Manajemen Supervisi Klinis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong

Jalilah Jalilah, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Muhammad Istan

Abstract


Sepervisi klinis ini dilakukan mengingat SMKIT Khoiru Ummah memiliki tenaga pengajar yang umumnya berlatar belakang bukan dari dunia pendidikan. Selain itu, ada beberapa tenaga pengajar yang baru menyelesaikan pendidikan atau fresh graduate sehingga memerlukan bantuan untuk mengatasi kesulitan dalam landasan pengajaran dengan cara membimbing guru tersebut memilih metode mengajar, dan mempersiapkan guru tersebut untuk mampu melaksanakan tugasnya dengan kreativitas yang tinggi dan otonom sebagai guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing, pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (controling)  pada manajemen supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan proses pembelajaran di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan atau status fenomena, Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah, guru serta siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan (planning) dengan menetukan strategi secara menyeluruh serta merumuskan sistem perencanaan yang menyeluruh untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh tugas dan tanggung jawab hingga tercapainya proses pembelajaran yang ideal; (2) Pengorganisasian (organizing) dengan menciptakan hubungan yang  baik dengan cara menjelaskan makna supervisi klinis sehingga  partisipasi guru    meningkat,mereview rencana pelajaran serta tujuan pelajaran.; (3) Pelaksanaan (actuating) yaitu kepala sekolah secara langsung mengawasi kegiatan pendidik dalam melakukan tugas utamanya, mengajar, menggunakan alat, metode dan teknik  mengajar, observasi secara cermat,; (4) Evaluasi (controling) yaitu Kepala sekolah memberikan penguatan terhadap  penampilan pendidik, memberikan dorongan moral bahwa pendidik mampu memperbaiki kekurangannya.


Keywords


Manajemen, Supervisi Klinis, Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aedi, Nur. Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta, 2014.

Damayanti, Wida. “Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Di SMK Negeri 1 Salatiga Menghadapi PKG 2016.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 26, no. 1 (2016): 80–86.

Didin dan Hendri Tanjung, Hafidudin dan Hendri Tanjung. Manajemen Syariah Dalam Praktik,. Jakarta, 2013.

Hakim, Abdul, dan N Hani Herlina. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 6, no. 1 (2018): 111–32.

Handanignrat,. Pengantar Suatu Ilmu Administrasi Dan Manajemen. Jakarta, 2020.

Hendyat, Soetopo. Manajemen Pendidikan. Malang, 2016.

Herlangga, Guru SMK IT Khoiru Ummah, October 2021.

Jahari, Jaja dan Amirulloh Syarbini. Manajemen Sekolah, Teori, Strategi Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Jalaluddin, Almahalli dan Jalaluddin Assuyuti. Tafsir Jalalain. Semarang, 2016.

John, Suprihanto. Manajemen. Yogyakarta, 2014.

Kamaruddin, Kamaruddin. “Peningkatan Mutu Guru Dalam Proses Pembelajaran Melalui Penerapan Supervisi Klinis Kepala Madrasah Di MIN 2 Kota Subulussalam.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Vokasi (JP2V) 1, no. 3 (2020): 367–79.

Kartika, Sisvi, Jumira Warlizasusi, dan Aan Rifanto. “Analisis Inovasi Managerial Kepalah Sekolah Dalam Menjaga Eksistensi Mis 01 Lebong Tambang.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 10, no. 2 (2020): 99–120.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Dan Tafsirnya Jilid X. Jakarta, 2018.

Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualiatatif,. Bandung, 2012.

Rajab Effendi, Kepala Sekolah SMKIT Khoiru Ummah, October 2021.

Shihab. Membumikan Al-Quran. Bandung, 2017.

Sukarna. Dasar –Dasar Manajemen. Bandung, 2011.

Terry, George R. “Report of The President,” 1961:53–56. Academy of Management Briarcliff Manor, NY 10510, 1961.

Triyatmini, Triyatmini. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Umum Di SMAN 1 Murung Kabupaten Murung Raya.” Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2021): 13–25.

Yuliana, Lia, Suharisimi Arikunto. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Cendikia, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i6.1892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.