Analisis Kolaborasi Service Quality dan Kepercayaan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di SEAMOLEC
Abstract
Magang di SEAMOLEC memberikan peluang bagi mahasiswa untuk secara langsung terlibat dalam praktik pengelolaan pendidikan terbuka dan jarak jauh, khususnya melalui Divisi Community and Partnership. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mitra merasa puas terhadap layanan serta bentuk kolaborasi yang dijalin oleh SEAMOLEC. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar mitra mengapresiasi profesionalisme tim SEAMOLEC serta kemampuan mereka dalam menyesuaikan program dengan kebutuhan lokal. Mitra juga merasa terbantu dengan adanya pendampingan dan komunikasi awal yang baik dalam menjalin kerja sama. Namun demikian, masih terdapat keluhan terkait komunikasi yang dianggap kurang dua arah dan minimnya evaluasi berkelanjutan, sehingga membatasi partisipasi mitra dalam proses perencanaan. Penelitian ini menyoroti pentingnya membina kepercayaan dan menjaga mutu layanan demi keberlanjutan kerja sama. Oleh karena itu, SEAMOLEC disarankan untuk memperkuat komunikasi, meningkatkan keterbukaan informasi, serta melakukan evaluasi berkala guna memperkuat kolaborasi pendidikan berbasis teknologi di kawasan Asia Tenggara secara berkelanjutan dan strategis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Fajrin Rizki. ‘Urgensi Kolaborasi Stakeholder Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Publik’. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP) 5, no. 1 (2024). https://doi.org/10.30596/jisp.v5i1.14736.
Grehenson, Gusti. ‘SV UGM dan SEAMOLEC Buka Peluang Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh Berbasis AI’. Universitas Gadjah Mada, 19 September 2024. https://ugm.ac.id/id/berita/sv-ugm-dan-seamolec-buka-peluang-pembelajaran-terbuka-jarak-jauh-berbasis-ai/.
Hwang, Kyung Yun, Eul Hyun Sung, and Temitayo Shenkoya. ‘The Mediating and Combined Effects of Trust and Satisfaction in the Relationship between Collaboration and the Performance of Innovation in Industry—Public Research Institute Partnerships’. Sustainability 14, no. 4 (2022). https://doi.org/10.3390/su14042128.
Kristantyo, Andreas Widyo. ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Laboratorium Nutrisi Loka Penelitian Sapi Potong Di Pasuruan)’. Bulletin of Management and Business 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31328/bmb.v2i1.133.
Nguyen, Thang Quyet, and Hoa Thi Thu Nguyen. ‘Factors Affecting Industry and University Collaboration in Education in the Hospitality Industry in Vietnam: A Business Perspective’. The Journal of Asian Finance, Economics and Business 7, no. 2 (2020). https://doi.org/10.13106/jafeb.2020.vol7.no2.291.
Parasuraman, A Parsu, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. ‘SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality’. Journal of Retailing (Netherlands) 64, no. 1 (1988).
Purba, Pratiwi Bernadetta, Ika Ika, Janner Simarmata, et al. Pendidikan Di Era Digital: Tantangan Bagi Generasi. Yayasan Kita Menulis, 2025. https://scholar.google.com/scholar?cluster=4126619630832702959&hl=en&oi=scholarr.
Qiao, Guanming, Yannan Li, and Ahreum Hong. ‘The Strategic Role of Digital Transformation: Leveraging Digital Leadership to Enhance Employee Performance and Organizational Commitment in the Digital Era’. Systems 12, no. 11 (2024). https://doi.org/10.3390/systems12110457.
Ramanda, Salsabila Putri. ‘Implementasi Seameo Regional Open Learning Center (Seamolec) Dalam Pengembangan Sdm Berbasis Tik Di Lingkungan Bkkbn Provinsi Banten 2020-2023’. Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2024.
Rane, Nitin Liladhar, Anand Achari, and Saurabh P. Choudhary. ‘Enhancing Customer Loyalty Through Quality of Service: Effective Strategies to Improve Customer Satisfaction, Experience, Relationship, and Engagement’. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science 5, no. 5 (2023). https://scholar.google.com/scholar?cluster=4195781972807137543&hl=en&oi=scholarr.
Rokhmah, Noor Ariyani, and Anggorowati Anggorowati. ‘Komunikasi Efektif Dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan’. JHeS (Journal of Health Studies) 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.31101/jhes.186.
Sumiati, Wina. ‘Upaya Southeast ASIAN Ministrers of Education (SEAMEO) Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Poin 4.2 Periode 2017-2018’. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.
Susanti, Eti, Abdul Choliq Hidayat, and Ifada Rahmayanti. ‘Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Dinas Sosial’. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 16, no. 2 (2021). https://doi.org/10.32534/jv.v16i2.2412.
Syauta, Senny, and Clara Noija. ‘Analisa Faktor–Faktor Kepuasan Layanan Mitra Kerjasama Pada Universitas Pattimura’. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis 8, no. 2 (2025). https://doi.org/10.30598/manis.8.2.126-134.
Wirtz, Jochen, and Christopher Lovelock. Services Marketing: People, Technology, Strategy, 9th Edition. World Scientific, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/ak.v5i2.5390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhamad Farhan Abdillah, Septian Sony Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License