Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas Rendah

Vivi Puspita Sari, Tuti Marlina, Lini Marlina

Abstract


Sekolah dasar merupakan suatu pondasi yang kuat untuk anak kedepannya demi Pendidikan yang tinggi. Tidak sedikit peserta didik yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita apalagi pada kelas rendah hal ini tidak luput dari kemampuan peserta didik dalam membaca, kurangnya pemahaman dalam mengerjakan soal cerita dan yang paling penting minat mereka yang rendah dalam soal cerita. Kemampuan peserta didik dalam berpikir berbeda-beda apalagi untuk memahami soal, soal cerita merupakan bentuk evaluasi kemampuan peserta didik dalam berpikir. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan tentang kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada kelas rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan angket, berdasarkan hasil yang dipeoleh dari penelitian ini siswa kelas rendah khusus nya yang berada dikelas 2 mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang ada dari sulitnya memahami operasi perkalian, pengurangan dan penjumlahan dalam soal cerita tersebut.


Keywords


kesulitan belajar, soal cerita, kelas rendah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Anturichana, A. Fatmawati, C. Aziz, A. Taufik. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas V MI Assyafi’ Kebonagon. Journal of Islamic Education at Elementary School 2(2) 63-69

Dwidarti, U. Mampouw, L.H. Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika 3(2): 315-320

Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan 32(2): 95-105

Gunarsa, D. Sanggah (2017). Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Kaprinaputri, P.A. (2013). Kemampuan Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI 8(1): 10-15

Lily, F.I. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal EduMa 3(1): 52-61

Mahasiswa, Tadris Matematika DPPM. (2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Pekalongan, jawa tengah: Nasya Expanding Management (NEM)

Nisya, Khairun. (2019) PTK Jadikan Guru Profesianal. Medan: Geupedia

Putri, L.S. Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran dasar 6(2): 65-74

Simarta, Y. Wedyawati, N. Hutagaol, A. (2020). Analisis Literasi Matematika pada Penyelesaian Soal Cerita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pimat 2(1):100-105

Sirait, D. Erlando. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal fotmatif 6(1): 35-43

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: kencana

Utami, W.R Endaryono, T.B Djihartono, T. (2018). Kemampuan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan 5(3): 187-192

Yeni, M.E. Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika Disekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dasar (JUPENDAS) 2(2) 1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.