Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum di Banjarmasin

Hasni Noor

Abstract


Mengetahui ekstremisme dan radikalisme merajalela di dunia pendidikan, mahasiswa PTU lebih cenderung melakukan perilaku radikal karena metode visualnya dan melihat persoalan agama secara hitam putih. Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengajarkan siswa pada mata pelajaran merupakan salah satu cara untuk melunakkan akidah generasi penerus siswa. Misi penelitian adalah untuk mengajarkan nilai fasilitasi dalam iman dan untuk mendefinisikan dan menganalisis upaya kursus PAI untuk menciptakan tindakan fasilitasi bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan informasi melalui monitoring, tanya jawab, dan voting. Temuan ini menunjukkan upaya PAI untuk menanamkan moderasi keimanan mahasiswanya melalui metodologi pengajaran Islam, akar kurikulum PAI dalam karakter yang seimbang, dan keteladanan serta gambaran perilaku fakultas PAI. Ada ruang dialog dan program BBQ. , pendampingan dan pembinaan di Bagian Kegiatan Kemahasiswaan, dan penilaian. Moderasi Tindakan Keyakinan adalah upaya untuk membantu siswa menyoroti keragaman keyakinan dan meningkatkan pemahaman di antara siswa PTU.

Keywords


moderasi beragama, pendidikan agama Islam, perguruan tinggi umum

Full Text:

PDF

References


Aidil, Muh. Implementasi Pembelajaran PAI untuk Mewujudkan Moderasi Beragama di UPT SMA Negeri 1 Palopo. Thesis. Palopo: IAIN Palopo, 2022.

Ainiyah, Nur. “Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 25–38.

Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity.” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55.

Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, dan Bambang Syamsul Arifin. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6, no. 1 (2021).

Chamidi, Agus Salim. “Nilai-nilai Moderat dalam Pembeljaran PAI pada Masa Pandemi Covid 19 di SMK Negeri 1 Kebumen.” Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 136–67.

Depok, D I Sman. “Program pascasarjana institut ptiq jakarta 2022 m/1443 h,” 2022.

Fahri, Mohamad, dan Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019).

Faozan, Ahmad. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Masyarakat Multikultur.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 16, no. 2 (2020): 219. https://doi.org/10.47466/hikmah.v16i2.170.

Faruq, Umar Al, dan Dwi Noviani. “Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal TAUJIH 14, no. 01 (2021): 59–77. https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.305.

Habibie, M Luqmanul Hakim, Muhammad Syakir Al Kautsar, Nor Rochmatul Wachidah, dan Anggoro Sugeng. “Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 1, no. 1 (2021): 121–41.

Murtadlo, Muhamad. Pendidikan Moderasi Beragama: Membangun Harmoni, Memajukan Negeri. e-Publishing: BRIN: Badan Riset dan Inovasi Nasional, 2021.

Mussafa, Rizal Ahyar. Konsep Nilai-nilai Moderasi dalam Al-Qur’an dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Islam (Analisis Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 143). Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2018.

Najib, Khotim Hanifudin, Ahmad Syauqi Hidayatullah, Prabowo Adi, Fakultas Keguruan, dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. “Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa Melalui Pembelajaran Agama Islam Berbasis Masalah” 6 (2022): 107–22. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5492.

Naj’ma, Dinar Bela Ayu, dan Syamsul Bakri. “Pendidikan Moderasi Beragama Dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan.” Academica 5, no. 2 (2021): 422–34.

Qowaid;Lisa’diyah;Ma’rifatini;, Yedi Purwanto;Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 17, no. 2 (2019): 110–24.

Rosyid, Abdul. “Moderasi Beragama Di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan : Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama.” Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 5, no. 2 (2022): 101–10.

Samsul AR. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama Samsul AR Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab (STIBA) Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan.” Al-Irfan, Volume 3, Nomor 1, Maret 2020 3 (2020): 37–51.

Suprapto, Suprapto. “Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 18, no. 3 (2020): 355–68. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750.

Suryadi, Rudi Ahmad. “‘Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam.’” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents Vol. 20, N, no. 11 (2022): 12–26.

Triputra, D R, dan B A Pranoto. “Persepsi mahasiswa terhadap implementasi pembelajaran PAI berbasis moderasi islam dalam menangkal sikap intoleran dan faham radikal.” Annizom 5, no. 3 (2020): 157–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.