Hubungan antara Stres Akademik dan Efikasi Diri dengan Kecanduan Smartphone pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Kecanduan smartphone pada kelompok remaja perlu mendapat perhatian serius karena terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan stres akademik dan efikasi diri dengan kecanduan smartphone pada siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-korelasional. Sampel sebanyak 120 orang siswa SMP swasta di kota Semarang yang diperoleh secara cluster sampling. Data diperoleh menggunakan Smartphone Addiction Scale Short (SAS-SV), Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA), dan Generalized Self-Efficacy Scale (GSES). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah ada hubungan antara stres akademik dan efikasi diri dengan kecanduan smartphone pada siswa SMP (rx1x2y = 0,367 dan p<0,05; F = 9,103 dan p<0,05), ada hubungan positif antara stres akademik dengan kecanduan smartphone pada siswa SMP (r = 0,294 dan p<0,05; T = 2,586 dan p<0,05), dan ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecanduan smartphone pada siswa SMP (r = -0,292 dan p<0,05; T = -2,556 dan p<0,05). Kesimpulannya, kecanduan smartphone pada siswa SMP dapat diprediksi dengan stres akademik dan efikasi diri. Upaya untuk mencegah atau menurunkan kecanduan smartphone pada siswa SMP perlu mempertimbangkan faktor stres akademik dan efikasi diri. Siswa perlu meningkatkan manajemen waktu dalam belajar dan menetapkan target yang realistik. Manajemen sekolah dan psikolog dapat mengembangkan psikoedukasi atau program pencegahan mengenai stres akademik, efikasi diri dan kecanduan smartphone.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agbaria, Qutaiba, dan Dana Bdier. “The Role of Parental Style and Self-efficacy as Predictors of Internet Addiction among Israeli-Palestinian College Students in Israel.” Journal of Family Issues, 2021, 1–19. https://doi.org/10.1177/0192513X21995869.
Agusta, Duha. “Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone pada Siswa di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta.” e-Journal Bimbingan dan Konseling 5, no. 3 (2016): 86–96.
Alfaini, Nurussanatil, dan Nurussakinah Daulay. “The Effect of Self-Efficacy and Well-Being on Smartphone Addiction.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 5 (2022): 6522–29. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3745.
Amalya, Fadila Putri, Rodman Tarigan, dan Kuswinarti Kuswinarti. “Hubungan Adiksi Smartphone dengan Perilaku Mental dan Emosional pada Remaja di Wilayah Kecamatan Bandung Wetan.” Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika 2, no. 2 (2019): 9–17.
Anggreani, Nita. “Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning dengan Kecanduan Jejaring Sosial.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6, no. 2 (2018): 158–64. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4553.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian Psikologi. Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Az’zahrah, Siti Haniifah, dan Herdi. “Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama.” INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling 11, no. 2 (2022): 184–96.
Gökçearslan, Şahin, Filiz Kuşkaya Mumcu, Tülin Haşlaman, dan Yasemin Demiraslan Çevik. “Modelling smartphone addiction: The role of smartphone usage, self-regulation, general self-efficacy and cyberloafing in university students.” Computers in Human Behavior 63 (2016): 639–49. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.091.
Hughes, Nicola, dan Jolanta Burke. “Sleeping with the frenemy: How restricting ‘bedroom use’ of smartphones impacts happiness and wellbeing.” Computers in Human Behavior 85 (2018): 236–44. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.03.047.
Karuniawan, Abram, dan Ika Yuniar Cahyanti. “Hubungan antara Academic Stress dengan Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pengguna Smartphone.” Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental 2, no. 1 (2013): 16–21. https://doi.org/10.20961/performa.17.2.28802.
Kim, Hye Jin, Jin Young Min, Kyoung Bok Min, Tae Jin Lee, dan Seunghyun Yoo. “Relationship among family environment, self-control , friendship quality , and adolescents’ smartphone addiction in South Korea: Findings from nationwide data.” PLoS ONE 13, no. 2 (2018): 1–13.
Kwon, Min, Dai Jin Kim, Hyun Cho, dan Soo Yang. “The Smartphone Addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents.” PLoS ONE 8, no. 12 (2013): 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0083558.
Sahara, Ana, dan Muslikah Muslikah. “Tingkat Stres Akademik Peserta Didik SMP Di Masa Pandemi Selama Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 8, no. 2 (2022): 103–8. https://doi.org/10.15548/atj.v8i2.3380.
Sevinka, Athaya Yola, Nyoman Dantes, dan Dewi Arum Widhayanti Metra Putri. “Pengembangan Instrumen Skala General Self-Efficacy pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 1 (2023): 410–15. https://doi.org/10.29210/1202323097.
Sriati, Aat, Mamat Lukman, dan Habsyah Saparidah Agustina. “Relation of Academic Stress Levels and Internet Addiction in Adolescents: A Cross-Sectional Study.” Malaysian Journal of Medicine and Health Sciences 18 (2022): 110–14.
Wang, Jin Liang, Hai Zhen Wang, James Gaskin, dan Li Hui Wang. “The role of stress and motivation in problematic smartphone use among college students.” Computers in Human Behavior 53 (2015): 181–88. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.005.
Wang, Wenbo, Anam Mehmood, Ping Li, Zhaonan Yang, Jinbao Niu, Haiyun Chu, Zhengxue Qiao, dkk. “Perceived Stress and Smartphone Addiction in Medical College Students: The Mediating Role of Negative Emotions and the Moderating Role of Psychological Capital.” Frontiers in Psychology 12 (2021): 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.660234.
Wijoyo, Eriyono Budi, Rafiqah Fadhilah, dan Annisaa Fitrah Umara. “Smartphones addiction and mental-emotional disorders among adolescents: A cross sectional study.” Indonesian Journal of Nursing Practices (INJP) 7, no. 1 (2023): 50–56. https://doi.org/10.18196/ijnp.v7i1.17564.
World Health Organization (WHO). “Public Health Implications of Excessive Use of the Internet, Computers, Smartphones and Similiar Electronic Devices Meeting Report.” Tokyo, Japan, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Devi Indri Pratiwi, Lucia Hernawati
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License