Menggali Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan: Studi Etno-Pedagogi di Suku Baduy

Subai Subai, Sholeh Hidayat, Ujang Jamaludin, Suroso Mukti Leksono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kearifan local suku Baduy untuk meningkatkan kualitas pendidikan dilihat dari sudut pandang Etno-Pedagogis. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggun akan metode kualitatif. Metode ini mendukung pengamatan fenomena dan selanjutnya mempertanyakan sifat bermakna dari fenomena ini. Analisis dan wawasan penelitian kualitatif sangat dipengaruhi oleh kekuatan kata dan frase yang digunakan. Salah satu suku dan masyarakat Indonesia yang masih memiliki kearifan lokal adalah Baduy. Suku Baduy ada di Lebak, Banten. Nilai luhur adat suku Baduy adalah menjaga dan melindungi alam tanpa mengubah atau menghancurkannya. Mereka tidak pernah memberontak dengan kehidupan yang sederhana; sebaliknya, mereka terus belajar bekerja sama, saling membantu, dan mendorong diskusi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Studi Etno-Pedagogi, pemimpin yang hadir memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan: 1) Memotivasi dan Menginspirasi: Pemimpin yang hadir dalam pendidikan mampu memotivasi dan menginspirasi siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka; 2) Membangun Karakter dan Etika: Pemimpin pendidikan berperan dalam membangun karakter dan etika yang kuat pada siswa; 3) Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan: Pemimpin yang hadir dalam pendidikan juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka sendiri; 4) Membangun Hubungan yang Positif: Pemimpin yang hadir dalam pendidikan berperan dalam membangun hubungan yang positif antara siswa, pendidik, serta masyarakatl; dan 5) Memperkuat Identitas dan Nilai Budaya: Pemimpin yang hadir dalam pendidikan dapat memperkuat identitas dan nilai budaya yang ada dalam komunitas.

Full Text:

PDF

References


Ajgaonkar, Suchitra, dkk. "Exploring Human Resource Work Design, Learning Mechanism and TQM: through the Lens of Activity Theory and Contextual Learning Theory." The TQM Journal 34.1 (2022): 70-101.

Almazova, Nadezhda, dkk. "Challenges and Opportunities for Russian Higher Education amid COVID-19: Teachers’ Perspective." Education Sciences 10.12 (2020): 368.

Alwada, Vivi, dan Syafwan Rozi. "Kesenian Reog sebagai Media Mempertahankan Kerukunan Umat Beragama di Jorong Purwajaya Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat." Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 17.1 (2022): 1-36.

Djono, Djono. "Kenduri dalam Perspektif Sejarah untuk Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal." Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya 16.2 (2022): 248-264.

Handayani, Trini, dan Aji Mulyana. "Meningkatkan Softskills Mahasiswa Melalui Strategi Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi Menggunakan Aplikasi Kahoot." JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5.2 (2021): 423-437.

Hidayati, Nur Alfin, Herman J. Waluyo, dan Retno Winarni. "Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students." International Journal of Instruction 13.2 (2020): 179-198.

Juanda, Juanda, dan Azis Azis. "Muatan Kearifan Lokal Cerpen Indonesia." Jurnal Onoma: Pendidikan Bahasa, dan Sastra 7.2 (2021): 606-621.

Kannan, K. Sumitha PN, dan Alaa Garad. "Competencies of Quality Professionals in the Era of Industry 4.0: A Case Study of Electronics Manufacturer from Malaysia." International Journal of Quality & Reliability Management 38.3 (2020): 839-871.

Kawuryan, Sekar Purbarini, Suminto A. Sayuti, dan Siti Irene Astuti Dwiningrum. "Teachers Quality and Educational Equality Achievements in Indonesia." International Journal of Instruction 14.2 (2021): 811-830.

Lestari, Widiya. "Teacher Professionalism in Learning in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tegalurung Balongan Indramayu." DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities 1.1 (2023): 19-25.

