PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN AKHLAK

Ahmad Rifai

Abstract


Ada nilai-nilai karakter yang menjadi prioritas utama. Diantaranya adalah jujur, toleransi, demokrasi, suka menolong, cinta kedamaian. Karena kondisi Negara Indonesia saat ini dengan rusaknya moral dan semakin parah. Maka nilai-nilai itu yang dianggap sangat dibutuhkan. Dan kesemuanya itu adalah nilai-nilai kemanusiaan (Humanis) yang lebih mengutamakan perlakuan baik terhadap sesama manusia. Karena tujuan dari pendidikan karakter adalah menjadi manusia yang baik. Perlu kita cermati bersama, bahwa nilai-nilai tersebut terlihat sangat baik dan sesuai dengan kemanusiaan. Tapi masih belum sepenuhnya bisa diterima oleh Islam dan masih harus dipertanyakan lebih mendalam. Seperti “Jujur”, dalam Islam tak selamanya kita harus jujur kepada siapa saja. Ada porsi dan posisi serta kondisi yang harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, ketika perang dan tertangkap menjadi tawanan. Maka ia sebagai seorang muslim tidak boleh jujur mengatakan dimana letak kelemahan kaum muslim walaupun harus mempertaruhkan nyawanya demi agamanya. Dan pada saat itu ia termasuk muslim yang berakhlak mulia. pada umumnya karakter adalah sesuatu yang baik. Karakter jujur, toleran, kerja keras, dan sebagainya, memang sesuatu yang didambakan manusia. Namun tanpa disertai akhlak, karakter itu akan dapat melampaui batas-batas ajaran agama. Sebagai contoh, karakter toleran. Toleransi saja tidak cukup. Toleran terhadap apa? Seorang muslim tidak boleh bersikap toleran terhadap kemusyrikan atau kemunkaran. Sebab, setiap muslim berkewajiban menjalankan amar ma’ruf nahi munkar


Keywords


Pendidikan, karakter, akhlak

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’anul Karim

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Risalah untuk kaum Muslimin. Malaysia: ISTAC, 2001

Al-Faruqi, Isma’il Raji. Tauhid. Bandung: Penerbit Pustaka, 1988

Al-Ghazali. Ihya Ulumuddin. Qairo, Mesir: Daar al-Taqwa, 2000

Al-Raji, Fakhruddin. Kitab al-Nafs wa al-Ruh. Pakistan: Islamic Research Institute, 1388 M/1968 H

Asy’ari, Hasyim.Adabul Alim wal-Muta’allim. Jombang: Maktabah Turats Islamiy, 1415 H

Badaruddin, Kemas. Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Husaini, Adian. Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab. Depok: Kemunitas NuuN, 2011

Kesuma, Dharma (dkk). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Kementerian Pendidikan Nasional. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: BALITBANG Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011

Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1992

Luthfiah, Zeni (dkk). Pendidikan Agama Islam: Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam. Surakarta: Yuma Pustaka, 2011

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Miskawaih, Ibnu. Tahdzib al-Akhlak. Beirut: Dar el Kutb al-Taymiyyah, 1405H/1985M

Sudewo, Erie. Best Practice Charater Building Menuju Indonesia Lebih Baik. Jakarta: PT Gramedia, 2011

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014.

Tufiq, Ahmad. Pendidikan Agama Islam: Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam. Surakarta: Yuma Pustaka, 2011

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012

www.pendidikankarakter.org

Zarkasyi, Hamid Fahmy. Akhlak. Republika-Islami




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.