Sistem Manajemen Sekolah dalam Mengembangkan Kemampuan Akademis Siswa Untuk Melanjutkan Perguruan Tinggi di SMAN 4 Rejang Lebong

Fera Yuliana, Murni Yanto, Hartini Hartini, Sumarto Sumarto

Abstract


Sekolah sebagai lembaga pendidikan meningkatkan kemampuan akademis siswa diperlukan sistem yang mampu memenuhi tujuan tersebut, salah satu sistem tersebut adalah manajemen sekolah. Program manajemen sekolah di SMAN 4 Rejang Lebong berbentuk program-program alternatif  baik. Target program manajemen sekolah meningkatkan  mutu dan kebaikan pelanggan dengan melibatkan semua komponen dan potensi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang  kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, siswa kelas XII (dua belas), guru dan operator erapor. Berdasarkan temuan sistem manajemen sekolah dalam mengembangkan kemampuan akademis siswa di SMAN 4 Rejang Lebong bahwa pengelolaan  manajemen sekolah cukup terencana, terorganisasi sehingga sekolah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis siswa. Mengembangkan  kemampuan akademis dalam  melanjutkan perguruan tinggi  pelaksanaannya menyiapkan peserta didik dalam langkah pembelajaran, penilaian menggunakan metode relavan dengan materi yang disampaikan. Dampak dari sistem manajemen  sekolah untuk melanjutkan Perguruan Tinggi berdampak baik secara internal meningkatkan kualitas dalam pembelajaran sehingga memotivasi siswa untuk melanjutkan Perguruan Tinggi, dan secara eksternal sebagai tantangan sekolah meningkatkan kualitas lulusan.


Keywords


Sistem Manajemen Sekolah, Kemampuan Akademis,Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Bulhayat.dkk. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Hartini. “Cultural Learning of Rejang Ethnic.” JOMSIGN 2 (2018): 24. https://ejournal.upi.edu/index.php/JOMSIGN/article/view/10832.

Hartini Hartini, Hendra Harmi, Fadila Fadila, Edi Wahyudi, Jumira Warlizasusi. “Expressing The Level of Curosity of Students Studying in College.” IiCET 8 (2020): 114.

Hidayat, Revita. “Manajemen Kurikulum Di SMA Muhammadiyah Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.” IAIN Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, 2020.

Ismi Aprilyulianti, Syaiful Anwar. “Evaluasi Program Penerimaan Siswa Baru Menggunakan Metode Online Di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan.” Manajer Pendidikan 15 (2021): 33.

Kholifah, Aulia Nurul. “Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidikan Studi Kasus Di SMAN 2 Ponorogo.” IAIN Ponorogo, 2019.

Maulana, Ahid. “Sistem Manajemen Sekolah, Solusi Untuk Sekolah Dikala Pandemi.” Softwaraseni, 2021..

Murni Yanto, Irwan Faturrochman. “Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” IICET Konseling Dan Pendidikan 7, no. 2337–6740 (2019): 126.

Pohan, Sumarto. “Mewujudkan Sekolah Efektif Melalui Manajemen Mutu.” Jurnal Al Ashlah 2 (2018): 175.

Priyambada, Dodik. “ISO 9001 Dan Sistem Manajemen Sekolah.” Bunga Rampai Pendidikan (Pendidikan untuk semua), 2010.

Rafhael.dkk, Yafet. “Perancangan Sistem Manajemen Sekolah Berbasis Progressive Dan Web.” Strategi 2 (2020): 327.

Rukin. Metodelogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Sumedang: Jakad Media Publishing, 2021.

Satish Jain, Sashi Singh. Computer Science With Python Language Made Simple. New Delhi: BPB Publications, 2018.

Setiawan, Reksa. “Minat Siswa Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Dharma Putera Banjarmasin.” JIEB (Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2018, 190.

Shaleha, Ersty Maradtyas. “Perencanaan Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.” IAIN PONOROGO, n.d.

Warlizasusi, Jumira. “Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Rejang Lebong.” Tadbir Jurnal Studi Manajemen, no. 2580–5037 (2017): 135.

Winarni, Endang Widi. Teori Dan Praktik Penelitian Kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

Yanto, Murni. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kompetensi Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 10 Karang Anyar Rejang Lebong.” Ar Riayah 4, no. 2580–3611 (2020): 85.

———. “Manajemen Sekolah Dalam Pengelolaan Kegiatan Guru Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Estetik 3 (2020): 17.

Zakir, Supratman. “Strategi Pengembangan Kompetensi Siswa Dengan Manajemen Berbasis Sekolah.” Analis 9 (2012): 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.