Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Efektif Melalui Media Pembelajaran V-Resbu Bahasa Indonesia

Nyamat Nyamat

Abstract


Latar belakang  penelitian ini adalah siswa belum aktif serta rendahnya hasil belajar siswa membaca efektif dalam memberi komentar pada buku fiksi maupun nonfiksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan meberikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi  dengan membuat  media pembelajaran V-Resbu pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022. Hipotesis tindakan menyatakan melalui media pembelajaran V-Resbu siswa lebih aktif serta nilai kemampuan menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi pada siwa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siwa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati yang berjumlah 22 siswa. Waktu yang dibutuhkan mulai merencanakan sampai menyusun laporan adalah selama dua bulan, yaitu mulai bulan Januari sampai dengan bulan Februari tahun 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan non tes. Untuk data kuantitatif yaitu tentang hasil belajar dianalisis dengan menggunakan Analisis Deskriptif Komparatif yaitu membandingkan hasil belajar kondisi awal dengan siklus I, kemudian siklus I dengan siklus II, dan siklus I dengan kondisi akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran V-Resbu nerapkan metode demostrasi dan latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pembelajaran bahasa Indonesia tentang memberi komentar pada buku fiksi maupun nonfiksi bagi siswa kelas VII J SMP Negeri 3 Pati pada tahun pelajaran 2021/2022.


Keywords


V-Resbu, media pembelajaran, membaca efektif

Full Text:

PDF

References


Heriadi, Meddyan. 2020. Kemampuan Membaca Efektif Siswa Kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu. Disastra Jurnal Studi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Volume 2, Nomor 2, 20 Juli 2020, ISSN: 2655-3031 (P), 2655-7851 (O), diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 18.43 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog_video, Selasa, 6 Februari 2020 pkl. 14.30

Mahsun, Moch. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Jurnal Bidayatuna Vol. 2 No. 1 April 2019, p-ISSN:2621-2153, e-ISSN: 0000-000, Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 17.13 WIB.

Nur, Maulidia Rachmawati. 2020. Pemanfaatan Sumber-Sumber Internet dalam Kegiatan Membaca Ekstensif di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Ibn Khaldun, Vol.14, No. 2, November 2020, hlm. 044-054 DOI: 10.32832/jpls.v14i2.3580

Prastowo, A. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Luar Jaringan (Luring) KBBI Offline 1.5 Jakarta: Pusat Bahasa

Rejeki, Supadmi. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenagkan). Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar, SHEs: Conference Series 3 (3) (2020) 2232-2237, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 20.16 WIB.

Saadati, Baiq Arnika. 2019. Analisis Pengembangan Budaya Literasi dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar Muhamad Sadli. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia, Volume 6, Nomor 2, Desember 2019, p-ISSN: 2355-1925, e-ISSN: 2580-8915, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 20.04 WIB.

Safaruddin, Nurhastuti, Fatmawati, dan Silitonga, Elisa Cristian. 2018. Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pemahaman untuk Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 2 Nomor 2 Tahun 2018, ISSN: Print 2598-5183 – online 2598-2508, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 18.05 WIB.

Sari, Tanti Kurnia. 2020. Membaca Efektif. Medan: Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Medan,

https://alat.neliti.com/alat/publications/78809- ID-membaca-efektif.pdf.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif“ Dasar-Dasar dan Terapannya dalam Penelitian”. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Warsihna, Jaka. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan Jurnal Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, No. 2, Edisi Desember 2016, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 20.29 WIB.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia – PT Remaja Rosdakarya Karya.

Yumnah, Siti. 2017. Membudayakan Membaca dengan Metode Read Aloud. Pancawahana Jurnal Studi Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Pancawahan Bangil, Indonesia, Vol. 12, No. 1 April 2017, ISSN: 2579-7131, diakses Rabu 12 Januari 2022 pukul 18.43 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.