Manajemen Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan Keagamaan di SMP

Faiq Akmaluddin Hafidzh, Firyal Yasmin R.F.

Abstract


Melalui pendidikan karakter diharapkan pserta didik memiliki perilaku yang baik, bermoral, dan budi pekerti yang positif. Pembentukan karakter pada diri peserta didik tentu membutuhkan manajemen khusus dikembangkan langsung oleh pihak sekolah. Berdasarkan hal tersebut, tentu harus ada keterlibatan dari seluruh pihak sekolah. Tujuan penulisan ialah menganalisis terkait manajemen pendidikan karakter melalui pembiasaan keagamaan di SMP. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review. Hasil yang didapatkan. Karakter religius dari peserta didik memiliki keterhubungan dengan Tuhan. Ada berbagai macam cara dalam menumbuhkan karakter berbasis keagamaan, salah satunya adalah dengan pembiasaan peserta didik untuk membaca asma’ul husna di awal pembelajaran. Melalui pembiasaan tersebut, peserta didik akan lebih mengenal terhadap sang pencipta. Selain itu, pembiasaan dalam kehidupan beragama islam, dapat dilakukan melalui kegiatan sholat berjamaah yang dilakukan di sekolah. Simpulan adalah pendidikan karakter memiliki keterakitan dengan beberapa pendidikan yang lainnya, misalnya pendidikan watak, moral, budi pekerti, dan pendidikan nilai. Hal tersebut tentu memiliki tujuan dalam pengembangan kemampuan seluruh komponenen sumber daya manusia yang terdapat di sekolah. Melalui pendidikan karakter yang sesuai akan bisa menerapkan keteladanan ataupun pemberian Keputusan yang baik dan buruk. Implementasi pendidikan karakter religius dapat dilakukan pada beberapa kegiatan, misalnya pelaksanaan sholat dhuha yang sudah disusun berdasarkan jadwal, membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Pembiasaan sendiri memiliki arti terkait suatu tindakan yang dilakukan secara berulang sehingga tindakan tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan individu.


Keywords


karakter, keagamaan, manajemen, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Akbar, A., & Noviani, N. (2019, July). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304.

Ardiyanti, L. (2020). Peran Guru Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Keagamaan (Religious Culture) Di SMP Negeri 4 Katingan Kuala Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Ariyanik, S., Suhartini, E., & Sosiologi, P. (2017). Fenomena kenakalan remaja di desa Wonorejo kabupaten Situbondo. Jurnal Entitas Sosiologi, 1(2), 16-26.

Awali, H. (2020). Urgensi pemanfaatan e-marketing pada keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di tengah dampak Covid-19. BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Buchory, M. S., & Swadayani, T. B. (2014). Implementasi program pendidikan karakter di SMP. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(3).

Diyati, H., & Muhyadi, M. (2014). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan budaya sekolah di SDN Kwayuhan, kecamatan Minggir, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28-43.

Febrianshari, D., & Ekowati, D. W. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 88-95.

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius peserta didik di kota majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193-208.

Hidayati, W. (2016). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jenjang SMA Bermuatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 195-225.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11-23.

Khoerunisa, S. (2023). Prosedur penerapan sikap penerimaan diri dalam mengatasi kenakalan remaja pada anak didik LPKA kelas II Bandung: Studi kasus pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Sukamiskin Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Lailiyah, N., & Hasanah, R. (2020). Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna Di SMPN 1 Ngoro Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 160-178.

Masnuna, M., Wardani, N. I. K., & Kadiasti, R. (2020). Desain Aplikasi SALIM sebagai Media Pembelajaran untuk Menanggulangi Tindakan Kenakalan Remaja. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(01), 100-114.

Munif, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Sekolah. Pedagogik: jurnal pendidikan, 3(2).

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran guru dalam pengembangan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama negeri 2 depok sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Prasetiawan, H. (2016). Peran bimbingan dan konseling dalam pendidikan ramah anak terhadap pembentukan karakter sejak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(1), 50-60.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Desain Kurikulum IAIN Lhokseumawe (Studi Analisis Mata Kuliah: Filsafat Manajemen Jurusan Manajemen Pendidikan Islam). Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(2), 1-17.

Rahmatan, M., Erawati, E., Putra, M. H. A. H., Sani, N., & JH, V. A. (2023). Orientasi Dasar Pendidikan dan Pengajaran Islam Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga: Orientasi Basic Islamic Education and Teaching Students of Arabic Language Education Study Program UIN Sunan Kalijaga. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(1), 62-75.

Rori, P. L. P. (2016). Pengaruh penggunaan minuman keras pada kehidupan remaja di desa Kali kecamatan Pineleng kabupaten Minahasa. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190.

Rumetna, Matheus Supriyanto. “Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer 5, no. 3 (2018): 305–14.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.

Sirajuddin, M. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan). Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 1(1).

Solihat, D., & Wahyudi, U. R. (2023). Peran Guru PAI dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik melalui Kegiatan Mentoring di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. ALSYS, 3(1), 33-53.

Tiffany, C. A., Ernanda, C. E., & Herdianing, E. S. (2023). Solidaritas Para Buruh Tani Dalam Menghadapi Modernisasi Di Sektor Pertanian. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(4), 674-688.

Wahyuningtyas, A., & Wibowo, U. B. (2017). Manajemen pendidikan karakter pada SMP full day school di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 30-44.

Widiawati, E. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Intensi Berhenti Konsumsi Minuman Keras Pada Remaja Usia 15-21 Tahun Berbasis Theory Plan Behavior Model (Doctoral dissertation, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang).

Yasin, M. (2022). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 72-79.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Faiq Akmaluddin Hafidzh, Firyal Yasmin R.F.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.