Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Taman Eden 100

Anju Pardamean Pasaribu, Tri Utari Ismayuni

Abstract


Salah satu sektor yang menjadi tumpuan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah akibat kunjungan wisatawan ke suatu objek wisata adalah sektor pariwisata yang sangat erat kaitannya dengan perkembangan objek wisata di suatu daerah. Selain amenitas, daya tarik, dan aksesibilitas yang mendukung daya tarik wisata tersebut, kualitas daya tarik wisata juga dapat ditentukan oleh keadaan objek wisata itu sendiri. Evaluasi tempat wisata yang ada saat ini oleh pengunjung dapat menjadi model untuk penciptaan tempat wisata baru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat wisatawan mengunjungi Eden Park 100 dipengaruhi oleh atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Menggunakan pendekatan kuantitatif, 30 pengunjung tempat wisata diberikan kuesioner sebagai bagian dari proyek penelitian. Dengan nilai Sig F Change sebesar 0,003 < 0,005 didapatkan hasil bahwa variabel atraksi, aksesibilitas, dan amenitas berpengaruh terhadap minat wisatawan untuk mengunjungi objek wisata Eden Park 100 dalam waktu yang bersamaan.

Keywords


Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Minat Kunjungan Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Abdulhaji, Sulfi, Yusuf, dan Ibnu Sina Hi. “Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar Dikota Ternate.” Jurnal Pendidikan Humano 2, no. 2 (2016).

Ahmad. “Pengaruh Daya Tarik Masjid dan Daya Tarik Bedug Terhadap Minat Berkunjung di Obyek Wisata Religi Masjid Agung Purworejo.” STIE Pariwisata API Yogyakarta, 2014.

Cahyani, Kris, dan Judith Aditya. “Potensi Obyek Wisata Goa Gong, Pantai Klayar, Pemandian Air Panas Tirta Husada di Kabupaten Pacitan.” Jurnal Pariwisata Indonesia 10, no. 1 (2014): 1907–2457.

Ningsih, S. S. “Pengaruh Amenitas, Atraksi wisata dan Aksesbilitas terhadap loyalitas pengunjung wisatawan kedestinasi wisata Tangkahan Kabupaten dengan kepuasan sebagai variabel Intervening.” Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains 2, no. 02 (2021).

Prasiasa, D. Wacana Kontemporer Pariwisata. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Rusvitasari, Evi, dan Agus Solikhin. “Strategi Pengembangan Wisata Alam Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Obyek Wisata Umbul Sidomukti Bandungan Semarang.” Jurnal Pariwisata Indonesia 10, no. 1 (2014): 1907–2457.

Sammeng, M. A. Cakrawala Pariwisata. Jakarta: Kementrian Negara Pariwisata Dan Kesenian, 2000.

Sihombing, D. “Analysis of Spatial Planning in the Tourism Destination of Taman Eden 100, Lumban Julu District, Toba Regency.” Tourism Economics, Hospitality, And Business Management Journal 1, no. 2 (2021): 194–207.

Soekadijo, R. Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Spillane, James. J. Ekonomi Parwisata: Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Suryatina. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Berkunjung Di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta.” STIE Pariwisata API Yogyakarta, 2010.

Suwantoro, Gamal. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi, 2000.

Tampubolon, A. F. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Domestik ke Kabupaten Toba, 2021.

Yoeti, Oka. A. Tours And Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.