Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying

Adiyono Adiyono, Irvan Irvan, Rusanti Rusanti

Abstract


Bullying merupakan perilaku sosial yang seringkali terjadi di sekolah. Bullying juga bisa melibatkan siswa sebagai seorang pelaku dan korban. Perilaku bullying juga memberikan beberapa dampak negatif, baik untuk korban maupun untuk pelaku sendiri. Jika tindak bullying ini terjadi di SD/MI, maka peran seorang guru sangat dibutuhkan supaya guru mampu untuk mengenali, mengidentifikasi, dan menanganinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode studi kasus (case study). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa peran guru terhadap bullying pada siswa yaitu sebagai orang yang membimbing atau yang memberi nasehat dan  arahan serta membina siswa sehingga dapat mengatasi kasus atau masalah yang terjadi mengenai bullying supaya dapat meminimalisir bullying yang terjadi disekoloh. Guru juga harus mampu membentuk kepribadian siswa dan membangun hubungan positif dengan siswa, dan guru perlu mewaspadai tindakan kekerasan yang dilakukan siswanya. Untuk itu guru sangat berperan penting dalam mengatasi tindak bullying kepada peserta didik, agar perilaku bullying tidak berlanjut sampai ke usia remaja nanti.


Keywords


Bullying, Peran guru, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andini Dwi Arumsari, S.Psi, M.Psi, Dedi Setyawan, S.Pd.I. “Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD.” Media of Teaching Oriented and Children Vol 2 No 1 Juni 2018, h. 37.

Arum Setiowati, Siti Irene Astuti Dwiningrum. “Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Perilaku Bullying.” Elementary School Vol 07, No.02 Juli 2020, h. 191.

E. Mulyasa. Menjadi Guru Yang Profesional,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, t.t.

Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Jurnal Penelitian & PPM Vol.4 No. 2 Juli 2017, h. 325-326.

Fadlin, Sakman dan Dotrimensie. “Peran Sekolah Dalam Mencegah Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Pgri Palangka Raya.” Jurnal Paris Langkis Vol.2 No. 1 (Agustus 2021): h. 39.

Hengki Yandri. “Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah.” Jurnal Pelangi Vol. 7 No.1 Desember 2014, h. 98.

Irnie Victorynie. “Mengatasi Bullying Siswa Sekolah Dasar Dengan Menerapkan Manajemen Kelas Yang Efektif.” PEDAGOGIK Vol. 5, No. 1 (Februari 2017): h. 39.

Ponny Retno Astuti,. Meredam Bullying : 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. Jakarta: PT Grasindo, 2008.

rischa pramudia trisnani, silvia yula wardani. “perilaku bullying disekolah” Vol.1, No 1 2016

Risha Desiana Suhendar. “Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Siswa Di Smk Triguna Utama Ciputat Tangerang Selatan.” Jurnal Ilmu Kesehatan Sosial Vol. 8, No. 2 Desember 2019, h. 181-182.

Rohani Gultom, Tamsil Muis. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021.” Helper, Vol. 38 No. 02 2021, h. 80.

Thohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. Bullying “ Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan". Jakarta: PT Grasindo, 2008.

Widya Ayu Sapitri, S.Psi, MH. Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia, 2020.

Wiyani, Novan Ardy. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Xenia Angelica Wijayanto, Lamria Raya Fitriyani, Lestari Nurhajati. Mencegah dan Mengatasi Bullying di Dunia Digital. Jakarta: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat London School of Public Relations, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.