Collaborative Governance dalam Penanggulangan Prostitusi di Eks Lokalisasi Gunung Sampan Situbondo

Muhammad Khoirul Rizal M, Augustin Rina Herawati, Kismartini Kismartini

Abstract


Jurnal ini membahas collaborative governance dalam penanggulangan prostitusi di eks lokalisasi Gunung Sampan Kabupaten Situbondo. Collaborative diperlukan setelah Peraturan Daerah tentang larangan pelacuran belum optimal dalam mengatasi permasalahan prostitusi. Kebijakan yang ada tidak efektif serta kurang memberi efek jera bagi pelaku praktik prostitusi, beberapa kali dilakukan penertiban dan razia tidak membuat praktik prostitusi berkurang. Faktanya hal tersebut masih terjadi, baik dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Oleh karenanya diperlukan kolaboratif untuk dapat menanggulangi pelacuran. Adapun teori yang digunakan collaborative governance dari Ansell dan Gash dengan metode kualitatif dan studi literatur untuk memperoleh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Situbondo melakukan program bersama dengan pendekatan spiritual yang mengacu pada nilai atau aktivitas publik. Tuntutan akan kolaborasi ini merupakan jawaban dari Perda larangan pelacuran yaitu dengan humanis menggandeng PCNU pada para PSK dan mucikari yang ada di lokaliasi Gunung Sampan Situbondo sebagai upaya mengatasi masalah prostitusi yang ada di daerah berjuluk Kota Santri tersebut, dengan tujuan memberikan kebermanfaatan yang dapat diterima oleh berbagai elemen yang berada di lingkungan prostitusi dengan beberapa kolaborasi stakeholder yang merupakan tokoh agama, dinas sosial dan Satpol PP.


Keywords


Prostitusi, Situbondo, Collaborative Governance

Full Text:

PDF

References


Abdi, Y. Prostitusi Kisah 60 Daerah di Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press, 2019.

Apriliani, dan Rochaeti. “Memutus Mata Rantai Praktik Prostitusi di Indonesia Melalui Kriminalisasi Pengguna Jasa Prostitusi.” Universitas Diponegoro, 2022. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jphi/article/view/6169.

Ati, N. Implementasi Kebijakan Pencegahan Prostitusi di Kota Surabaya. Indramayu: Adab, 2020.

Erni, Qomariyah. Collaborative Governance. Malang: Selaras Media Kreasindo, 2023.

Ismanto, Imam. “Konstruksi Pembinaan dan Pemberdayaan terhadap Perempuan (Studi Kasus Fatayat NU Situbondo.” Jurnal Kopertais, 2021. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/4113.

Kurniawan, Bagus. “Evaluasi Peraturan Daerah Nomor 27 Tahun 2004 di Kabupaten Situbondo.” Universitas Abdurrachman Saleh, 2024. https://repository.unars.ac.id/id/eprint/1526/.

Latifah, S. Strategi Teknik Bimbingan Spiritual Ustadz Muhammad Baidhawi Haris terhadap Pekerja Seks Komersial (PSK) di Lokalisasi Gunung Sampan Dusun Cangkreng Desa Kotakan Kabupaten Situbondo. Jember: UIN KHAS, 2023.

Noer, Kristiyanto. “Jangkauan Hukum Nasional terhadap Prostitusi Daring (State Laws Coverage on Online Prostitution.” Jurnal Penelitian Hukum, 2019. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=998109&val=10487&title=Jangkauan%20Hukum%20Nasional%20terhadap%20Prostitusi%20Daring.

Rakhman, Zaini. “Konseling Islam melalui Teknik Ta’limah dan Muhasabah dalam Mengubah Perilaku PSK di Situbondo.” Jurnal Komunikasi, 2021. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/view/1338.

Rakhmawati, Samtya. “Hubungan Sikap dalam Tindakan Wanita Tunasusila terhadap Penggunaan Kondom untuk Pencegahan HIV/AIDS di Desa Kotakan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo.” Jurnal Midwifery, 2020. https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/JM/article/view/773.

Rizal, dan Bandiyah. “Relasi Kuasa Aktor Agama dengan Pekerja Seks Komersial di Eks Lokalisasi Gunung Sampan Situbondo.” Universitas Udayana, 2021. https://media.neliti.com/media/publications/521497-none-a3d74408.pdf.

Setyo, Abdi. Strategi Adaptasi Lokalisasi Desa Semawot, Kecamatan Sukosewu. Kabupaten Bojonegoro: Jawa Timur. Universitas Airlangga, 2020.

Sonia. “Collaborative Governance dalam Penanganan Prostitusi Online di Kota Banda Aceh.” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2022.

Warsono, Hardi. “Collaborative Governance dalam Perspektif Administrasi Publik.” Universitas Diponegoro, 2020. https://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/1143/1/collaborative%20gov%20%20(revisi)_5%207%2020-converted-.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.4045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Khoirul Rizal M, Augustin Rina Herawati, Kismartini Kismartini

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.