Bimbingan Keagamaan pada Anak Jalanan di Panti Wilosoprojo Jetis Kota Yogyakarta

Hamid Dwiyono, Twediana Budi Hapsari

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami cara pemberian bimbingan keagamaan kepada anak jalanan yang tinggal di Panti Asuhan Wilosoprojo, Jetis, Kota Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode perbandingan dengan pendekatan fenomenologis-pedagogis. Informasi utama dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan sengaja memilih sejumlah anak jalanan yang tinggal di Panti Asuhan Wilosoprojo, Jetis, Kota Yogyakarta sebagai narasumber. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan mencakup data observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur atau penelitian kepustakaan. Temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa anak jalanan yang tinggal di Panti Asuhan Wilosoprojo, Jetis, Kota Yogyakarta, memperoleh bimbingan keagamaan berupa bimbingan membaca Al-Qur’an dengan sistem CBSA yaitu cara baca siswa aktif menggunakan iqro’. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bimbingan keagamaan yang diterapkan kepada anak jalanan di Panti Asuhan Wilosoprojo adalah melalui metode iqro' yang fokus pada pembelajaran membaca Al-Quran.


Keywords


Bimbingan Keagamaan, Panti Asuhan, Anak Jalanan, Membaca Al-Qur’an, Iqro’

Full Text:

PDF

References


Al-Halim, A.A., dan W.N. Azizah. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qo’idah Baghdadiyah Ma’a Juz ‘Amma (Turutan) di Kelas 1A MI Ma’arif NU 01 Tritihkulon Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (2018).

Amin, N. “Strategi Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Minoritas.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 6 (2022). https://doi.org/P-ISSN:

Anggranti, W. “Penerapan Metode Pembelajaran Baca-Tulis Al-Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong.” Jurnal Intelegensia 1, no. 1 (2016).

Fazil, M. Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf. Vol. 2. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2020.

Hasnah, N., dan I. Muliati. “Penerapan Metode Iqra’ dalam Pembelajaran Membaca Alquran.” An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022).

Hidayah, A.N. dan Muflihah. “Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Di Tpq Al-Istiqomah Kedungurang Kecamatan Gumelar.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, no. 1 (2021).

Joni, R., A. Rahman, dan E. Yanuarti. “Strategi Guru Agama Desa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Warga Desa.” JOEAI (Journal of Education and Instruction 3, no. 1 (2020).

Nisak, N.M. “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2018).

Nur, I.R., dan R. Aryani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” Jurnal Mahasiswa Humanis 2, no. 3 (2022).

Nurhayah, M. Muhajir. Implementasi Metode Tilawati dan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (di SD Islam Al-Azhar dan SDIT Nur El-Qolam Kabupaten Serang), 2020.

Shafa, R.G.A. “Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah.” Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf 3, no. 2 (2021).

Srijatun. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2017).

Suryanto, L. “Kolaborasi Metode Iqra dan Kartu Huruf dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2018).

Tabroni, I., D.M. Abdillah, S. Nurjanah, dan S. Fakhrunnisa. “The Role of the PAI Teacher in Implementing the Values of Inter-Religious Tolerance in Students.” Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) 2, no. 2 (2022).

Zulfitria, dan Zainal. “Peningkatan Kompetensi Membaca Al-Qur’an melalui Metode Iqro’di TK Hiama Kids-Bogor (Action Reseach Class).” Al-I’jaz: Jurnal Studi Al-Qur’an, Falsafah dan Keislaman 4, no. 1 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hamid Dwiyono, Twediana Budi Hapsari

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.