Konstruksi Teologis Remaja Islam Banjar perspektif Prophetic Intelligence Hamdani Bakran Adz-Dzakiey

Ali Akbar, Syaifuddin Sabda, Ani Cahyadi, Gt. Muhammad Irhamna Husin

Abstract


Kecerdasan profetik pada hakekatnya adalah konsep-konsep yang terkandung dalam Al-Qur'an dan as-Sunnah. Kecerdasan profetik juga dapat dikatakan sebagai penelitian baru dalam bidang psikologi Islam. Kajian ini dilakukan sebagai upaya untuk menjawab berbagai permasalahan umat, berdasarkan penelaahan yang mendalam terhadap Kitab Suci dan juga kajian, pemahaman dan penerimaan terhadap prototipe kehidupan para nabi dan rasul. Nabi Muhammad secara khusus melihat dirinya terselubung dalam kaca tasawuf, memperkuat teori-teori kecerdasan kenabian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi teologis remaja Islam Banjar kemudian dianalisis dengan perspektif Prophetic Intelligence yang dikenalkan oleh Hamdani Bakran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma fenomenologi, penelitian berlangsung secara alami (sesuai) dalam lingkungan alamiah dari fenomena yang diteliti, prosesnya bersifat siklus, peneliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Penelitian ini dilakukan di Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dari November hingga Desember 2022 dalam tiga tahap: Persiapan, pengumpulan data dan analisis data. Hasil dari penelitian ini telah ditemukan konstruksi teologis remaja Islam masyarakat Banjar dimulai dari memilih pasangan hidup, Ketika hamil sampai kelahiran dan juga pada Pendidikan anak. Beberapa aspek tersebut membentuk perilaku remaja Banjar yang dikenal luas menjadi sosok yang agamis.

Keywords


Konstruksi, Teologis, Prophetic Intelligence, Masyarakat Banjar

Full Text:

PDF

References


Abrutyn, Seth. “Teaching Sociological Theory for a New Century: Contending with the Time Crunch.” The American Sociologist Vol. 44, No. 2 (2013): 132–35.

Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Prophetic Intelligence; Kecerdasan Kenabian; Menumbuhkan Potensi Hakiki Insani Melalui Pengembangan Kesehatan Ruhani. Yogyakarta: Islamika, 2004.

———. Prophetic Intelligence, Kecerdasan Kenabian, Menumbuhkan Potensi Hakiki Insani Melalui Pengembangan Kesehatan Ruhani, Cet. Ke 5. Yogyakarta: Al-Manar, 2013.

———. Psikologi Kenabian (Prophetic Psychology), Menghidupkan Potensi Dan Kepribadian Kenabian Dalam Diri. Yogyakarta: Pustaka Al-Furqon, 2007.

Aydin, Cemil, dan Juliane Hammer. “Muslims and Media: Perceptions, Participation, and Change.” Contemporary Islam Vol. 4, No. 1 (2010): 1–9.

Bhat, Samee Ullah, dan Thannamandi. “On Understanding the Islamic Philosophy of Business Ethics.” The Communication Vol. 27, No. 1 (2019): 139.

Cook, Bradley J. “Islamic versus Western Conceptions of Education: Reflections on Egypt.” International Review of Education Vo. 43, No. 3 (1999): 339–58.

Djunaidi, Hamzah. “Konsep Pendidikan Dalam Alquran (Sebuah Kajian Tematik).” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Vol. 17, No. 1 (2014): 139–50.

Echols, Jhon M., dan Hasan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Cet. XII. Jakarta: Gramedia, 1983.

Effendi, Agus. Revolusi Kecerdasan Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ Dan Successful Intelligence Atas IQ. Bandung: Alpabeta, 2005.

Goleman, Daniel. Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional), Alih Bahasa: T. Hermaya, Cet. Ke 20. Jakarta: Gramedia, 2015.

Iqbal, Muhammad. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pemimpin Non Muslim Dalam Masyarakat Islam.” Doctoral dissertation, UIN Raden Intan, 2017.

Merrienboer, Van, Jereon Jg, dan John Sweller. “Cognitive Load Theory and Complex Learning: Recent Developments and Future Directions.” Educational Psychology Review Vol. 17, No. 2 (2005): 147–77.

Moore, Eliakim Hastings. “Classics in Mathematics Education: On the Foundations of Mathematics.” The Mathematics Teacher Vol. 60, No. 4 (1967): 360–74.

Mujib, Abdul, dan Jusuf Mudzakir. Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002.

Mujib, dan Mardiyah. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2 (2017): 187–96.

Paisal Jon. “Peran Ulama Dalam Masyarakat Aceh Dari Masa Kemasa.” At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Vol. 12, No. 1 (2021): 89–104.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Persero Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka, 2005.

Raja, Nazir. “Humanization of Education in Pakistan through Freire’s Concept of Literacy.” Asia Pacific Education Review Vol. 6, No. 1 (2005): 1–6.

Rinaldo, Rachel. “Muslim Women, Middle Class Habitus, and Modernity in Indonesia.” Contemporary Islam Vol. 2, Np. 1 (2008): 23–29.

Sappe, Sukman. “Differences in Knowledge Science in Islamic Education Philosophy Perspective.” International Journal of Asian Education (IJAE) Vil. 1, No. 1 (2020).

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan Pustaka, 1993.

Stoltz, Paul G. Adversity Quotient: Turning Obstacles Into Opportunities. New York: Wiley, 1997.

Sujarwoto, dan Gindo Tampubolon. “Decentralisation and Citizen Happiness: A Multilevel Analysis of Self-Rated Happiness in Indonesia.” Journal of Happiness Studies Vol 16. No 2 (2015): 455–75.

Wahidin, Ade. “Konsep Ulama Menurut Al-Qur’an (Studi Analitis Atas Surat Fathir Ayat 28).” Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Vol. 1, No. 1 (2017).

Ya’kub, Hamzah. Tingkat Ketenangan Dan Kebahagiaan Mukmin (Tashawwuf Dan Taqarrub). Jakarta: Pustaka Atisa, 1992.

Yang, Der-Ching, dan Andi Jonri Sianturi. “Sixth Grade Students’ Performance, Misconception, and Confidence on a Three-Tier Number Sense Test.” International Journal of Science and Mathematics Education Vol. 19, No. 2 (2022): 355–75.

Zaman, Mujadad. Islamic Education: Philosophy." Handbook of Islamic Education. New York: Routledge, 2015.

Zhang, Dongsong, dan F. Nunamaker Jay. “Powering E-Learning in the New Millennium: An Overview of e-Learning and Enabling Technology.” Information Systems Frontiers Vol. 5, No. 2 (2003): 207–18.

Zohar, Danah, dan IAN Marshall. Spiritual Interlligence The Ultimate Intelligence. Bloomsbury: Great Britain, 2000.

Zuhdi, Ahmad, dan Ivan Sunata. “Kolaborasi Dakwah Ulama Dan Umara Dalam Perspektif Islam.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Vol. 2, No. 1 (2020): 32–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i2.1971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.