Penerapan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman

Sujiono Sujiono, Marjianto Marjianto, Ratna Setyaningsih, Sugik Harto

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan penerapan  metode PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dalam pembelajaran agama Buddha materi sebab musabab yang saling bergantungan. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat pelaksanaan penelitian di SMAN 1 Ampel Boyolali. Fokus penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI materi Sebab Musabab yang Saling Bergantung pada pembelajaran agama Buddha. Tahapan penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan siklus pembelajaran, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran dilakukan dalam beberapa siklus sampai tujuan dari penelitian tercapai. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi dan review informan kunci. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analistis deskriptif dan teknik analisis kritis. Temuan penelitian menunjukkan penerapa metode PQ4R secara efektif mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahan siswa setiap siklus pembelajaran. Nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa saat pra siklus yiatu 28,75. Siklus 1 nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman menjadi 47,14, terjadi peningkatan 18,39. Siklus 2 nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 83,46 terjadi peningkatan 36,32.


Keywords


Penerapa Metode PQ4R, Keterampilan Membaca Pemahaman, Pembelajaran Agama Buddha

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, dan dan Supardi Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Revisi. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Goldman, S R, dan J W Pellegrino. “Research on learning and instruction: Implications for curriculum, instruction, and assessment.” Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences 2, no. 1 (2015): 33–41. https://doi.org/10.1177/237273221560186.

Graesser, A C. “Deeper learning with advances in discourse science and technology.” Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences 2, no. 1 (2015): 42–50. https://doi.org/10.1177/237273221560088.

Jumriah, dan Fitiriani. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Unaaha dengan Menggunakan Stategi PQ4R.” ULILALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2022): 259–69. https://doi.org/10.56799/jim.v2i1.1209.

Kalawen, M, dan F Wahyuningsih. “Penerapan Metode PQ4R.” E-Journal Laterne 11, no. 2 (2022): 166–79.

Kendeou, P, K L McMaster, dan T J Christ. “Reading Comprehension: Core Components and Processes.” Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences 3, no. 1 (2016): 62–69. https://doi.org/10.1177/2372732215624707.

Linayaningsih, F. “Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Majalah Ilmiah INFORMATiKA 2, no. 2 (2011): 75–86.

Perfetti, C, dan J Stafura. “Word knowledge in a theory of reading comprehension.” Scientific studies of Reading 18, no. 1 (2014): 22–37. https://doi.org/10.1080/10888438.2013.827687.

Rahman, B, dan H Haryanto. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 2 (2014): 127–37. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650.

Rowindasari, A, R Suhita, dan B Setiawan. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Bima Bungkus Melalui Strategi PQ4R dengan Media Power Point Pada Siswa SMA.” Jurnal Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 3, no. 1 (2022): 15–30. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v3i1.48384.

Sudarman. “Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R.” Jurnal Pendidikan Inovatif 4, no. 2 (2009): 67–72.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.

Zare, Pezhman. “Exploring Reading Strategy Use and Reading Comprehension Succes among EFL Learners.” World Applied Sciences Journal 22, no. 11 (2013): 1566–71. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.22.11.1493.

Zega, Yusnarita, dan Wiyun Tangkin. “Motivasi Belajar Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Filosofi Pendidikan Kristen”.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH 5, no. 1 (2023): 97–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sujiono Sujiono, Marjianto Marjianto, Ratna Setyaningsih, Sugik Harto

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.