Pengaruh Program Tahfiz Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa MTs Budi Agung Medan

Setia Ningsih, Zulham Zulham

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh program tahfiz terhadap prestasi belajar siswa kelas IX MTs Budi Agung Medan pada pembelajaran Al-Qur'an Hadis. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif non-eksperiment, dan desain penelitian ex post facto. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang terdiri dari seluruh populasi yaitu siswa kelas IX yang berjumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan berbagai teknik analisis data, antara lain uji hipotesis, uji normalitas, uji linieritas, dan uji determinasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa program tahfiz berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas IX MTs Budi Agung Medan. Kesimpulan dari analisis data adalah nilai thitung  sebesar 2,371 jauh melampaui nilai dari ttabell yaitu sebesar 2,015. Selain itu, nilai p-value yang diperoleh sebesar 0,022 lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditentukan yaitu 0,05. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa program tahfiz memberikan dampak sebesar 11,6% terhadap prestasi belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas IX MTs Budi Agung Medan. Sisanya sebesar 88,4% disebabkan oleh faktor-faktor yang belum dieksplorasi dan tidak dipertimbangkan dalam penelitian ini. Kebaruan kajian ini terletak pada adaptasi metode tahsin pada pembelajaran tahfiz yang mengajarkan siswa ilmu tajwid selain hafalan Al-Qur’an. Kontribusi penelitian ini dapat menginspirasi sekolah-sekolah untuk mengadopsi program kelas tahfiz, sehingga dapat menumbuhkan generasi yang mencintai Al-Qur’an sejak dini.

Keywords


Program Tahfiz, Prestasi Belajar, Al-Qur’an Hadis

Full Text:

PDF

References


Alim, N., Ritonga, M., & Mafardi, M. (2020). “Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Al-Quran Dengan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Di MAN 4 Pasaman Barat.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(2), 246-255. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i2.4640.

Gunawan, S., Noor, T., & Kosim, A. (2022). “Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Hafal Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11812-11818. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4323.

Handayani, I., Jaelani, A., & Masnun, M. (2023). “Pengaruh Pembelajaran Tahfidz Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadits di Kelas III MI Darul Hikmah Kota Cirebon.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE), 5(1), 45-55.

Hasbi, S. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Manhaji.

Husnawati, H., Zubaidillah, M. H., Mardiana, M., Jannah, M., & Mauizdati, N. (2023). “Hubungan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Terhadap Mahãrah Qirã’ah Siswa MTsN 4 HSU.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(6), 4237-4250. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2842

Julfiyah, S., Aisida, S., & Badriyah, L. (2023). “Pengaruh Pelaksanaan Program Tahfidzul Quran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits Di MA Banu Hasyim Waru Sidoarjo.” Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(5), 144-155.

Maknun, J., Setiawan, Y., Ramdhani, D., & Tahkim, T. (2024). “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Berbasis Humanistik di MTs Nurul Jannah NW Ampenan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 319-324. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1969.

Musgamy, A. (2014). Pengaruh Alquran dan Hadits terhadap Bahasa Arab. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(1), 36-45.

Qomarudin, A. (2021). “Aktivitas Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24-34. https://doi.org/10.32478/piwulang.v4i1.774.

Rahman, A. (2022). “Pengaruh Tahfidz Al-Qur’an Dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist Di MA Unwanul Falah NW.” al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 3(2), 21-41. https://doi.org/10.51806/al-hikmah.v3i2.5002.

Safi'i, A., & Mahariah, M. (2023). “Learning To Read Al-Qur’an for Adults: an Analysis of the Implementation of the Griya Al-Qur’an Method in Taklim Council.” Jurnal Pendidikan Glasser, 7(2), 329-342. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i2.2711.

Saidatun, S., Putri, S., Nadira, S., Muna, S. F., & Hamdani, R. (2023). “Problematika Pembelajaran QH Problematika Siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis: Studi kasus siswa SMP Al-Washliyah Gunting Saga.” Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 84-93.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sy, S. (2017). “Pengaruh Hadis Dalam Ilmu Fiqih dan Teologi (Kajian Tokoh dan Pemikiran Imam Syafii).” El-Furqania: Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(02), 221-233. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v3i02.3030.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Setia Ningsih, Zulham

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.