Pengaruh Brand Image dan Hedonic Shopping terhadap Purchase Decision melalui Perceived Value pada Jam Tangan Alexander Christie (Studi Kasus pada Mahasiswa di Kota Pekanbaru)

Kurniawan Ilahi, Syaefulloh Syaefulloh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image dan hedonic shopping terhadap purchase decision melalui perceived value pada Jam Tangan Alexander Christie di Kota Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu brand image dan hedonic shopping dan satu variabel dependen yaitu purchase decision serta perceived value sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu mahasiswa se kota Pekanbaru yang membeli jam tangan Alexander Christie. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap perceived value, b) tidak terdapat pengaruh signifikan hedonic shopping terhadap perceived value, c) tidak terdapat pengaruh signifikan brand image terhadap purchase decision, d) terdapat pengaruh signifikan hedonic shopping terhadap purchase decision, e) terdapat pengaruh signifikan perceived value terhadap purchase decision, f) perceived value tidak dapat memediasi pengaruh brand image terhadap purchase decision g) perceived tidak dapat memediasi pengaruh hedonic shopping terhadap purchase decision.

Keywords


Brand Image, Hedonic Shopping, Purchase Decision, Perceived Value

Full Text:

PDF

References


Arianty, Nel, dan Ari Andira. “Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4, no. 1 (31 Maret 2021). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

Darya, I Gusti Putu, dan Devi Wulansari. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk di Amway Balikpapan.” Jurnal Akuntansi Manajemen Madani 2, no. 1 (2017).

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Gunawan, Augustinus. “Pengaruh Perceived Quality, Perceived Value, Dan Brand Personality Terhadap Brand Loyalty Dari Produk Fashion Cotton-On Di Surabaya.” Jurnal Strategi Pemasaran 6, no. 2 (23 Juli 2019).

Lita, Ratni Prima, Meuthia Meuthia, Henmaidi Alfian, dan Debi Shintya Dewi. “Perceived Packaging, Perceived Value, Perceived Quality dan Purchase Intention pada Tenun Kubang di Kabupaten Lima Puluh Kota.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 12, no. 1 (31 Agustus 2020). https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2418.

Marbun, Maulina Br, Hapzi Ali, dan Fransiskus Dwikoco. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran).” JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL 3, no. 2 (8 September 2022). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134.

Mega, Ayu, dan Hariyawati Susi. “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Jam Tangan Merek Casio,” 2017.

Riandika, Irsan Nuari, Alvi Furwanti Alwie, dan Syapsan Syapsan. “Analisis Perceived risk, Perceived Value dan Online Consumer Review Terhadap Online Repurchase Intention Produk Fashion di Kabupaten Kampar di Moderasi Kepercayaan.” Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri 8, no. 2 (7 Desember 2022). https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.17967.

Sofiyatuzzahro, Sofiyatuzzahro, Nurul Qomari, dan Indah Noviandari. “Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand ‘Crocodile’ Di Matahari Departemen Store Surabaya.” UBHARA Management Journal 1, no. 2 (2 November 2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Wahyuni, Reni, dan Harini Setyawati. “Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) 2 (30 April 2020). https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i2.457.

Zayusman, Fany, dan Whyosi Septrizola. “Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pelaggan Tokopedia Di Kota Padang.” Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha 1, no. 1 (8 Maret 2019). https://doi.org/10.24036/jkmw0255290.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.3000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kurniawan Ilahi, Syaefulloh Syaefulloh

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.