Type Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an sebagai Program Unggulan di Kalimantan Selatan

Ahyar Rasyidi, Rahmad Hidayat, Noor Hilmah, Zainudin Sahbana, Mukhlis Mukhlis, Muhammad Yusuf, Harlina Harlina

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai type pondok pesantren tahfiz yang dalam pelaksanaan pendidikannya memiliki program unggulan yaitu program hafalan Al-Qur’an. Program tersebut memiliki nilai jual kepada masyarakat sekitarnya. Terbukti bahwa dengan adanya program unggulan hafalan tahfiz, banyak masyarakat yang memilih menyekolahkan anaknya ke pondok pesantren ini untuk menyeimbangkan antara program Pendidikan Islam namun tetap bisa menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis sebagaimana dikemukakan oleh Alfred Schutz,  dan Peter L Berger,  Tujuan dari pendekatan fenomenologi adalah untuk memahami keyakinan semua orang, termasuk interpretasi yang paling kontroversial dalam tradisi.  Fenomenologi tidak berusaha menganalisis atau menjelaskan suatu peristiwa,  akan tetapi konsep dasar fenomenologi adalah makna. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa di Kalimantan Selatan terdapat dua pondok pesantren yang memiliki program hafalan Al-Qur’an sebagai program unggulannya yaitu: 1) Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur′an Nurul Hidayah Tapin, 2) Pondok Pesantren Modern An-Najah Cindai Alus Puteri Kab Banjar. Kedua pondok pesantern tersebut telah mewarnai pondok pesantren tahfiz lainnya yang memang secara khusus memprogramkan pendidikan tahfiz dalam prosen pendidikannya. Pesantren tersebut masih tetap eksis walaupun telah banyak pondok yang memang fokus di bidang tersebut, namun tetap ada untuk melengkapi antusias masyarakat pada Pendidikan tahfiz Al-Qur’an.

Keywords


model, pondok pesantren tahfiz, program unggulan, pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ahdi Makmur. “Peranan Ulama Dalam Membina Masyarakat Banjar Di Kalimantan Selatan.” Miqot: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2012.

Anis, MZ. Arifin. “Banjarmasih Sebagai Bandar Perdagangan Pada Abad XVII. Vidya Karya.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan FKIP UNLAM XVIII, no. 2 (Oktober 2000).

Anwar, Muhamad Ali. “Revitalizing the Method of Repetition in the Recitation of the Qur’an.” Istawa : Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (November 11, 2019): 156–67. https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i2.1995.

Atabik, Ahmad. “The Living Qur’an: Potret Budaya Tahfiz Al-Qur’an Di Nusantara.” JURNAL PENELITIAN 8, no. 1 (February 2, 2014): 161–78. https://doi.org/10.21043/jupe.v8i1.1346.

Daulay, Haidar Putra, Hasan Asari, and Fatima Rahma Rangkuti. “Analisis Kurikulum Pesantren Tahfiz Alquran Nur Aisyah Dan Pesantren Modern Tahfizil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (June 5, 2021): 20–32. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4554.

Denzin, Norman K., and Ynonnas S. Lincoln. Handbook Of Qualitative Research, Terjemah Dariyanto Dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Djuddah, Moeh, Ahmad Shukri, and Badarussyamsi. “Tahfiz Al-Qur’an Program Management In Improving The Quality Of Memory Islamic Boarding School Students In Jambi Province.” European Journal of Humanities and Educational Advancements 2, no. 10 (October 5, 2021): 116–22.

Faqih, Ngabdul. “Integrasi Program Tahfidz dengan Sekolah Formal di Pondok Pesantren Anak.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 13, no. 2 (December 25, 2020): 92–102. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.1134.

Hafidh, Zaini, M. Tajudin Zuhri, and Wawan Kurniawan Sandi. “The Role Of Kiai Leadership And Character Education: A Pattern Of Santri Character Formation At Asy-Syifa Al-Qur’an Islamic Boarding School.” Journal of Leadership in Organizations 1, no. 2 (August 15, 2019). https://doi.org/10.22146/jlo.45618.

Hanan, Abdul. “Living Qur’an of Kempekan at Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon: Transmission and Transformation of the Qur’an Recitation.” JURNAL PENELITIAN, April 10, 2019, 15–24. https://doi.org/10.28918/jupe.v16i1.1818.

Hasyim, Husmiaty. “Transformasi Pendidikan Islam (Konteks Pendidikan Pondok Pesantren).” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 13, no. 1 (2015): 21.

Isa Anshori. Dinamika Pesantren Muhammadiyah Dan Nahdhatul Ulama Perspektif Sosial, Ideologi, Dan Ekonomi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, n.d.

Johnson, Burke. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. Thousand Oaks, Calif: Sage Publication, 2014.

