Pengembangan Ide, Opportunitas dan Kreativitas dalam Peningkatan Market Share Perbankan Syariah di Indonesia (Analisa Pengembangan Innovasi PT Bank Syariah Indonesia Tbk)

Agus Prakarsa Yuristama, M. Muhardi, Neneng Nurhasanah

Abstract


Dengan mempertimbangkan daya saing perbankan syariah yang masih belum optimal, maka diperlukan rencana pengembangan kegiatan perbankan syariah di Indonesia. Pemerintah telah menyusun strategi pengembangan perbankan syariah, diantaranya dalam bentuk Masterplan Keuangan Syariah Indonesia. Salah satu rencana yang dituangkan dalam masterplan dimaksud adalah pembentukan Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah dan merger Bank Syariah yang merupakan perusahaan anak Bank Mandiri, BRI dan BNI ke dalam Bank Syariah Indonesia. Untuk meningkatkan market share perbankan syariah khususnya Bank Syariah Indonesia, diperlukan pengembangan ide, kesempatan dan kreativitas. Artikel ini akan mengulas penerapan Strategi Pengembangan Innovasi guna menciptakan ide, kesempatan dan kreativitas baru dengan memanfaatkan sumber peluang potensial sebagai pemikiran Kennard dan Drucker.

Keywords


Daya Saing, Ide, Kesempatan, Kreativitas, Perbankan Syariah

Full Text:

PDF

References


Bank Syariah Indonesia. “Laporan Keuangan Semester I/2022 (Sumber Data).” BSI.co.id (blog), 2021. http://www.bsi.co.id.

Data Indonesia. “Data Penduduk berdasarkan Agama yang dipeluk (sumber data).” dataindonesia.id (blog), 2021. https://dataindonesia.id/ragam/detail/sebanyak-869-penduduk-indonesia-beragama-islam.

Drucker, Peter. Innovation and Entrepreneurship, Practise and Principles. Diterjemahkan oleh Rusjdi Naib. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1985.

Fauzia, Ika Yunia. Islamic Entrepreneurship, Kewirausahaan Berbasis Pemberdayaan. Depok: Raja Grafindo Perkasa, 2022.

Kennard, Mike. Innovation and Entrepreneurship. New York: Routledge, 2021.

Otoritas Jasa Keuangan. “Statistik Perbankan Indonesia Desember 2021 dan Juni 2022 (Sumber Data).” OJK.go.id (blog), 2022. http://www.ojk.go.id.

Pramono, Nugroho Heri, dan Asri Nur Wahyuni. “Strategi Inovasi Dan Kolaborasi Bank Wakaf Mikro Syariah Dan Umkm Indonesia Di Era Digital.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 1 (2021). https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1749.

Sulistiyaningsih, Nur, dan Shul Thanul Azkar Shultan. “Potensi Bank Syariah Indonesia (BSI) Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional.” Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam 24, no. 1 (2021). https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.33-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.