Peran Manajemen Masjid dalam Optimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Ibadah (Studi Kasus pada Manajemen Masjid Sholihin, Tangkil, Manang, Grogol, Sukoharjo)

Sarwan Uya, Yetty Faridatul Ulfah, Sukari Sukari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Peran manajemen pada Masjid Sholihin, Tangkil, Manang, Grogol, Sukoharjo adalah proses untuk memakmurkan masjid dan peran manajemen pada Masjid Sholihin Tangkil juga untuk mengoptimalkan segala kegiatan dan akitivitas masjid. 2). Optimalisasi fungsi masjid sebagai pusat ibadah pada Masjid Sholihin, Tangkil, Grogol, Sukoharjo yaitu dengan memaksimalkan segala aspek kegiatan, sarana prasarana dan fasilitas guna memberikan kenyamanan dalam beribadah (shalat lima waktu) dimasjid  serta memusatkan kegiatan dakwah dan sosial di Masjid Sholihin Tangkil. 3). Kendala manajemen masjid dalam optimalisasi fungsi masjid sebagai pusat ibadah pada Masjid Sholihin, Tangkil, Grogol, Sukoharjo yaitu kesibukan para pengurus masjid dengan tanggung jawab mereka diluar Masjid Sholihin Tangkil. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data pada metode penelitian secara kualitatif dilakukan pada Natural Setting (kondisi yang alamiah), baik melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi. Sedangkan tempat penelitian adalah di Masjid Sholihin Tangkil, Manang, Grogol, Sukoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran manajemen pada Masjid Sholihin Tangkil, Manang, Grogol, Sukoharjo sudah menerapkan perannya dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. 2). Optimalisasi fungsi masjid sebagai pusat ibadah pada Masjid Sholihin, Tangkil, Grogol, Sukoharjo ini dengan memaksimalkan segala kegiatan, aktivitas dan program masjid. 3). Kendala manajemen masjid dalam optimalisasi fungsi masjid sebagai pusat ibadah pada Masjid Sholihin, Tangkil, Grogol, Sukoharjo ini pasti tidak terlepas dari kendala atau hal-hal yang dapat menjadi penghambat dalam proses optimalisasinya yaitu kesibukkan para pengurus takmir, krisis keuangan masjid dan gangguan dalam ibadah.

 


Keywords


Manajemen, Masjid, Optimalisasi, Fungsi

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu, dan H. Cholid Narkubo. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Ayub, Moh E. Manajemen Masjid, petunjuk praktis bagi para pengurus. Jakarta: Gema Insani, 1996.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: SAGE Publications, 1998.

Khoir, Mulyanto Abdullah. “Peran Masjid Dalam Perubahan Sosial: Studi Kasus Aksi 212, Fenomena Erdogan, Dan Masjid Jogokaryan Yogyakarta.” Mamba’ul ’Ulum, 29 Maret 2022. https://doi.org/10.54090/mu.54.

Masamah, Ulfa. “Masjid, Peran Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat: Optimalisasi Peran Masjid Darussalam Kedungalar Ngawi Responsif Pendidikan Anak.” Mamba’ul ’Ulum 16, no. 1 (20 April 2020). https://doi.org/10.54090/mu.7.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.

Muchtarom, Zaini. Dasar-dasar manajemen dakwah. Yogyakarta: Al-Amin Press, 1997.

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Deepublish, 2014.

Qur’an Kemenag. Al Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al Qur’an, 2019.

Raco, JR. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010.

Rifai, A. Bachrun, dan Moch Fakhruroji. Manajemen masjid: mengoptimalkan fungsi sosial-ekonomi masjid. Bandung: Benang Merah Press, 2005.

Said, Nurhidayat Muh. “Manajemen Masjid (Studi Pengelolaan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta).” Jurnal Dakwah Tabligh 17, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24252/jdt.v17i1.6079.

Sidik, Machfud. Studi empiris disentralisasi fiskal kebijakan perimbangan keuangan pusat dan daerah diera otonomi daerah. Jakarta: FISIP Universitas Indonesia, 2001.

Siswanto, Bedjo. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Stoner, James A.F. Perencanaan Dan Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sulastri, Lilis. Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung: La Goods Publishing, 2012.

Tahir, M. “Optimalisasi Manajemen Masjid Pada Masjid Aisyah Islamic Center Al-Hunafa Lawata Sebagai Lembaga Dakwah Dan Pendidikan Islam.” PALAPA 10, no. 2 (25 Oktober 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarwan Uya, Yetty Faridatul Ulfah, Sukari Sukari

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.