Quizizz, Media Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Online Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Zulpina Zulpina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan quizizz sebagai salah satu media alternative dalam pembelajaran bahasa arab online bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Kemajuan teknologi yang saat ini berada pada era industri 4.0 mengharuskan para pendidik untuk lebih aktif dan kreatif dalam memilih media pembelajaran, ditambah lagi dengan kondisi Indonesia dan beberapa negara lain beberapa waktu lalu mewajibkan pembelajaran daring demi mencegah penyebaran virus covid-19. Penelitan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa quizizz merupakan salah satu media yang sangat mudah, efektif dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan evaluasi dan pembelajaran bahasa Arab berbasis online. Aplikasi ini bisa dilaksanakan secara langsung maupun bentuk penugasan. Fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini bisa digunakan untuk kegiatan evaluasi dan pembelajaran bahasa Arab seperti maharah istima’, maharah kalam, maharah qira’ah, maharah kalam, dan maharah kitabah. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab bagi guru di Madrasah Ibtidaiyah secara khusus.


Keywords


Quizizz, pembelajaran, bahasa Arab, Online, learning, Arabic

Full Text:

PDF

References


Ainin, Moh. “Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Malang: CV Bintang Sejahtera, 2020.

Albantani, Azkia Muharom. “Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan,” 2018.

Burhan, Nurgiyantoro. “Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra.” BPFE, Yogyakarta, 2001.

Kompas. “Mengenal Virus Corona: Sejarah, Jenis, Dan Macam Penyakit Yang Disebabkannya.” Accessed March 31, 2022. www.kompas.com.

Kusuma, Yoselia Alvi. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X MIPA Di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020.” Sanata Dharma University, 2020.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2021.

Nanda, Siti Reski, Nurdevi Bte Abdul, and Herlina Daddi. “The Use Of Quizizz Application In Improving Students’ Reading Comprehension Skill At SMKN 3 Takalar.” An Experimental Research 1, no. 2 (2018).

Ridho, Ubaid. “Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh 20, no. 01 (2018): 19–26.

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ| 4, no. 2 (2020): 163–73.

Sarwono, Jonathan. Mixed Methods Cara Menggabung Riset Kuantitatif Dan Riset. Elex Media Komputindo, 2013.

Ulhusna, Mishbah, Syelfia Dewimarni, and Lili Rismaini. “Sosialisasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis DIgital Pada Masa Pandemi.” Pekodimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 156–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.