Revised and Updated Third Edition. Cambridge Studies in Comparative Politics. Cambridge University Press, 2011. http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=077904571daf7855baf991e97ad973e0.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.