Pemanfaatan E-TTI Sebagai Media Meningkatkan Keteladanan Akhlak Dari Kisah Dakwah Nabi Yusuf AS Bagi Siswa Kelas 3

Rian Syahvierul, Yuliyana Yuliyana, Tasya Rubaiatul Adawiyah, Ani Nur Aeni

Abstract


Pendidikan merupakan suatu cara dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan, misalnya dengan menanamkan akhlak pada manusia (Suryadarma & Haq, 2015). Penanaman  akhlak pada anak perlu dipupuk sedari dini, karena akhlak merupakan hal yang sangat penting melebihi dari hal apapun. Banyak sekali anak-anak, khususnya siswa pada tingkat sekolah dasar yang memiliki akhlak yang kurang baik.  Untuk meningkatkan akhlak tersebut dapat dengan cara mempelajari  keteladanan akhlak dari kisah Nabi Yusuf. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Dengan menggunakan Teknik Angket pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab, dan Metode wawancara untuk mengumpulkan data lisan guna mendapatkan data yang spontan sebagai data primer. Produk media E-TTI (Elektronik Teka-teki Islamic) ini yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk menanamkan akhlak mulia pada siswa sekolah dasar, khususnya siswa sekolah dasar kelas 3. Secara keseluruhan, elektronik teka-teki islamic ini memiliki tingkat pencapaian sebesar 82,5% sehingga termasuk kategori baik untuk digunakan di sekolah dasar.Diharapkan para guru sebagai tenaga pendidik dapat menggunakannya untuk menanamkan akhlak mulia di sekolah. Selain berfungsi sebagai alat untuk menanamkan akhlak mulia, diharapkan juga produk ini dapat menambah ketertarikan siswa sekolah dasar dalam kegiatan belajar dikarenakan dengan menggunakan media elektronik.


Keywords


Akhlak, Keteladanan Kisah Nabi Yusuf, E-TTI

Full Text:

PDF

References


Arifin, M.Z. “Pendidikan Moral Dalam Kisah Yusuf AS.” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 15, no. 1 (2016).

Assingkily, M.S, and M Rangkuti. “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19).” TAZKIYA 9, no. 2 (2020).

Budiman, Ilham. “5 Contoh Metode Penelitian Karya Ilmiah Kualitatif, Kuantitatif, Dan Lainnya.,” 2022. https://www.99.co/blog/indonesia/contoh-metode-penelitian/.

Fahmi, M. “Potret Pendidikan Nabi Ya’qub AS Kepada Nabi Yusuf AS.” Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam 7, no. 2 (2016).

Hafizzullah, H, and D Amril. “Figur Nabi Yusuf AS Bagi Kaum Milenial Dalam Menghadapi Era 4.0.” Jurnal Ulunnuha 9, no. 1 (2020).

Manan, S. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 15, no. 1 (2017): 49–56.

Mu’inudinillah, Muhammad B. “Sabar Membawa Hikmah (Keteladanan Nabi Yusuf As),” 2010.

Supriyati, N. “Metode Penelitian Gabungan (Mixed Methods).” Widyaiswara BDK, 2015.

Tegeh, I.M, I.N Jampel, and K Pudjawan. “Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE.” Seminar Nasional Riset Inovatif IV 208 (2015).

Zulhelmi, A. “Bahasa Al-Qur’an Di Dalam Surat Yusuf Mengatasi Kemerosotan Akhlak Pemuda Di Zaman Modern : Studi Analisis Menggunakan Metode Kisah Teladan Nabi Yusuf.” PROCEEDINGS ICIS 2021 1, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.