Tinjauan Literatur Sistematis: Sosial Media Sebagai Alat Endorse Influencer

Nikita Barten Langitan, Kania Adhisty

Abstract


Sosial media terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi digital. Sosial media seringkali digunakan sebagai kanal bagi para penggunanya untuk berbagi kegiatan, aktivitas, atau kehidupan sehari-hari. Penggunaan sosial media kini mulai berkembang menjadi kanal digital advertising bagi perusahaan, organisasi, atau produsen dari berbagai produk maupun jasa. Salah satu dampak dari berkembangnya penggunaan dari sosial media ini adalah munculnya banyaknya orang-orang yang sekarang disebut dengan sebutan influencer. Para influencer ini kemudian melakukan kegiatan marketing pada kanal sosial media mereka dengan cara mempromosikan produk atau jasa dari suatu brand yang dikenal dengan endorse. Penulisan dalam penelitian dengan tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk mencari tahu sosial media apa yang paling sering digunakan oleh influencer internasional maupun influencer di Indonesia ketika melakukan endorse, serta apakah endorse yang dilakukan melalui kanal sosial media merupakan marketing yang efektif bagi suatu brand. Setelah melakukan kajian literatur, ditemukan bahwa instagram merupakan kanal sosial media yang paling sering digunakan untuk melakukan endorse oleh influencer internasional, sama halnya dengan di Indonesia, instagram merupakan kanal paling sering digunakan oleh influencer Indonesia, endorse yang dilakukan oleh influencer juga ditemukan sebagai alat marketing yang efektif bagi beberapa brand.

Keywords


Endorse, Endorser, Influencer, Sosial Media, Iklan, Marketing

Full Text:

PDF

References


Ao, L. “Imagined Affordances of Instagram and the Fantastical Authenticity of Female Gulf-Arab Social Media Influencers,” 2023. https://doi.org/10.3390/ su15032744.

Carr, Caleb T., dan Rebecca A. Hayes. “Social Media: Defining, Developing, and Divining.” Atlantic Journal of Communication 23, no. 1 (2015). https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282.

Evert, Daniel Paulus, dan Reza Saeful Rachman. “Indonesia Influencers in Social Media Advertising: Opportunities and Threats.” Atlantis Press, 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200818.016.

GetCraft. “Indonesia Native Advertising And Influencer Marketing Report 2018,” 2018.

Gough, D., S. Oliver, dan J. Thomas. An Introduction to Systematic Reviews. California: SAGE Publications, 2017.

Halder, Deepa, Debasis Pradhan, dan Himadri Roy Chaudhuri. “Forty-Five Years of Celebrity Credibility and Endorsement Literature: Review and Learnings.” Journal of Business Research 125 (2021). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.12.031.

Hart, C. Doing a Literature Review: Releasing the Research Imagination. California: SAGE Publications, 1998.

Hovland, C. I., I. L. Janis, dan H. H. Kelley. Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. United States: Yale University Press, 1953.

Hung, Kineta. “Why Celebrity Sells: A Dual Entertainment Path Model of Brand Endorsement.” Journal of Advertising 43, no. 2 (2014). https://doi.org/10.1080/00913367.2013.838720.

Hurley, Zoe. “Imagined Affordances of Instagram and the Fantastical Authenticity of Female Gulf-Arab Social Media Influencers.” Social Media + Society 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1177/2056305118819241.

Kemp, S. “Digital 2023: Global Overview Report — DataReportal – Global Digital Insights,” 2023. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report.

———. “Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights,” 2023. https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report.

Kitchenham, B., dan S. Charters. Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Technical Report EBSE. Keele University and Durham University Joint Report, 2007.

Lin, Lien-Fa, Yung-Ming Li, dan Wen-Hsiang Wu. “A Social Endorsing Mechanism For Target Advertisement Diffusion.” Information & Management 52, no. 8 (2015). https://doi.org/10.1016/j.im.2015.07.004.

McGuire, W. J. Attitudes and Attitude Change. In Handbook in Social Psychology: Special fields and applications. New York: Random House, 1985.

Onwuegbuzie, A.J., dan R. Frels. Seven Steps to a Comprehensive Literature Review: A Multimodal and Cultural Approach. California: SAGE Publications, 2016.

Tiago, Maria Teresa Borges, Joanna Santiago, dan Flavio Tiago. “Mega or Macro Social Media Influencers: Who Endorses Brands Better ?” Journal of Business Research 157 (2023). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.113606.

Ye, Guoquan, Liselot Hudders, Steffi De Jans, dan Marijke De Veirman. “The Value of Influencer Marketing for Business: A Bibliometric Analysis and Managerial Implications.” Journal of Advertising 50, no. 2 (2021). https://doi.org/10.1080/00913367.2020.1857888.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i5.2651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.