PENDIDIKAN ISLAM DAN DISABILITAS: TELAAH PEMIKIRAN ABDULLAH NASKIH ULWAN
Abstract
pendidikan, menjadi seorang anak dengan disabilitas tidak mengugurkan
kewajibannya untuk mendapatkan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam.
Namun tidak banyak para tokoh pendidikan dalam dunia Islam yang memberikan
perhatian terhadap pendidikan bagi anak dengan penyandang disabilitas. Abdullah
Nashih Ulwan merupakan pemikir pendidikan Islam kontemporer yang memberikan
perhatian terhadap pendidikan agama Islam bagi anak dengan penyandang
disabilitas dalam kitabnya Tarbiyah Al-Aulād Fī Al-Islām. Penelitian ini
merupakan kajian pustaka dengan mengunakan metode deskriptif analitik. Hasil
kajian pusataka menunjukkan bahwa Abdullah Nashih Ulwan memiliki konsepsi
dan strategi tentang bagaimana pendidikan Islam bagi anak dengan penyandang
disabilitas,yaitu: Pertama, pemberian perhatian, kasih sayang, motivasi dan
dukungan terhadap mereka. Kedua, menghilangkan stigma negatif stereotip terhadap
mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Naskih Ulwan, (1412) Tarbiyatul Aulad fil Islam, Cet. Ke 12. Beirut: Dar As
-Salam.
Asnawan. (2020) Relevansi Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif
Abdullah Nashih ‘Ulwan Dalam Pendidikan Islam." Tarbiya Islamica 1.2.
Atabik, Ahmad, and Ahmad Burhanuddin.(2015). Konsep nasih ulwan tentang
pendidikan anak." Elementary 3.2
Atmaja, Jati Rinakri. (2018) Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan
Khusus,Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Darisman, Dede. (2016) Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan."
Online Thesis 9.2
Elias Avramidis dan Brhm Norwich. (2002) Teacher Attitudes Toward
Integration/Inclusion: A Review Of The Literatur. “European Journal Of Special
Nedds Educations “17.2
Evi Susanti, (2019) Abdullah Nashih Ulwan dan Konsepsi Pendidikan Islam, Tesis tidak
diterbitkan pada UIN Raden Intan Lampung.
Imam, Urip Bayanilah. (2017) Konsep Fitrah Dalam Perspektif Pendidikan Islam
(Analisis Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan)." Oasis:
Jurnal Ilmiah Kajian Islam 1.01
Ineu Herawati, Nenden (2016) Pendidikan Inklusif, “Edu Humaniora: Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus Cibiru,” 2.1
Jamin, Ibnu. (2008) Metode Pendidikan Seks Bagi Anak Menurut Abdullah Nashih
Ulwan.
Mohammad Takdir Ilahi dan K.R. Rose, (2013) Pendidikan Inklusif: Konsep dan
Aplikasi Yogyakarta: Ar-Ruz Media,
Rahayu, Sri Muji. (2013) Memenuhi Hak Anak Berkebutuhan Khusus Anak Usia Dini
Melalui Pendidikan Inklusif. “Jurnal Pendidikan”2.2
Rahim, Abdul. (2016). Pendidikan Inklusif Sebagai Strategu Dalam Mewujudkan
Pendidikan untuk Semua, “Jurnal Trihayu”3.1
Saleh, Syarbaini, (2018) Metode Pendidikan Anak Dalam Islam Menurut Abdullah
Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Awlad Fil Islam." Tazkiya 7.2
Setiawan, Agus, and Eko Kurniawanto.(2016). Metode Pendidikan Islam Masa Kini
dalam Keluarga Perspektif Abdullah Nashih Ulwan." EDUCASIA: Jurnal
Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran.
Steven Elliott, (2008) The Effecr Of Teachers Attitudes Toward Inclusion On The
Practice and Succes Levels Of Children With and Without Disabilities In Physical
Education.” Internasional Jouranl Of Special Education 23.3
Suheili, Ahmad. (2017) Metode pendidikan karakter dalam keluarga menurut Abdullah Nashih
Ulwan dalam Kitab Tarbiyah Al Aula ̅d Fi Al-Islam. Diss. IAIN Padangsidimpuan
Sutrisno, Adi. (2017) Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Abdullah
Nashih Ulwan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di
Kelurahan Majapahit Kota Lubuklinggau." Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan
Islam 2.2
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i1.573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.