Penggunaan Media Berbasis PPT Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK N Pembina Semarang

Intan Shabrina, Neneng Tasu’ah

Abstract


Seiring perkembangan zaman yang terus terjadi dengan pesat mengakibatkan berbagai aspek kehidupan juga ikut berkembang salah satunya perkembangan teknologi dalam pelaksanaan pendidikan. Media pembelajaran salah satu yang paling banyak berkembang pada saat ini yaitu media berbasis komputer. Salah satu contoh media yang berkembang pembelajaran berbasis powerpoint atau PPT. Dalam bidang pendidikan media menjadi daya tarik serta berfungsi sebagai alat bantu serta sebagai alat penyalur pesan pendidikan. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media PPT interaktif untuk anak usia 4-5 tahun di TK N Pembina Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelompok A. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran saat penggunaan media PPT interaktif. Mampu menyajikan presentasi pembelajaran menjadi lebih menarik, menjadikan anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran, lebih semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar dan memahami materi yang diajarkan.


Keywords


media berbasis PPT, pembelajaran, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ardiansah, Feri, dan Diah Rina Miftakhi. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint bagi Tenaga Pendidik PAUD Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, vol. 6, no. 1, 2019, pp. 16–24, doi:10.33019/jpu.v6i1.1423.

Astiti, Ni Komang Atik, Maria Goreti Rini Kristiantari, dan Ketut Alit Saputra. "Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD." Journal of Education Action Research 5.3 (2021): 409-415.

Arifudin, Opan, dkk. Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 2021.

Aulia Insani, dkk. “Pemanfaataan Power Point dalam Membuat Presentasi Menarik Secara Daring pada Guru PAUD.” Kanigara, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 73–76, doi:10.36456/kanigara.v1i1.3160.

Dewi, Muharika. "Kebutuhan Pengembangan Modul Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terintegrasi Literasi Baru Era Revolusi Industri 4.0." Jurnal PTI (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia" YPTK" Padang 6.1 (2019): 80-86.

Doi, Jsmpi. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong) Suharti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Pendahuluan Anak Usia Dini. no. 1, 2018.

Effendi, Muhammad Junius, dan Kusnita Yusmiarti. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada PAUD Tk Bunaya." Jurnal Informatika 10.1 (2021): 30-38.

Fernandes, Hocelayne Paulino. "Estudo Fitoquímico E Atividade Biológica Em Sementes e cascas do caule de Hymenaea courbaril L. var courbaril (Caesalpinioideae)." (2014).

Hasiana, I., dkk. “Pelatihan Media Interaktif untuk Pembelajaran Pengembangan Motorik Anak Usia Dini.” Kanigara, vol. II, no. 1, 2022, pp. 186–94.

Hikmah, Sofia Nurul, dan Sugama Maskar. “Utilization of Microsoft Powerpoint Applications in Class VIII Middle School Students in Cartesian Coordinate Learning.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, vol. 1, no. 1, 2020, pp. 15–19.

Juwita, Tusifa, dan Neneng Tasu’ah. “2015) 46-50 Children Aged 5-6 Years.” Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies, vol. 4, no. 1, 2015, pp. 46–50, doi:10.15294/ijeces.v4i1.9453.

Munasti, Kholida, dan Suyadi Suyadi. “Respon Penggunaan Media Power Point Berbasis Interaktif Untuk Anak Usia Dini Di Era Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 876–85, doi:10.31004/obsesi.v6i2.1567.

Muthoharoh, Miftakhul. “Media PowerPoint dalam Pembelajaran.” Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, vol. 26, no. 1, 2019, pp. 21–32.

Nurjaman, Iman, dan Ririn Yuniwanti. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Permainan Engklek Modifikasi pada Anak Kelompok B di PAUD Mutiara Kasih Tangerang.” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 11, no. 1, 2022, p. 1, doi:10.31000/ceria.v11i1.6634.

Olsson, John. “Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.” 信阳师范学院, vol. 1, no. 1, 2008, p. 305.

Purwanti, Lusi, dkk. “Analisis Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Materi Animalia Kelas VIII.” Journal Of Biology Education, vol. 3, no. 2, 2020, p. 157, doi:10.21043/jobe.v3i2.8446.

Putriana, Putriana, Titi Anjarini, dan Suyoto Suyoto. "Penerapan Media Power Point (PPT) pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pucangagung Tahun Ajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan Dasar 3.2 (2022): 37-43.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, 2019, p. 81, doi:10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Shofa, Mila Faila. “Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini DI Masa Pandemi Covid 19.” BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, vol. 5, no. 2, 2020, pp. 86–96, doi:10.22515/bg.v5i2.2820.

Sugiyarto, Untung Slamet, dkk. “Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cerdas Proklamator, vol. 8, no. 2, 2021, pp. 118–23, doi:10.37301/jcp.v0i0.44.

Syafi’i, Imam, dkk. "Penerapan Video Pembelajaran daring anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19." Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3.2 (2020): 140-160.

Tafonao, Talizaro. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving.” Komunikasi Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2018, p. 105.

Tambun, Ni Ketut. "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas VI SD." Journal of Education Action Research 7.1 (2023): 24-31.

Wulandari, Eka. “Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran dalam Hybrid Learning.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, 2022, pp. 26–32, doi:10.55784/jupeis.vol1.iss2.34.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.