NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DARI ORNAMEN ARSITEKTUR MASJID ASSU’ADA WARINGIN

husin husin, Nor Anisa

Abstract


Masjid Assu’ada lebih dikenal dengan sebutan “Masjid Lancip” merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, tepatnya di Desa Waringin, Kecamatan Haur Gading yang selama ini tidak banyak diketahui masyarakat Kalimantan Selatan lantaran lokasinya yang agak terpencil. Masjid Assu’ada telah masuk cagar budaya, namun belum banyak yang mengetahui sejarah masjid dan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada ornamen arsitektur masjid tersebut. Perkembangan zaman yang berubah telah mengiringi perkembangan Masjid Assu’ada dan mengalami beberapa kali renovasi, namun bentuk dan tiang masih tetap dipertahankan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada ornamen arsitektur Masjid Assu’ada dan bagaimana isi pesan tersirat pada bangunan masjid tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebagian pengelola masjid dan sesepuh yang dianggap lebih mengetahui tentang masjid Assu’ada. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang ingin disampaikan ialah, nilai ketauhidan atau akidah, nilai ibadah atau syariat, dan nilai muamalah atau akhlak. Nilai-nilai tersebut disisipkan melalui ornamen arsitektur dan bagian-bagian yang terdapat pada masjid Assu’ada.

Keywords


Nilai-Nilai, Pendidikan Islam, Ornamen Arsitektur, Masjid Assu’ada

Full Text:

PDF

References


Alfirah, Nunung Dewi, Fadhilah Aliyyah Rasyid, dan Wasilah. “Seni Hias Bangunan Bersejarah Masjid Lompoe Urwatul Wudska Maros.” TIMPALAJA Jurnal Dosen dan Mahasiswa Arsitektur Volume 1, Nomor 2 (2019): 122–31.

Alnashr, M. Sofyan. “Ornamen Masjid Jami Kajen serta Kontribusinya dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah.” Elementary Vol. 6 No. 1 (Juni 2020).

Aminudin, Mohamad. Tesis “Pendidikan Islam Berbasis Masjid Baitul Arqam Studi Kasus di Komplek Perumahan Griya Satria Indah Ii Sumampir.” Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2020.

Aryadi, Mirda, Asril S, dan Febri Yulika. “Ornamen Masjid Asasi Sigando Kota Padangpanjang.” Gorga : Jurnal Seni Rupa Vol. 09 No. 01 (Juni 2020).

Atika. Skripsi “Makna Simbolik Arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa Sebagai Media Dakwah pada Masyarakat Cirebon.” Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2020.

Bidang Permuseuman dan Kepurbakalaan. Laporan Pendokumentasian Masjid Assu’ada Desa Waringin Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kalimantan Selatan: Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Selatan, 1987.

Damayanti, Risca. Masjid Jam‟i Muhammad Cheng Hoo Purbalingga, Refleksi Alkulturasi Budaya pada masyarakat Purbalingga. Semarang: Universitas Semarang, 2016.

Dewaji, Uma. Skripsi “Kajian Ragam, Bentuk Estetik, dan Makna Simbolik Ornamen pada Masjid Gedhe Kauman Keraton Yogyakarta.” Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019.

Filusuf, Muhammad Mufti. Skripsi “Sejarah dan Makna Arsitektur Masjid Jam’i Piti Muhammad Cheng Hoo Selaganggeng Mrebet Purbalingga ( 2005-2011 ).” Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2020.

Gustami. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia, 2008.

Khairuman, dan Khairul Amri. Pembersihan & Pembesaran Gurami Secara Intensif. Jakarta: Agro Media Pusaka, 2005.

Mahusfah, Ilmanda Tegar Irianta, Muhammad Ainun Najib, dan Sutriani. “Identifikasi Wujud Akulturasi Budaya Terhadap Arsitektur Masjid Al-Hilal Tua Katangka.” TIMPALAJA Jurnal Dosen dan Mahasiswa Arsitektur Vol. 1, No. 1 (2019).

Peeni, Mukhlis. Sejarah Kebudayaan Indonesia : Arsitektur. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

“Pengetian Atap dan Jenis-Jenisnya,” 8 Desember 2018. gedungarsitektur.

“Pertanyaan - Wikipedia Bahasa Indonesia.” Diakses 21 Oktober 2020. id.m.wikipedia.

Pinem, Masmedia. “Sejarah Masjid Al-Falah Kiai Modjo Tondano-Sulawesi Utara.” Tsaqofah : Jurnal Agama dan Budaya Vol. 13, No. 1 (Juni 2015).

Putra, Eko Roy Ardian. Skripsi “Makna Simbolis pada Ragam Hias Masjid Mantingan di Jepara.” Surakarta: Institut Seni Indonesia, 2018.

Riady, Ahmad Sugeng. “Masjid dan Ragam Atapnya,” 5 Oktober 2018. alif.id.

Sholikhin, Rahmad. Skripsi “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Gaya Arsitektur Masjid Pathok Negoro Sulthoni dan Eksistensinya Pada Remaja Sekitar di Plosokuning Yogyakarta.” Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2018.

Sundari, Sri, dan Yulimarni. “Estetik Ornamen Masjid di Kota Padang.” Jurnal Seni Desain Dan Budaya Vol. 5, No. 2 (2020).

Supatmo, dan Syafii. “Nilai Multukultural Ornamen Tradisional Masjid-Masjid Warisan Para Wali di Pesisir Utara Jawa.” Jurnal Imajinasi Vol. XIII No. 2 (Juli 2019).

Supriyadi, Bambang. “Kajian Ornamen pada Mesjid Bersejarah Kawasan Pantura Jawa Tengah.” ENCLOSURE : Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Permukiman Vol. 7 No. 2 (2018).

Syaifuddin, Achmad. Skripsi “Makna Simbol dalam Arsitektur Masjid Jamik Sumenep Madura Jawa Timur.” Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2020.

Umairoh, Siti, dan Widyastuti Nurjayanti. “Kajian Seni Islam pada Masjid Hj. Sudalmiyah Rais Universitas Muhammadiyah Surakarta.” SINETIKA Jurnal Arsitektur Vol. 15 No. 2 (Juli 2018).

Vina, Amelia. Hunian Tampil Memukau dengan Atap dan Kanopi. Yogyakarta: Noktah, 2019.

Wajidi. “Ragam Arsitektur Masjid Tradisional Banjar Kalimantan Selatan dan Makna Simbolisnya.” Jurnal Kebijakan Pembangunan Vol. 12, No. 2 (Desember 2017): 149–61.

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam, Dirasah Islamiyah II. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Zamzamniah, A. Nur, Andi Rifqah, dan Zulkarnain A. “Filosofi Penerapan Arsitektur Islam pada Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa.” TIMPALAJA Jurnal Dosen dan Mahasiswa Arsitektur Volume 1, Nomor 1 (2019): 70–81.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i1.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.