Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Ika Fitriyati, Andi Prastowo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan penerapan model simulasi dengan PhET Simulation. PhET Simulation merupakan sebuah software simulasi interaktif yang dikembangkan oleh Universitas Colorado mengenai fenomena-fenomena berbasis riset yang diberikan secara gratis. Dengan PhET Simulation memungkinkan siswa untuk menghubungkan fenomena kehidupan nyata dan ilmu yang mendasarinya, sehingga mampu memperdalam pemahaman dan meningkatkan minat mereka terhadap Matematika. Penelitian ini berlokasi di MI Ma’arif Giriloyo 1 Kabupaten Bantul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dipilihnya lokasi ini karena sejak pandemic covid-19 sekolah ini menerapkan pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif denga desain kuasi eksperimen. Sumber data diperoleh dari hasil eksperimen, wawancara, dan observasi kepada guru dan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan model simulasi dengan PhET Simulation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 3 dalam pembelajaran tematik tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Giriloyo 1. Penggunaan model simulasi menggunakan PhET Simulation membuat siswa cenderung lebih antusias dalam belajar sehingga mampu memahami materi dengan baik dan memperoleh hasil baik saat evaluasi dilakukan oleh guru.


Keywords


phet simulation, keaktifan, hasil belajar, madrasah ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Mohammad Muhsin, Srihandono Budi Prastowo, and Alex Harijanto. “Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pembelajaran Fisika 11, no. 1 (April 1, 2022): 16–27.

Marlena, Hayatun Sabariah, Muhamad Ahdor Daenuri, Ramsah Ali, Ihwan Rahman Bahtiar, Azizah, Evanirosa, Nurus Amzana, Reni. Pengembangan Media Pembelajaran PAI. Cv. Azka Pustaka, 2021.

Mustakim, Mustakim. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al asma : Journal of Islamic Education 2, no. 1 (May 31, 2020): 1–12.

Muzana, Syarifah Rahmiza, Silvi Puspa Widya Lubis, and Wirda Wirda. “Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Efektifitas Belajar Ipa.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 5, no. 1 (January 31, 2021): 227–36.

Nisa, Ana Fitrotun, Mariana Sri Rahayu, and Yuli Astuti. “Pengaruh Model Belajar Blended Learning menggunakan Phet Simulation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar,” 2021, 10.

Nuridayanti. Mengembangkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Pendekatan Problem Posing. Penerbit NEM, 2022.

Pasaribu, Misael. “Optimalisasi Media Pembelajaran Online Dalam Mendorong Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas Matematika [optimization of Online Learning Media to Encourage Students’ Active Learning in Mathematics Class].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 5 (June 2021): 44–60.

Ph.D, Zulqarnain, S. Ag , M. Hum, Dr M. Shoffa Saifillah Al-Faruq M.Pd.I, and Dr Sukatin M.Pd.I S. Pd I. Psikologi Pendidikan. Deepublish, 2021.

Prastika, Ega, Andik Purwanto, and Nirwana Nirwana. “Pengaruh Pendekatan Interactive Conceptual Instruction (ici) Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Kumparan Fisika 3, no. 2 (August 31, 2020): 141–50.

Prihatiningtyas, S., T. Prastowo, and B. Jatmiko. “Imlementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2, no. 1 (2013).

Purwanto, Agus Eko, Nova Susanti, and Menza Hendri. “Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Listrik Magnet Di Kelas Ix Smpn 12 Kabupaten Tebo.” EduFisika 1, no. 1 (June 15, 2016).

Rus, Rus. Wawancara dengan Guru Kelas 3A, n.d.

“SE Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020.Pdf,” n.d. Accessed May 26, 2022.

Sl, Sl. Wawancara dengan Kepala Madrasah M, n.d.

Sulistiawati, Anjar, and Andi Prastowo. “Penggunaan Phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal 2, no. 2 (December 20, 2021): 82–91.

Syaparuddin, Syaparuddin. “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik,” n.d.

Syarifudin, Albitar. “Implementasi Pembelajaran daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” METALINGUA Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (April 2020).

Sylviani, Sisilia, Fahmi Candra Permana, and Rio Utomo. “PHET Simulation Sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 2 (June 30, 2020): 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184.

———. “PHET Simulation Sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika.” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia 2 (June 30, 2020): 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184.

Y.o, Riyan Rosal. “Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2, no. 1 (March 13, 2016): 96–108.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.