Aksesibilitas untuk Teman Tuli di Ruang Publik

Fitri Handayani, Muhammad Tahir, Agus Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendekripsikan aksesibilitas Teman Tuli memperoleh informasi di ruang publik. untuk menganalisis terkait aksesibilitas bahasa isyarat Teman Tuli untuk memperoleh informasi di ruang publik. Jenis Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memperoleh analisis mendalam terkait ini. Tempat penelitian ini berada di ruang publik Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis menggunakan model Milles Huberman dan Saldana yang didalamnya terdapat pengumpulan data, penyajian data, kondensasi dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam aksesibilitas Teman Tuli di ruang publik Kota Samarinda menunjukkan sudah ada peningkatan tiap tahunnya walaupun masih perlu perbaikan secara serius terkait implementasi aksesibilitas Teman Tuli, agar aksesibilitas yang diberikan tidak menjadi simbolis aksesibilitas itu tersedia, tetapi Teman Tuli mampu menikmati akses yang disediakan untuk menjadi mandiri dalam ruang publik. terkait aksesibilitas Teman Tuli di ruang publik salah satunya adalah penyediaan Bahasa Isyarat, running text, maupun simbol visual yang disajikan untuk memudahkan Teman Tuli agar aksesibilitas di ruang publik menjadi inklusif. Sejauh ini masih sedikit sekali instansi terkait memberikan aksesibilitas Teman Tuli diruang publik. walaupun juga ada beberapa instansi yang telah menjalankan amanah undang-undang terkait keterbukaan informasi publik.

Keywords


Aksesibilitas, Informasi, Ruang Publik, Teman Tuli

Full Text:

PDF

References


Al-Sarayrah, Walaa dan etal. Improving The Deaf and Hard of Hearing Internet Accesibility JSL. Text-Into-Sign Language Translator for Arabic, 2021.

Arianto, Dwi, dan Nurliana Cipta Apsari. Gambaran Aksesibilitas, Inklusivitas, dan Hambatan Penyandang Disabilitas Dalam Memanfaatkan Transportasi Publikk: Studi Literatur di Berbagai Negara, 2022.

Astuti, Erlina Puji, dan Jaka Farih Agustian. Strategi Komunikasi Kutai Literasi dan Budaya Etam Untuk Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Belajar Bahasa Isyarat, 2024.

Cresswell, John W., dan J.David Cresswell. Research Design Qualitative, Quantitative and Mix Methods Approaches. Fifth. SAGE, 2018.

Fauziyah, Siti, dan Lina Miftahul Jannah. Access to Disclosure of Disasters Information for Deaf People Through Sign Language Interpreter, 2022.

Hidayat, Moh Syarif. Model Komunikasi Islam Pada Komunitas Tuli di Sekolah Luar Biasa Negeri Jember, 2021.

Jamis, Tyler G., dkk. Community-Engaged Need Assessment of Deaf American Sign Language Users in Florida, 2022.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktik Riset Komunikasi Kuatitatif dan Kualitatif, 2022.

Mandasari, Rika, dan Septia Winduwati. Upaya Public Relations Pusbisindo Dalam Mengampanyekan Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia di Kalangan Masyarakat, 2022.

Miles, Huberman dan Saldana. Qualitative Data Analysis, 2014.

Nurazizah, Ghoitsa Rohmah. Pelatihan Pemanduan Wisata Berbahasa Isyarat Melalui Video Virtual Tour Bagi Kelompok Penggerak Pariwisata Desa Wisata Alamendah, 2021.

Ochaita, Conception Batareno, dkk. Improving Accessibility in Online Education:Comparative Analysis of Attitudes of Blind and Deaf Students Toward an Adapted Learning Platform, 2021.

Prieto, Garcia, dan Victoria Aguaded. Diversity and Public Television: Analysis of Subtitling as an Accessibility Service, 2022.

Rorong, Michael Jibrael. Fenomenologi, 2020.

Sarasa, Samiaji. Analisis Data Penelitian Kualitatif, 2021.

Snoddon, Kristin, dan Jennifer Jockson Paul. Framing Sign Language As a Health Need In Canadian International Policy, 2020.

Syobah, Sy Nurul. Pemberdayaan Penyadang Disabilitas di Provinsi Kalimantan Timur, 2018.

Yuwono, Imam dan Mirnawati. Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunanetra di Lingkungan Lahan Basah, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Handayani, Muhammad Tahir, Agus Setiawan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.