Analisis Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah Karya Syekh Muhammad Bin Abu Bakar Dan Relevansinya Pada Konteks Pendidikan Islam Modern

Muhammad Fodhil, Nurul Widyawati

Abstract


Perilaku serta budi pekerti dari pelajar saat ini sangatlah memprihatinkan, contohnya mereka cenderung bertutur kata yang kurang baik, bertingkah laku kurang sopan, dan tidak patuh terhadap orang tua ataupun gurunya. Nilai pendidikan akhlak serta relevansi nilai pendidikan akhlak yang tersirat pada Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah dalam konteks pendidikan islam modern. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak serta relevansinya dalam pendidikan islam modern. Nilai pendidikan akhlak merupakan suatu usaha yang dilakukan manusia sebagai pedoman hidupnya agar mencapai tingkah laku yang baik serta kebiasaan. Kitab al-Mawa’idz al-‘Usfuriyah memiliki arti burung pipit. Isi kitabnya, hadis berjumlah empat puluh, disusun tanpa bab dan disertai syarah. Relevansi pendidikan akhlak pada pendidikan islam modern saat ini bahwa pendidikan akhlak saling keterkaitan satu dengan yang lain. Jenis penelitian yang digunakan penelitain kepustakaan dengan menggunakan obyek kitab klasik. Metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dari berbagai literature. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyah akhlak kepada Allah, diri sendiri, dan sesama makhluk. Relevansi nilai pendidikan akhlak yang tersirat dalam Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah dalam konteks pendidikan islam modern. Hubungan manusia dengan Tuhan pengajarannya iman, Islam dan ikhsan. Antar sesama manusia pengajarannya pengaturan hak dan kewajiban antar manusia, serta kebudayaan. Manusia dengan diri sendiri. Ketiga aspek tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Dengan demikian pendidikan akhlak dalam kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah relevan diterapkan pada pendidikan Islam modern.


Keywords


Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Mawa’idz ‘Usfuriyyah, Konteks Pendidikan Islam Modern

Full Text:

PDF

References


A’yun, K. (2018). Pendidikan Akhlak Menurut Said Nursi dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. 2018. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta.

Aliyyah. (n.d.). Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Kitab Bidayatul Hidayah Serta Relevansinya Dengan Program Pendidikan Karakter Indonesia. 2019. IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Al-Usfury, S. M. (2019). Hikmah Burung Kehidupan Terjemah Usfuriyyah. Kediri: Lirboyo Press.

Fatimah, D. A. (n.d.). Metodologi Kitab Al-Mawa'idz Al-'Usfuriyyah Karya Muhammad bin Abu Bakar (Kontribusi Kitab Hadis Disertai Syarah dalam Perkembangan Ilmu Hadis). 2020. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Fitriyani, E. (n.d.). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlak Li Albanin Karya ‘Umar bin Ahmad Baraja’ dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. 2020. IAIN Ponorogo, Ponorogo.

Manasikana, A. (n.d.). Pengajian Kitab Al-Mawa’idz Al-Usfuriyyah Dalam Penanaman Nilai Akhlak Pada Masyarakat Desa Cekok Sidomulyo. 2021. IAIN Ponorogo, Ponorogo.

Muhammad Syamsi Harimulyo, Benny Prasetiya, Devy Habibi Muhammad. (Januari 2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Risalatul Mu’awanah Dan Relevansinya. Jurnal Penelitian Ipteks, 6, 72-89.

Rimadhani, P. W. (n.d.). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Sullam Taufiq Karya Syaikh Abdullah bin Husain Ba’alawi. 2021. UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, Purwokerto.

Saiful Amri, T. I. (2020). Studi Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Syaikh Muhammad Khudhari Bek dalam Kitab Khulashah Nurul Yakin. Innovative Education Joernal, 2, 78-88.

Sari, S. I. (n.d.). Studi Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Barzanji Karya Syekh Ja’far Al-Barzanji. 2021. IAIN Ponorogo, Ponorogo.

Setiawan, A. (2016). Relevansi Pendidikan Akhlak di Masa Modern Perspektif Bediuzzaman Said Nursi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, 4, 107-128.

Trisnawati, A. (n.d.). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’Allim Karya Burhanuddin Az-Zarnuji dan Relevansinya Dengan Anak Usia Dini. 2020. IAIN Purwokerto, Purwokerto.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.