Pengaruh Celebrity Influencer dan Non Celebrity Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc

Patricia Julia Monica Wondal, Arief Widodo

Abstract


Pemasaran di media sosial saat ini sudah menjadi suatu keharusan bagi perusahaan sehingga influencer mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk keberhasilan promosi suatu produk, sehingga penentuan jenis Influencer yang akan digunakan merupakan keputusan yang penting bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity influencer dan non celebrity influencer terhadap keputusan pembelian konsumen. Produk yang akan diteliti adalah skincare dengan merk Somethinc karena untuk produk-produk perawatan seperti ini biasanya influencer mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan melibatkan 100 orang responden yang pernah melihat review produk Somethinc oleh Aurel Hermansyah dan Jang Hansol. Pengumpulan data akan dilakukan dengan menyebarkan Google form secara online, pertanyaan-pertanyaan akan diukur dengan menggunakan skala likert dan kemudian akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity influencer dan non celebrity influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Skincare Somethinc. Non celebrity influencer lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Skincare Somethinc dibanding celebrity influencer

Keywords


celebrity influencer, non celebrity influencer, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anas, Ahmad Aulia, dan Tri Sudarwanto. “Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Di Eiger Store Royal Plaza Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8, no. 3 (2020). https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p953-958.

Hanindaputri. “Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand) Made Arini Hanindharputri dan I Komang Angga Maha Putra.” Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain. 1, no. 29 (2019): 335–43.

Hanindharputri, Made Arini, dan I. Komang Angga Maha Putra. “Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand.” Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain 1 (2019).

Hudori. “Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Endorser Iklan di Televisi dan Hubungannya dengan Keputusan Pembelian.” Skripsi, Institut Pertanian Bogor, 2010.

Kotler, dan Keller. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 2009.

Peter, dan Olson. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Shimp. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

Sugiharto, Shiya Azi, dan Maulana Rezi Ramadhana. “Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek.” Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi 8, no. 2 (2018). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i2.1333.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta, 2019.

Tanjung, Steffi, dan Herry Hudrasyah. “the Impact of Celebrity and Non-Celebrity Endorser Credibility in the Advertisement on Attitude Towards Advertisement, Attitude Towards Brand, and Purchase Intention.” International Conference on Ethics ofBusiness, Economics, and Social Science, 2016, 231–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i3.2162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.