Evaluasi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Tinjauan Manajemen

Annisa Firaudhatil Jannah, Istikomah Istikomah

Abstract


Struktur Kurikulum Merdeka pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah dibagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Evaluasi pembelajaran menjadi hal penting yang merupakan acuan pada setiap kemajuan dan langkah – langkah dalam pendidikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan sebagai muatan pokok dari mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang sekolah. Eksistensinya mempengaruhi keberhasilan implementasi dari pendidikan karakter di lembaga pendidikan yang di sinkronisasikan dengan profil pelajar Pancasila sesua indikator – indikatornya. Penelitian ini melibatkan jenis metode kualitatif melalui wawancara dan literatur untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan realita implementasi. Manajemen yang dijalankan untuk evaluasi pembelajaran PAI ternilai baik dan efisien, dengan pelaksanaan POAC yang mampu memudahkan proses KBM hingga Evaluasi pada peserta didik secara berkala.

 


Keywords


Evaluasi, Pembelajaran PAI, Kurikulum Merdeka, Manajemen

Full Text:

PDF

References


Abidah, Azmil, Hasan Nuurul Hidaayatullaah, Roy Martin Simamora, Daliana Fehabutar, Lely Mutakinati, dan Nadi Suprapto. “The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of ‘Merdeka Belajar.’” Studies in Philosophy of Science and Education 1, no. 1 (1 April 2020). https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Adhi Santoso, Nugroho. “Management Information System Pondok Pesanten Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal Regency.” Journal Of World Science 1, no. 4 (4 Agustus 2022): 180–88. https://doi.org/10.36418/jws.v1i4.27.

Ahmad, Nurul Qomariyah. Buku Pengantar Evaluasi Pembelajaran, 2021.

Arifin, Syamsul, Nurul Abidin, dan Fauzan Al Anshori. “Dinamika Kurikulum di Indonesia.” Jurnal Pendidikan dan Sains 3, no. 2 (2021).

Aseri, Muhsin. “Manajemen Pembelajaran Fiqih Di Sekolah Dan Madrasah Bagi Guru Pendidikan Agama Islam.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (28 Februari 2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i2.920.

Daga, Agustinus Tanggu. “Makna Merdeka Belajar Dan Penguatan Peran Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (10 Agustus 2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.

Hasibuan, Mulkan. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri Bahal Padanglawas Utara.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 10, no. 3 (30 Desember 2021). https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12185.

Hermawan, Yudi Candra, Wikanti Iffah Juliani, dan Hendro Widodo. “Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (3 Mei 2020). https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720.

Hidayat, Tatang, dan Abas Asyafah. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (29 Mei 2019). https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729.

Istikomah, dan Budi Haryanto. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Nizamia Learning Center, 2021.

Jiati, Jiati. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.” Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian 1, no. 8 (2022): 683–93.

Kholidin, Afif, dan Mas’ad Mas’ad. “Manajemen Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI untuk Anak Autis di Tingkat Sekolah Dasar.” QUALITY 9, no. 1 (7 Juni 2021). https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.9014.

Prabowo, Rizky, Farid Setiawan, Joni Mukti Wibowo, Risma Oktarina, dan Nurul Anisa Rahmadia. “Evaluasi Kebijkan Pendidikan.” Jurnal Impresi Indonesia 1, no. 8 (23 Agustus 2022): 901–7. https://doi.org/10.36418/jii.v1i8.298.

Pradana, Aditya Rintis. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP N 2 Wonosobo,” 8 Juni 2021.

Safitri, Ayu, Feni Adriani, dan Masduki Asbari. “Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0: Bagaimana Pola Pendidikan Tepat Bagi Generasi Mendatang?” Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 02 (25 Mei 2023). https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.42.

Saputra, Aidil. “Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMP.” Jurnal Genta Mulia 13, no. 2 (11 Juli 2022). https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.107.

Saufi, Akhmad, dan Hambali Hambali. “Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (30 Juni 2019). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497.

Sodikin, Sodikin, dan Septi Gumiandari. “Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p59-69.

Solichin, Mujianto, dan Fujirahayu Fujirahayu. “Problematika Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SMP.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (1 Juni 2018).

Suardipa, I. Putu, dan Kadek Hengki Primayana. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya 4, no. 2 (17 Agustus 2023). https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Suntoro, Ranu, dan Hendro Widodo. “Internalisasi Nilai Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal MUDARRISUNA 10, no. 2 (2020).

Suranto, Dwi Iwan, Saipul Annur, Ibrahim, dan Afif Alfiyanto. “Pentingnya Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 2 (30 April 2022). https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.26.

Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21 Oktober 2020.

Syafi’i, Akhmad, Muhammad Saied, dan Arif Rohman Hakim. “Efektivitas Manajemen Pendidikan dalam Membentuk Karakter Diri.” Journal of Economics and Business UBS 12, no. 3 (2023): 1905–12.

Wulan, Elis Ratna, dan A. Rusdiana. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Firaudhatil Jannah, Istikomah Istikomah

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.