Lubis, M. Syukri Azwar, dkk. "Integrated Quality Improvement Strategy in International Standard Madrasah." Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7.2 (2022): 217-228.

Muhammdiah, Mas' ud, dkk. "The Role of the Professional Teacher as the Agent of Change for Students." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 14.4 (2022): 6887-6896.

Muhibah, N. . “Strengthening the Literature of Islamic Religious Education Teachers to Increase Pedagogic and Professional Competence at Teacher Working Group Islamic Religious Education Cianjur Regency”. Influence: International Journal of Science Review, vol. 4, no. 1, May 2022, pp. 254-62, doi:10.54783/influencejournal.v4i1.24.

Nur, M., K. Effendy, M. A. Djaenuri, dan S. Lukman. “Implementation of Oversight Policy, Apparatus Competence and Organizational Culture and Its Effect on Performance of Field Supervision Basic Education”. International Journal of Science and Society, Vol. 1, no. 3, Dec. 2019, pp. 155-68, doi:10.54783/ijsoc.v1i3.38.

Nurani, Riga Zahara, dan Hatma Heris Mahendra. "Implementation of Character Education Strengthening Based on Local Wisdom in SD Laboratorium UPI Tasikmalaya." PrimaryEdu: Journal of Primary Education 4.1 (2020): 28-37.

Nurhayati, E. Satispi, Izzatusolekha, dan R. Salam. “Implementation of Inclusive Education Policies in the City of Tangerang Selatan”. ENDLESS: International Journal Of Future Studies, vol. 6, no. 2, Mar. 2023, pp. 1-17, doi:10.54783/endlessjournal.v6i2.147.

Sartini, Sartini, dan Luwiyanto Luwiyanto. "Mitos Penciptaan pada Serat Purwakandha Brantakusuman dan Potensi Kajian Filsafatnya." Jurnal Filsafat 30.1 (2020): 92-122.

Shaleh, Muh, Faizah Binti Awad, dan Anita Rezki. "Counseling Based on Local Wisdom for Conflict Settlement in the Workplace: A Case Study in Kendari." Journal of Social Studies Education Research 13.1 (2022): 125-142.

Siagian, Abdul Hakim, Benito Asdhie Kodiyat, dan Andryan Andryan. "The Development of Muhammadiyah Ideology Dar Al-Ahdi Wa Al-Shahadah in Pancasila Course, Law Study Program, Faculty of Law, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara." Randwick International of Social Science Journal 2.4 (2021): 516-523.

Sonita, Era. "The Role of Historical Perspectives in Promoting the Development of Entrepreneurship Education in Islamic Higher Education." Baltic Journal of Law & Politics 15.2 (2022): 439-459.

Sukma, Odi, dan Enung Hasanah. "Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Nilai Akreditasi di SMPN 5 Airgegas Bangka Belitung." Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 8.2 (2021): 147-158.

Suryana, Dadan, dan Aini Hijriani. "Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.2 (2022): 1077-1094.

Tampubolon, Yohanes Hasiholan, dan Dreitsohn Franklyn Purba. "Kapitalisme Global sebagai Akar Kerusakan Lingkungan: Kritik terhadap Etika Lingkungan." Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat 9.1 (2022): 83-104.

Tobback, Els. "Telling the World How Skilful You Are: Self-Praise Strategies on LinkedIn." Discourse & Communication 13.6 (2019): 647-668.

Tohri, Ahmad, dkk. "The Urgency of Sasak Local Wisdom-Based Character Education for Elementary School in East Lombok, Indonesia." International Journal of Evaluation and Research in Education 11.1 (2022): 333-344.

Ya’cub, Mihmidaty, dan Dewy Suwanti Ga’a. "Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana." Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2.2 (2021): 60-69.

Yumnah, Siti. "Character Education with Islamic Insights of the Nusantara." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.3 (2021): 547-562.

Yusuf, Sarina, dkk. "Cyber Aggression-Victimization among Malaysians Youth." Asian Journal of University Education (AJUE) 7.1 (2021): 240-260.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i4.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.