Makmur, Ahdi. “Peranan Ulama Dalam Masyarakat Banjar Di Kalimantan Selatan, Indonesia.” Phd, Universiti Utara Malaysia, 2010. https://etd.uum.edu.my/2623/.

Mastori, Mastori. “Studi Islam Dengan Pendekatan Fenomenologis.” INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 2 (May 9, 2018): 72–85.

Muqoyyadi, Imam, Ari Anshori, and Sabar Narimo. “Implementasi Perpaduan Kurikulum Tahfidzul Qur’an Dan Kurikulum Formal Pada Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Ibnu Abbas Klaten Jawa Tengah Tahun 2018.” Profetika: Jurnal Studi Islam 20, no. 2 (January 17, 2020): 143–53. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i2.9951.

Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press, 1990.

Noer, Syaifudin. “Historisitas Tahfiz Al-Qur’an: Upaya Melacak Tradisi Tahfiz Di Nusantara.” JOIES: Journal of Islamic Education Studies 2, no. 1 (June 27, 2017): 1–13. https://doi.org/10.15642/joies.v2i1.28.

Noor, Yusliani. “Sejarah Perkembangan Islam Di Banjarmasin Dan Peran Kesultanan Banjar (Abad XV-XIX).” Al-Banjari : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman 11, no. 2 (August 14, 2012). https://doi.org/10.18592/al-banjari.v11i2.458.

Peter L. Berger and Thomas Luckhman. The Social Construction Of Reality. Vol. 6. England: Penguin Books, 1991.

Purbohadi, D., B. RN Rahmawati, and H. Setiyawan. “Development of Qur’an Memorization Learning Model Based on Mobile Learning” 1381 (November 2019): 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1381/1/012029.

Qomar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2002.

Rangkuti, Fatima Rahma, Siti Zubaidah, and Salminawati. “Dinamika Perkembangan Pesantren Modern Tafizhil Quran Yayasan Islamic Centre Sumatera Utara 1982-2017.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 2, no. 1 (2018). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/1715.

Ras, J. J. Hikajat Bandjar. A Study in Malay Historiography. Bandjermasin: The Hague, Martinus Nijhoff, 1968. https://hufodewexoqun.charlesrosier.com/hikajat-bandjar-book-11894kx.php.

Saleh, M. Idwar. Sedjarah Bandjarmasin. Bandung: Balai Pendidikan Guru, 1962.

Schutz, Alfred. On Phenomenology and Social Realitions. Chicago: University of Chicago Press, 1999.

Setiawan, Agus, and Ahyar Rasyidi. “Contribution of Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an in Responding to the Digital Era in South Borneo.” Borneo International Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (May 30, 2020): 155–75. https://doi.org/10.21093/bijis.v2i2.2260.

Steenbrink, Karel A. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: Penerbit LP3ES, 1994.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD. Bandung: Alfabeta, 2015.

Taufiq, Ahmad. “The Leadership of the Kiai in Facing the Globalization of Education in Islamic Boarding School.” JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan) 5, no. 2 (March 28, 2021): 61–72. https://doi.org/10.17977/um025v5i22021p61.

Taylor, J., and Steven Bogdan. Introduction to Qualitative Research Methods: The Search for Meaning. New York: John Wiley dan Son Inc, 1984.

Thahir, Mustain. “The Role and Function of Islamic Boarding School: An Indonesian Context.” TAWARIKH 5, no. 2 (2014). https://doi.org/10.2121/tawarikh.v5i2.574.

“The Phenomenological Approach In Islamic Studies: An Overview of a Western Attempt to Understand Islam.” The Muslim World 91, no. 3–4 (2001): 425–50. https://doi.org/10.1111/j.1478-1913.2001.tb03725.x.

Thoha, Chabib, Saifuddin Zuhri, and Syamsuddin Yahya. Materi PAI (Metodologi Pengajaran Agama). Semarang: IAIN Walisongo, 2004.

Thohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Trinova, Zulvia, and Salmi Wati. “The Contributions of Quranic Tahfidz to Mental Health.” Al-Ta Lim Journal 23, no. 3 (November 25, 2016): 260–70. https://doi.org/10.15548/jt.v23i3.243.

Ulumiyah, Miftakhul, Muhammad Anas Maarif, and M. Afif Zamroni. “Implementation of the Tallaqi, Tafahhum, Tikrar and Murajaah (3T+1M) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 6, no. 1 (October 14, 2021): 23–33. https://doi.org/10.35316/jpii.v6i1.342.

Ust. H. Zainal Hakim, Lc al-Hafidz. Wawancara Tentang Sejarah Cikal Bakal Pondok Pesantren Tahfidz di Kalimantan Selatan (2021).

Ware, Rudolph T. The Walking Qurʼan: Islamic Education, Embodied Knowledge, and History in West Africa. Islamic Civilization and Muslim Networks. Chapel Hill, North Carolina: The University of North Carolina Press, 2014.

Yunus, Mahmud. Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.