Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik Kelas V

Diah Irmalinda, Dwi Yulianti, Dina Maulina, Pramudiyanti Pramudiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD tematik berbasis discovery learning yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan HigherOrder Thinking Skills (HOTS) peserta didik.  Jenis penelitian ini Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri. Subjek dalam penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sebanyak 30 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test diperoleh nilai sig = 0.001  atau kurang dari a 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Hditerima. Hasil perhitunganuji efect size pada kemampuan HOTS diperoleh Cohen d-effect size sebesar d=1.436 menunjukkan efek yang kuat. Berdasarkan penelitian ini disimpulkanbahwa LKPD pembelajaran tematik berbasis discovery learning yangdikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan HigherOrder Thinking Skills (HOTS) peserta didik kelas V sekolah dasar.


Keywords


HOTS, LKPD, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Dwyer, C. P., Hogan, M. J., & Stewart, I. 2014. An integrated critical thinking framework for the 21st century. Thinking skills and Creativity, 12, 43-52.

Fitriadi. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD. Tesis.Universitas Lampung. Bandar Lampung

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educationist, 1 (1). 47-56.

Kusuma, L. S. R., & Rakhmawati, L. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3). 265-369

Mezirow, J. 1990. How critical reflection triggers transformative learning. Fostering critical reflection in adulthood, 1(20), 1-6.

Nuzulika, L. 2022. The Development of Worksheet Based on Problem Based Instruction to Improve Critical Thinking Skill of Students. The International Journal of Social Sciences World. Vol. 4 No.1: 252~259

Ragilia, N. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV SD. Tesis.Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Ekawati, E. Y. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Peserta didik SMP. Jurnal pendidikan fisika, 1(2): 17-22.

Sari, I. A. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Siregar, A., Latifah, S., & Sari, M. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran CUPs: Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2): 235- 246.

Vidergor, H. E. 2018. Effectiveness of the multidimensional curriculum model in developing higher-order thinking skills in elementary ans secondary students. The curriculum journal, 29(1). 54-61.

Wicaksono, A. & Irianti, N. 2022. ‘Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Sekolah Dasar’, Jurnal Pengabdian Masyarakat (abdira), 2(1), pp. 21–26. doi: 10.31004/abdira.v2i1.59

Widyastuti, R. 2015. Proses Berpikir Peserta didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quetient Tipe Climber. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). 183-193




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Diah Irmalinda, Dwi Yulianti, Dina Maulina, Pramudiyanti Pramudiyanti

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.