Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif)

Muhammad Nur, Yasriuddin Yasriuddin, Nor Azijah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang perilaku bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying di sekolah dan upaya pencegahan perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode literature. Hasil penelitian menyebutkan bahwa ada tiga jenis perilaku bullying di sekolah yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying psikologis. Bullying fisik adalah bullying yang dapat dilihat, contoh bullying fisik yaitu memukul, mencubit, mendorong, menginjak kaki dan melempar dengan barang. Bullying verbal adalah bullying yang dapat didengar, contoh bullying verbal yaitu mengancam, memberikan julukan, mengejek, menyebarkan gosip dan menyoraki. Bullying psikologis adalah bullying yang tidak bisa dilihat dan didengar (berhubungan dengan mental), contoh bullying psikologis yaitu memandang sinis, mendiamkan, memelototi dan mengucilkan. Adapaun upaya pencegahan bullying, yaitu peran serta orang tua, penyuluhan, pembuatan poster anti bullying, pemutaran film anti bullying, peran serta guru bimbingan dan konseling, pengembangan modul  bimbingan dan konseling, pengembangan media video bimbingan dan konseling dan peran serta guru mata pelajaran.


Keywords


Bullying, Sekolah, Preventif

Full Text:

PDF

References


Bili, Fransiskus Ghunu. dan Sugito. “Perspektif Orang Tua tentang Perilaku Bullying Anak TK: Ditinjau dari Tingkat Pendidikan.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020).

Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo, 2008.

Karyanti. dan Aminudin. Cyberbullying dan Body Shaming. Penerbit K-Media. 2019.

Mahriza, Rita. Rahmah, Meutia. dan Santi, Nani Endri. “Stop Bullying: Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020).

Nugroho, Sigit . dan M. G. Adiyanti. “Program Psikoedukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Menangani Bullying.” JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) 3, no. 1.

Pratiwi, Nanda. dan Sugito. “Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (September 18, 2021).

Rahman, Agrianur. Aryani, Farida. dan Sinring, Abdullah. “Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling 4, no. 2 (March 17, 2019).

Sapitri, Widya Ayu. Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Spasi Media, n.d.

Sitasari, Novendawati Wahyu. “Persepsi tentang Perilaku Bullying Ditinjau dari Jenis Kelamin.” Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi 15, no. 2 (2017).

Sugiariyanti. “Perilaku Bullying pada Anak dan Remaja.” Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah 1, no. 2 (July 30, 2009).

Syadza, Nisrina. dan Sugiasih, Inhastuti. “Cyberbullying pada Remaja SMP X di Kota Pekalongan Ditinjau dari Konformitas dan Kematangan Emosi.” Proyeksi: Jurnal Psikologi 12, no. 1 (June 2, 2018).

Trisnani, Rischa Pramudia. dan Wardani, Silvia Yula. “Perilaku Bullying di Sekolah.” G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling 1, no. 1 (2016).

Yandri, Hengki. Daharnis. dan Nirwana, Herman. “Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying Di Sekolah.” Konselor 2, no. 1.

Yunika, Riri. Alizamar. dan Sukmawati, Inda. “Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying Di SMA Negeri Se Kota Padang.” Konselor 2, no. 3.

Zakiyah, Ela Zain . Humaedi, Sahadi. dan Santoso, Meilanny Budiarti. “Faktor yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (July 31, 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.