Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri di SMA Negeri 2 Kotapinang

Siti Nurojiyah, Bambang Lestrika Budimayansah

Abstract


Pendidikan karakter merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pendidikan karakter menjadi salah satu prioritas pembangunan nasional yang diamanatkan dalam Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan untuk mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia saat ini. Karakter mandiri dalam pendidikan merupakan salah satu karakter yang penting dikembangkan karena dengan seseorang bisa mandiri tentu akan menjadikan seseorang mampu berdiri sendiri atas kemampuan yang dimilikinya dapat mengatasi masalah yang sedang dihadapinya dengan lebih baik. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan populasi siswa di SMA Negeri 2 Kotapinang. Kebijakan yang ditempuh dalam implementasi pendidikan karakter kemandirian di SMA Negeri 2 Kotapinang dilakukan dengan melalui kegiatan pembiasaan, terintegrasi dalam pembelajaran, dan dituangkan dalam aturan tertulis.Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan mampu tercipta iklim sekolah yang kondusif untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan implementasi pendidikan karakter disiplin. Pengembangan pendidikan karakter kemandirian di SMA Negeri 2 Kotapinang tidaklah tanpa kendala. Beberapa kendala yang dialami oleh pihak sekolah di antaranya meliputi: (1) kesadaran diri dari beberapa siswa dan orangtua yang masih kurang memahami tujuan program, juga (2) sekolah belum mampu untuk mengintegrasikan pendidikan karakter mandiri secara komprehensif dalam proses pembelajaran di kelas.

Full Text:

PDF

References


Arends, R.L. “Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar Buku Dua,” 2008.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2009.

Budiman, Arif. Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Chusnani, D. “Pendidikan Karakter Melalui Sains.” Jurnal Kebijakan Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, edisi 1 (2013).

Dahar, R.W. Teori-Teori Belajar dalam Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.

Djamarah, S., dan A. Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2010.

Istarani. Kurikulum Sekolah Berkarakter untuk Revolusi Pengajaran. Medan: Penerbit Media Persada, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Nurojiyah, Bambang Lestrika Budimayansah

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303