Komunikasi Antarpribadi Suami dan Istri yang Mengalami Baby Blues Syndrome Pasca Melahirkan

Ade Amaliah, Rita Destiwati

Abstract


Kehamilan menjadi sebuah anugrah yang diberikan dari sang pencipta bagi sebuah pasangan suami dan istri. Kehamilan merupakan salah satu periode yang termasuk krisis dalam kehidupan menjadi seorang wanita. Kehadiran seorang anak dalam kehidupan pasang suami dan istri sangat membawa pengaruh besar pada kehidupan keluarga kecil pasangan tersebut maupun anggota keluarga lainnya. Perubahan ini secara perlahan akan membuat ibu menyesuaikan peran barunya. Permasalahan mental yang termasuk pada gangguan pada mental dimana yang sering kali menyerang ibu pasca melahirkan diantaranya yaitu postpartum blues (Baby Blues Syndrome), postpartum hypomania (Baby Pink), depresi postpartum, dan psikosis postpartum. Pada seorang ibu pasca melahirkan, yang paling sering dialami yaitu Baby Blues Syndrome. Di Indonesia sendiri untuk melihat banyaknya kejadian yang menimpah wanita pasca melahirkan depresi adalah 50% sampai 70% yang depresi pasca melahirkan dan pada umumnya terjadi sekitar 3 sampai dengan 14 hari. Untuk itu dibutuhkan upaya jika melihat permasalah dari Baby Blues Syndrome agar berjalan dengan cepat dan baik pemulihannya, dibutuhkan sebuah perhatian, pengertian, dan pendekatan yang bisa didapatkan langsung dari keluarga terdekat terutama seorang suami. penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi antarpribadi suami dan istri yang mengalami Baby Blues Syndrome pasca melahirkan. Dalam hal empati suami, ia tetap memberikan sepenuhnya rasa empati ke istrinya yang mengaku telah mengalami Baby Blues Syndrome pasca melahirkan, walaupun sebenarnya suami tidak mengetahui pasti akan nyata adanya situasi maupun suasana hati yang sedang dialami oleh istrinya tersebut. Dalam hal menjalin komunikasi antar suami dan istri pun mereka sudah memberikan sikap yang positif dan coba baling memahami, mengerti dan memberi nasehat untuk tetap berpikiran positif.

Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Suami dan Istri, Baby Blues Syndrome

Full Text:

PDF

References


Aflahiyah, Shiva, Didik Gunawan Tamtono, dan Hanung Prasetya. "Effectiveness of Prenatal Yoga on Sleep Quality and Reduction of Anxiety during Pregnancy: A Meta-Analysis." Journal of Maternal and Child Health 5.06 (2020): 629-40.

Annisa, Annisa, dkk. "Pengaruh Olahraga terhadap Fenomena Baby Blues Syndrome (Postpartum Blues) pada Ibu Nifas (Postpartum)." Prosiding Seminar Nasional Spencer. 2022.

Ariesya, Talitha Meta, dan Taufiq Wahab. "Perancangan Media Informasi Bagi Calon Ibu dan Ayah Tentang Pentingnya Baby Blues Syndrome." eProceedings of Art & Design 5.2 (2018).

Astuti, Ismi Puji, dan Suharyo Hadisaputro. "Effectiveness of Prenatal Yoga on Pregnancy Anxiety and Depression: A Systematic Review." Proceedings of the International Conference on Applied Science and Health. No. 4. 2019.

Azward, Hajratul, dkk. "Prenatal Yoga Exercise Improves Sleep Quality in the Third Trimester of Pregnant Women." Gaceta Sanitaria 35 (2021): S258-S262.

Darusman, Darusman, dan Munira Sari. "Hubungan Peran Petugas Kesehatan dan Dukungan Keluarga dengan Pengetahuan Ibu Hamil tentang Baby Blues di Banda Aceh." Jurnal Serambi Akademica 7.6 (2019): 808-816.

Devito, Joseph A. "Komunikasi antar Manusia Edisi Kelima." Jakarta: Karisma Publishing Group (2011).

Dewi, Ni Wayan Sri Prabawati Kusuma. "Penyembuhan Baby Blues Syndrome dan Post-Partum Depression Melalui Chandra Namaskara dan Brahmari Pranayama." Jurnal Yoga dan Kesehatan 1.1 (2018): 1-14.

Gutira, Tia, dan Lusi Nuryanti. "Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Keadilan Baby Blues Syndrome pada Ibu Post Secno Caesaria." Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi (2010).

Halima, Siti, Supriyadi Supriyadi, dan Ema Novita Deniati. "Dukungan Sosial Terhadap Kejadian Baby Blues di Wilayah Kerja Puskesmas Krejengan Kabupaten Probolinggo." Sport Science and Health 4.3 (2022): 219-228.

Hapsari, Saskia Dyah. "Pertanggungjawaban Hukum Bagi Ibu Pengidap Baby Blues Syndrome Sebagai Pelaku TindakPidana Penganiayaan terhadap Anak Kandungnya." Yustisia Tirtayasa: Jurnal Tugas Akhir 2.1 (2022): 1-12.

