Implementasi Kurikulum Berbasis Multikultural di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

Mohammad Zaini

Abstract


Untuk mengetahui  dan menganalisis  implementasi kurikulum   berbasis multikultural di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya.  Penelitian kualitatif dengan  Melihat permasalahan dan tujuan penelitian yang hendak dicapai maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologis.  Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis Data dengan melakukan kondensasi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitiannya:  Pendekatan pengembangan kurikulum pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dengan jalan: 1) pendekatan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan multicultural di pondok pesantren Darul Hikmah dilakukan dengan jalan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar santri yaitu:  mempunyai jiwa keikhlasan, mempunyai jiwa kesederhanaan, mempunyai jiwa berdikari,   mempunyai jiwa ukhuwah islamiyah, mempunyai jiwa kebebasan, 2)   Pendekatan aditif dilakukan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dengan menyediakan buku-buku bacaan di perpustakaan, memperkenalkan tentang kehidupan kemasyarakatan melalui video, mengintgrasikan nilai-nilai multicultural dan menerapkannya dalam pembelajaran.  Hal itu dilakukan untuk  menanamkan pengetahuan yang luas kepada santri/peserta didik. Pendekatan adiktif dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga dapat memotivasi siswa untuk terus belajar untuk mengetahui banyak hal. 3) Pendekatan transformasi pengembangan kurikulum pendidikan multicultural dilakukan pada siswa dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya guru menganjurkan untuk santri membentuk kelompok diskusi, saling membantu pada kegiataan keagamaan yang berbeda dan melatih siswa untuk mampu menerika perbedaan, kegagalan dan kesuksesan. Nilai multicultural yang berkembang di Pondok Pesantren Amanatul Ummah yaitu  nilai kebersamaan; nilai toleransi dalam keragaman; nilai kerjasama; nilai kasih sayang; nilai musyawarah; nilai keadilan; nilai demokrasi; nilai menghilangkan kecurigaan (prejudice reduction); dan nilai kesetaraan. Desain pengembangan nilai-nilai multikultural di Pondok Pesantren Amanatul Ummah  dengan cara mempertahankan spiritualitas yang menjadi ciri khas pesantren  dan meneguhkan identitas santri dengan prestasi.


Keywords


implementasi kurikulum, multikultural

Full Text:

PDF

References


Abu Kholish, and Muhammad Chafidz Ali Wafa, ‘Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi Di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes)’, Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1.1 (2022), 1–12 <https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.1>

Aly, Abdullah, ‘Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta’, Jurnal VARIDIKA, 24.4 (2015), 23–33 <https://doi.org/10.23917/varidika.v24i4.700>

Am, Qurratul A’yuni, Rohimin, and Nurlalili, ‘Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3.3 (2023), 80–90

Asror, Muhamad, ‘Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren’, MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan IslamMindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2022), 42–53 <https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.26>

Atho, Saihul, and Namiatul Ma’rifah, ‘Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren Mambaul Ma’Arif Denanyar Jombang’, Jurnal Education and Development, 9.4 (2021), 503–7

Bogdan, Robert C, and Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (Boston: Allyn and Bacon, inc, 1998)

Chandra, Pasmah, ‘Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi’, Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5.2 (2020), 243 <https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497>

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research and Development (Malang: Madani Media, 2020)

Fitria, Nadya Al, and Fery Diantoro, ‘Kebijakan Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren’, Pendidikan Multikultural, 6.1 (2022), 107–18

Haryanti, Nik, Metode Penelitian Ekonomi (Bandung: Manggu, 2019)

———, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Bandung: Alfabeta, 2014)

Ma’arif, Muhammad Anas, and Arifin, ‘Penguatan NIlai Multikultural Pada Kurikulum Pesantren’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4.2 (2021), 221–34 <https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1238>

Ma’arif, Muhammad Anas, and Ibnu Rusydi, ‘Implementasi Pendidikan Holistik Di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18.1 (2020), 100–117 <http://jurnaledukasikemenag.org>

Miles, matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis (New Delhi: SAGE Publications, 2014)

Moleong, L.J., Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)

Mundiri, A., ‘Pendidikan Teknohumanistik Berbasis Core Ethical Values’, At-Tajdid, 1.1 (2012), 37–47

Pardede, Ficki Padli, ‘Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Islam Berbasis Multikultural’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11.01 (2022), 353–64 <https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2127>

Siregar, Muammar Kadafi, ‘Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3.2 (2018), 16–27 <https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263>

Soebiantoro, Membangun Budaya Islami Di Perguruan Tinggi (Probolinggo: Eureka Media Aksara, 2023)

Suheri, and Yeni Tri Nurrahmawati, ‘Model Pendidikan Multikultural Di Pondok Pesantren’, Jurnal Pedagogik, 5.1 (2018), 57–72

Yin, Robert K, Case Study Research: Design and Methods (Beverly Hills: Sage Publication., 2002)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mohammad Zaini

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.