Strategi Marketing Public Relation PT. Kereta Api Indonesia dalam Meningkatkan Pengguna KAIPay

Nur Fatkhur Rahman, Didik Hariyanto

Abstract


Penelitian bertujuan utuk  mengetahui bagaimana peningkatan pengguna KAIPay melalui Marketing PR yang di gunakan oleh PT. KAI. Penelitian ini di latar belakangi oleh transformasi metode pembayaran dan pemesanan tiket KA dari konvensional ke digital. Dengan diluncurkannya KAIPay dalam aplikasi KAI Acses sebagai pembayaran Non tunai sebagai alat pembayan dan miles merupakan salah satu langkah baik yang dilakukan oleh PT. KAI. Dengan sedikitnya pengguna KAIPay untuk pembayaran pembelian segala produk dari PT. KAI. Maka untuk meningkatkan jumlah konsumen jasa transportasi kreta api terutama KAIPay, salah satu upaya yang dilaksanakan oleh perusahaan yaitu dengan strategi marketing public relation. Adapun teknik penelitian yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik purposive sampling melalui observasi dan wawancara. adapun focus penelitian yang akan dilakukan peniliti ialah push strategi untuk mendorong pemasaran, pull strategy untuk menarik minat penggunan KAIPay, pass strategy untuk mempengaruhi dan menciptakan opini public yang efektif. strategi pull, push dan pass untuk menerapkan strategi marketing publik relation dalam meningkatka pengguna KAIPay pull stratetgi yang dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan promosi dengan melakukan kegiatan launching KAIPay serta pomosi melalui pengenalan gapeka baru. lalu push strategi yang dilakukan yaitu meningkatkan pengguna KAIPay melalui publikasi di media sosial serta ,melakukan kerja sama atau indutrial relation lalu terakhir yaitu pass strategi yang dilakukan yaitu dengan menciptaan sebuah opini publik melalui event, Sponshorship dan kegiatan sosial yang dilakuakn oleh PT. KAI.


Keywords


KAIPay, Strategi, Marketing Public Relation, Public Relation

Full Text:

PDF

References


Ali, D. S. (2017). Marketing Public Relation diantara penjualan dan pencitraan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Creswell, J. W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approached. Fifith, Vol. 5. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2018.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. Effective Public Relations. 9th ed. Kencana, 2009.

Harris, Thomas L. Value-added Public Relations: The Secret Weapon of Integrated Marketing. Vol. 1. NTC Business Books, 1991.

Harris, T. (1991). The Marketer's Guide to Public Relations: How Today's Top Companies are Using the New PR to Gain a Competitive Edge. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Humas Kereta Api Indonesia. “KAI Siap Bertransformasi Menuju Industri 4.0.” KAI, 2021. https://www.kai.id/information/full_news/5202-Kai-Siap-Bertransformasi-Menuju-Industri-40.

Kotler, Philip. Marketing Management. 6th ed. Pearson Prentice Hall, 1988.

Mawahib, D. M., & Hariyanto, D. (n.d.). STRATEGI PT. BLUEBRID TBK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TAKSI ONLINE MELALUI MARKETING PUBLIC RELATIONS. doi:10.36418/syntax

Nurfitriani, Asri, dan Titin Suhartini. “Strategi Marketing Public Relations Pt. Pos Indonesia.” JIKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung 5, no. 1 (4 Mei 2018). https://doi.org/10.31294/kom.v5i1.3657.

Saraswati, Audia, dan Diana Prihadini. “Analisis Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Sofyan Hotel (Studi Deskriptif Pada Sofyan Hotel Cut Meutia Menteng Jakarta Pusat).” LUGAS Jurnal Komunikasi 4, no. 2 (31 Desember 2020). https://doi.org/10.31334/lugas.v4i2.1219.

Sari, A. A. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Shalahudin, Nur Luqman, dan Didik Hariyanto. “Strategi Humas PT KAI dalam Memutus Mata Rantai Kekerasan Seksual di Atas Kereta Api.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17, no. 3 (15 Mei 2023). https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2158.

Fanianvira, W. (2022). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA ALIKASI LINK AJA. eprints UBAHARA.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Fatkhur Rahman, Didik Hariyanto

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.