Hariati, Haryati Sahrir, Magfirah Febiyanti Febi, dan Masita Masita. "Penyuluhan Pencegahan Baby Blues Syndrome." JCS 3.2 (2021).

Hidayat, A. Aziz Alimul. "Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data." Jakarta: Salemba Medika (2011).

Laitupa, Sitti Asma Kurniyati, Endah Purwanti, dan Laili Nur Hidayati. "Pengalaman Baby blues Syndrome Pada Ibu Postpartum di Kabupaten Merauke." Journal of Pharmaceutical and Health Research 4.1 (2023): 117-121.

Lin, I-Hui, dkk. "Efficacy of Prenatal Yoga in the Treatment of Depression and Anxiety during Pregnancy: A Systematic Review and Meta-Analysis." International journal of environmental research and public health 19.9 (2022): 5368.

Maliszewska, Karolina, dkk. "Personality Type, Social Support and Other Correlates of Risk for Affective Disorders in Early Puerperium." Ginekologia polska 87.12 (2016): 814-819.

Maritalia, Dewi. "Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas." Yogyakarta: Gosyen Publishing (2017).

Maryati, Ida, dkk. "the Effect of Prenatal Yoga on Reducing Anxiety in Trimester Iii Pregnant Women: a Narrative Review." J Matern Care Reprod Heal 4.3 (2021): 223-40.

Nendhi Wahyunia Utami, Nendhi Wahyunia Utami, dan Dewi Zolekhah Dewi Zolekhah. "The Impact of Relaxation in Prenatal Yoga against the Anxiety Level in Pregnant Women." Jurnal Ners & Kebidanan Indonesia (Indonesian Journal of Nursing & Midwifery 9.2 (2021): 82-87.

Ningrum, Sintia Ayu, Uki Retno Budihastuti, dan Hanung Prasetya. "Efficacy of Yoga Exercise to Reduce Anxiety in Pregnancy: A Meta-Analysis using Randomized Controlled Trials." Journal of Maternal and Child Health 4.2 (2019): 118-125.

Octarianingsih, Fonda, dkk. "Distribusi Frekuensi Ibu Pascamelahirkan dengan Kejadian Baby Blues Syndrome di Praktik Mandiri Bidan Wilayah Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung Tahun 2019." Jurnal Medika Malahayati 4.3 (2021): 168-179.

Oktiriani, I. "Perilaku Baby Blues Syndrome pada Ibu Pasca Melahirkan di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati." Universitas Negeri Semarang (2017).

Paulin, Jen, dan Wirania Swasty. "Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Pengenalan Dan Cara Mengatasi Baby Blues Syndrome pada Ibu Muda." eProceedings of Art & Design 4.3 (2017).

Pont, Anna Veronica, dkk. "The Effect of Prenatal Yoga in Reducing Pregnancy Complaints." Indian Journal of Public Health Research & Development 10.8 (2019).

Pulungan, Fitriyani. "Hubungan Pengetahuan Ibu Postpartum Dengan Sindrom Baby Blues Pada hari 1-7 Postpartum di Klinik Romauli Kec. Medan Marelan Tahun 2015." Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist) 11.3 (2017): 121-125.

Riawati, Meida Siwi, Uki Retno Budihastuti, dan Hanung Prasetya. "The Effect of Prenatal Yoga on Birth Labor Duration and Pain: A Meta Analysis." Journal of Maternal and Child Health 6.3 (2021): 327-337.

Rohmawati, Wiwin, dan Anna Uswatun Qoyyimah. "Pendampingan Edukasi Baby Blues Syndrome pada Ibu Hamil." Cohesin 1.1 (2023).

Sugiarto, Sri, dan Riadi Suhendra. "Analisis Tuturan Disfemisme terhadap Wanita Yang Mengalami Baby Blues Syndrome Di Desa Boak Kabupaten Sumbawa." PELITA: Jurnal Pembelajaran, Linguistik, dan Sastra 1.1 (2021): 23-28.

Susanti, Lina Wahyu, dan Anik Sulistiyanti. "Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Baby Blues Syndrom pada Ibu Nifas." Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan 7.2 (2017).

Yulianti, Ika, Supriyadi Hari Respati, dan Aris Sudiyanto. "The Effect of Prenatal Yoga on Anxiety and Depression in Kudus, Central Java." Journal of Maternal and Child Health 3.2 (2018): 100-104.

Yuliarna, Yuliarna, dkk. "Hubungan Komplikasi Kehamilan dan Persalinan Dengan Baby Blues Syndrom Pada Ibu Pasca Persalinan di Klinik Elly Kec. Medan Helvetia Tahun 2022." Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan 2.1 (2023): 171-182.

Yuniwati, Cut, Fithriany Fithriany, dan Cutti Fahriany. "Usia Ibu Saat Persalinan dan Dukungan Sosial dengan Kejadian Baby Blues Syndrome pada Ibu Post Partum di rumah sakit ibu dan anak Kota Banda Aceh." Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist) 10.3 (2016): 305-308.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.