Strategi Daya Saing Pada MIS Nurul Wahidah Padangin Kalimantan Selatan

Harlis Setiyowati, Firdaus Firdaus, Gazali Rahman

Abstract


Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Wahidah Padangin merupakan lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Kementrian Agama. Pendidikan dasar memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian  bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dalam meningkatkan daya saing. Jenis penelitian  menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara dengan informan yaitu Kepala Sekolah,Guru, Orang Tua Siswa dan Masyarakat sekitar. Hasil dari penelitian bahwa Pihak Sekolah menggunakan startegi melalui sistem pendidikan Islam dalam berbagai aspek, seperti membekali mata pelajaran yang selaras dengan kurikulum, juga kurikulum khusus untuk memperkuat karakter seperti rutinitas sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, seni membaca Quran dan tahfidz Quran. Selain menjadi satu-satunya lembaga pendidikan Islam di desa Padangin sehingga menjadikan brand image. Kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler dirancang sesuai dengan harapan orangtua, masyarakat dan komite madrasah. Kepercayaan orangtua terhadap Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan berpengaruh terhadap tingginya animo masyarakat. Sarannya perlu penguatan Pendidikan Bela Negara pada peran mata pelajaran Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik.

 


Keywords


Animo Masyarakat, Brand Image, Strategi Daya Saing.

Full Text:

PDF

References


Almu’tasim, Amru. “Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam (Berkaca Nilai Religius Uin Maulana Malik Ibrahim Malang).” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, No. 1 (Desember 2016).

Alya, Qonita. Kamus Bahasa Indonesia. Pt. Indahjaya Adipratama, 2009.

Barnawi, Barnawi, Dan Dkk. “Strategi Kepala Madrasah..Dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet-Mojokerto.” Arruzz Media, T.T.

Islamiah, Nur Wahdaniah Ijatul, Dan Dkk. “Analisis Kebijakan Zonasi: Terampasnya Hak Sekolah Dan Hak Siswa Dalam Pendidika.” Jurnal Pendidikan 30, No. 2 (Juli 2021).

Maya, Rahendra, Dan Iko Lesmana. “Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam.” Islamic Management 01, No. 01 (2018).

Mulyadi, Edi. “Model Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidiyah Di Jawa Tengah.” J U R N A L K E P E N D I D I K A N 6, No. 1 (J U N I 2 0 1 8).

Nasir, Muhammad. “Sejarah Lembaga Pendidikan Islam (Madrasah) Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Al Qalam 11, No. 24 (2017).

Sofanudin, Aji. “Jalur Peningkatan Mutu Madrasah Di Jawa Tengah: Problem Dan Solusi,” 2021.

———. “Model Peningkatan Minat Masyarakat Terhadap Madrasah Ibtidiyah Di Jawa Tengah.” Jurnal Nadwa 6, No. 1 (Mei 2012).

Setiyowati, H., & Akbariani, N. V. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Bela Negara Terhadap Ancaman Nyata Ke Depan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 212-221.

Tanfidiyah, Nur. “Pengembangan Peraturan Kelas Sebagai Upaya Kuratif Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Min Yogyakarta I.” Jurnal Pendidikan Madrasah 2, No. 2 (2017).

Wibowo, Adi. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Indonesian Journal Of Islamic Educational Management 3, No. 2 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.