Pengaruh Perceived Ease of Use dan Perceived Value terhadap Customer Satisfaction melalui Online Shopping Habit pada Tiket Bioskop Pengguna Aplikasi TIX-ID (Studi Kasus pada Pengguna TIX-ID di Kota Pekanbaru)

Mita Aprillia, Susie Suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perceived ease of use dan perceived value terhadap customer satisfaction melalui online shopping habbit pada tiket bioskop pengguna aplikasi TIX-ID. Penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu perceived ease of use dan perceived value dan satu variabel dependen yaitu customer satisfaction serta online shopping habbit sebagai variabel intervening. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu pengguna TIX-ID yang membeli tiket bioskop di kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: a) terdapat pengaruh signifikan perceived ease of use terhadap online shopping habbit, b) terdapat  pengaruh signifikan perceived value terhadap online shopping habbit, c) tidak terdapat pengaruh signifikan perceived ease of use terhadap customer satisfaction, d) terdapat pengaruh signifikan perceived value terhadap customer satisfaction, e) terdapat pengaruh signifikan online shopping habbit terhadap customer satisfaction, f) online shopping habbit dapat memediasi pengaruh perceived ease of use terhadap customer satisfaction g) online shopping habbit dapat memediasi pengaruh perceived value terhadap customer satisfaction.


Keywords


Perceived Ease of Use, Perceived Value, Customer Satisfaction, Online Shopping Habbit

Full Text:

PDF

References


Akmal, Rizky Aufa, dan Arlin Ferlina Mochamad Trenggana. “Pengaruh E-service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi M-tix Mobile Cinema Xxi.” eProceedings of Management 6, no. 3 (1 Desember 2019). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/11436.

Ashghar, Sayyid Ali, dan Hanny Nurlatifah. “Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Dan Perceived Risk Terhadap Keinginan Membeli Kembali Melalui e-Trust Dan s-Satisfaction (Studi Kasus Pengguna Gopay Pada Transaksi UMKM).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1, no. 1 (26 Agustus 2020): 40–52. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.459.

Azizah, Berliana Rizka Khusnul, dan Sonja Andarini. “Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Dan Social Influence Terhadap Intention To Use Layanan Video On Demand (Studi Pada Pengguna Aplikasi Netflix Di Kota Surabaya).” Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 4, no. 4 (1 Juli 2023): 3678–91. https://doi.org/10.37385/msej.v4i4.1633.

Azzahra, Fatimah, dan Dian Dinata Houston. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi M-Tix XXI Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening.” Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen 8, no. 4 (29 Desember 2020): 396–406. https://doi.org/10.35145/procuratio.v8i4.759.

Budiyono, Budiyono, dan Sutianingsih Sutianingsih. “Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan.” EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan) 5, no. 4 (31 Desember 2019). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104.

Ermida, Nadya Eka, Saladin Ghalib, dan Nurul Wahyuni. “Pengaruh Diskon dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Tix ID di Kota Banjarmasin.” Smart Business Journal 1, no. 1 (21 Februari 2022): 41–47. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i1.12790.

F. Hair Jr, Joe, Marko Sarstedt, Lucas Hopkins, dan Volker G. Kuppelwieser. “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool in Business Research.” European Business Review 26, no. 2 (4 Maret 2014): 106–21. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Ghozali. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiri. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2020.

Insyra, Dimas Barent, dan Jojok Dwiridotjahjono. “Pengaruh Customer Experience, Trust Dan Customer Satisfaction Terhadap Repurchase Intention Pada Reservasi Tiket Pesawat Di Traveloka.” SEIKO : Journal of Management & Business 5, no. 2 (8 Desember 2022): 73–81. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2964.

Nawarini, Alisa Tri. “Pengaruh Perceived Value Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Kartu Seluler Di Kota Purwokerto Dengan Variabel Variety Seeking Sebagai Variabel Moderasi.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi 21, no. 1 (20 Februari 2019). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i1.1294.

Pasaribu, Abigail, dan Lina Salim. “Online Shopping Habit Atau Experience Memoderasi Customer’s Satisfaction, Trust, Dan Learning Terhadap Online Repurchase Intention.” Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) 1, no. 1 (27 September 2022). https://journal-ima.org/index.php/IMA/article/view/4.

Rahman, Hifdzur, dan Hanny Nurlatifah. “Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Trust, Online Convenience Terhadap Purchase Intention Melalui Online Shopping Habits (Studi Kasus Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi Gotix).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1, no. 1 (26 Agustus 2020): 29–39. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.458.

Setyawati, Rena Eka. “Pengaruh Perceived Usefullness, Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention To Use dengan Atittude Towards Using sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Gopay Dikota Yogyakarta).” JURNAL EKOBIS DEWANTARA 3, no. 1 (23 Februari 2020): 39–51. https://doi.org/10.26460/ed_en.v3i1.1470.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i1.3004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mita Aprillia, Susie Suryani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.